9 Manfaat Sayur Labu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Sayur Labu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Wikimanfaat.com - Sayur labu bukanlah sayur yang sulit ditemukan di Indonesia. Pada berbagai daerah labu memiliki berbagai nama, ada yang menyebutnya waluh, gondes, jipang ataupun labu siam. Labu merupakan jenis sayuran yang tmbuh menjalar diatas tanah dengan keadaan lembab dan basah. Sayur jenis ini memiliki ciri kulit yang tipis, berwarna hijau, dagingnya berwarna putih pucat dan memiliki biji tipis didalam dagingnya.

Khasiati Sayur Labu Bag Kesehatan dan Kecantikan

Sayur Labu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Sayur labu
Rasanya yang menjadi favorit bagi sebagian orang berbanding lurus dengan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jipang atau labu ini merupakan sayur dengan rasa yang renyah dan tentunya segar sehingga membuatnya berbeda dengan sayur pada umumnya. Berbagai jenis makanan dapat dibuat dengan bahan baku labu siam, mulai dari oseng oseng, sayur lodeh, sambal goring, campuran rujak ulek, manisan dan juga lalapan. Selain multifungsi, kelebihan lain dari sayuran ini adalah harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan di setiap tukang sayur atau pasar tradisional.

Artikel Terkait :  Manfaat Sayur Bayam Untuk Tubuh

Harga murah bukan berarti kualitas rendah, labu siam terbukti memiliki kandungan gizi yang sangat besar bagi tubuh, yaitu : vitamin B kompleks (folat, niacin, asam pantotenat, thiamin, vitamin B6. Riboflavin), mineral-mineral penting (seng, fosfor, zat besi, tembaga dan mangan) dan juga vitamin C. Sayur ini dapat Anda jadikan pilihan untuk masakan sehari-hari keluarga.

Sedangkan manfaat dari labu siam juga tidak kalah banyak dari kandungan gizinya. Labu siam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh utamanya kecantikan. Beberapa diantaranya adalah mencegah wajah dari penuaan dini. Labu siam efektif mencegah dari penuaan dini karena memiliki kandungan antioksidan vitamin C. Antioksidan ini akan ampuh membantu mencegah kerusakan sel-sel kulit wajah Anda akibat paparan radikal bebas. Labu akan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bintik hitam karena memiliki zat yang bersifat inflamasi.

Buah Labu
Buah Labu
Manfaat selanjutnya adalah kandungan asam folat dan vitamin yang akan sangat membantu ketika Anda sedang merencanakan kehamilan maupun dalam keadaan hamil. Kedua kandungan yang terdapat pada labu siam ini akan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan janin selama kehamilan. Asam folat juga akan membantu mengurangi resiko keguguran dan melahirkan bayi dalam keadaan cacat.

Lihat juga : Manfaat Sayur Toge Bagi Tubuh

Untuk kesehatan pencernaan Anda, labu siam juga mencegah terjadinya kanker usus karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini akan membantu mengikat zat karsinogen dalam makanan. Zat karsinogen akan berbahaya bila berlebihan karena dapat memicu timbulnya berbagai macam kanker. 

Labu siam membantu megatasi hipertensi karena memiliki kandungan kalium serta efek diuretic yang bagus untuk penurunan kadar garam dalam darah. Pengurangan garam akan memperbaiki kerja jantung Anda. Manfaat lainnya adalah detoksifikasi racun dan penurunan asam urat dengan efek diuretic dari labu siam.

Demikian manfaat sayur labu yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan,mudah-mudahan cukup berkhasiat bagi anda pembaca artikel tersebut dan bisa dijadikan sayur perioritas untuk dikonsumsi sehari hari. Trimakasih wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak