9 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Wikimanfaat.com - Binahong termasuk tumbuhan merambat yang banyak tumbuh di Indonesia. Memiliki daun sedikit tebal dan berbentuk seperti hati. Daun binahong sudah dipercaya sejak dahulu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berbahaya.

  Khasiat Daun Binahong  

Khasiat Daun Binahong
Daun Binahong
Kandungan Kimia Daun Binahung
  • Mengandung saponin 
  • Mengandung alkaloid
  • Mengandung polifenol
  • Mengandung flavonoid
  • Mengandung mono polisakarida
  • Mengandung L-arabinosa
  • Mengandung D-galaktose
  • Mengandung L-rhamnose
  • Mengandung D-glukosa 
  • Mengandung flavonoi
  • Mengandung Asam Oleanolik
  • Mengandung Protein
  • Mengandung Asam Askorbat (Vitamin C),
  • Mengandung Saponin.
Berikut beberapa manfaat daun binahong bagi kesehatan manusia, antara lain :

1. Mengobati luka
Salah satu manfaat daun binahong adalah mengobati luka, karena daun ini mengandung antimikroba yang dapat untuk menghindari terjadinya infeksi. Selain dapat mempercepat penyembuhan luka, daun binahong juga sangat bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya bekas pada luka.

2. Mencegah kanker

Daun binahong mengandung zat yang dapat menghambat perkembangan sel kanker, sehingga tubuh anda akan cepat pulih ketika mengidap penyakit ganas tersebut. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan meminum air rebusan daun binahong kering sebanyak 1 kali dalam sehari secara rutin.

3. Menangkal radikal bebas
Daun binahong mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membuatnya memiliki peran yang cukup penting didalam melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas yang dapat membuat kulit menjadi cepat menua.

Baca Juga : Manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan

4. Obat sariawan kronis
Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan yang sudah kronis. Biasanya sariawan jenis ini terbentuk akibat kekurangan vitamin yang kemudian dapat menimbulkan luka pada mulut dan sekitarnya. Cara mengobati adalah dengan meminum air rebusan daun binahong dalam keadaan yang sudah dingin.

5. Melancarkan pencernaan
Kandungan dalam daun binahong mampu mengontrol kinerja alat pencernaan untuk tetap stabil. Dengan begitu, anda dapat terhindar dari penyakit diare atau sembelit. Selain itu, daun binahong juga dapat berfungsi sebagai obat wasir.

6. Menghentikan pendarahan

Manfaat lain daun binahong ini adalah sebagai obat yang dapat menghambat pendarahan kecil seperti mimisan. Caranya hanya dengan meminum air rebusan daun binahong dalam keadaan yang hangat. Meminum air rebusan daun ini dapat menambah stamina secara alami, sehingga sangat aman bagi tubuh.

Lihat Juga : Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

7. Mengurangi asam urat
Asam urat yang dihasilkan oleh tubuh ternyata bisa berlebihan dan dapat menumpuk di sendi. Setelah menumpuk pada sendi, hal ini akan menganggu aktivitas anda lambat laun. Hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan ramuan binahong

8. Mengatasi darah rendah
Kandungan zat didalam binahong mampu mengontrol tekanan darah pada tubuh sehingga membuatnya selalu stabil. Oleh karena itu, daun binahong banyak digunakan sebagai obat untuk darah rendah.

9. Meredakan kolesterol
Manfaat Daun binahong dengan beberapa senyawanya yang kuat dapat meredakan kolesterol. Caranya cukup merebus beberapa lembar daunnya dengan air secukupnya. Lalu minum saja setelah cukup dingin.

Artikel Lainnya : Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Demikian beberapa manfaat dari daun binahong bagi kesehatan. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, saat ini banyak pabrik yang memproduksi kapsul ekstrak daun binahong sehingga memudahkan anda untuk mengkonsumsinya. Wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak