12 Manfaat Daun Saga Pegagan Bagi Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

12 Manfaat Daun Saga Pegagan Bagi Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Daun saga memiliki kandungan mineral yang sangat banyak sehingga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

  Khasiat Daun Saga  

Manfaat Daun Saga pegagan
Daun Saga 
Kandungan Dalam Daun Saga
  • Mengandung Protein
  • Mengandung kalsium glisirisin
  • Mengandung Kalsium flisirizinat
  • Mengandung Kalsium Oksalat
  • Mengandung Kalsium Pentosan
  • Mengandung Vitamin A
  • Mengandung Vitamin B1
  • Mengandung Vitamin B6
  • Mengandung Vitamin C
Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari daun saga :

1. Obat Amandel
Amandel biasa diatasi dengan cara operasi. Namun ternyata daun saga dapat mengatasinya secara alami dan cepat. caranya sangat mudah yaitu dengan cara merebus daun saga, gula batu, dan kayu manis secara bersamaan kemudian minum secara teratur.

2. Mengobati Radang Mata
Uap hasil rebusan daun saga dapat digunakan sebagai tetes mata untuk mengatasi radang pada mata yang disebabkan oleh iritasi atau alergi.

3. Mengobati Sariawan
Daun saga yang mengandung berbagai macam mineral dipercaya dapat menyembuhkan sariawan pada mulut. Caranya dengan mengunyah daun saga kemudian berkumur hingga bersih.

4. Menyehatkan Rambut
Rambut yang sehat tentu sangat diinginkan oleh setiap orang. Kerontokan akan menyebabkan keindahan rambut berkurang bahkan dapat menyebabkan kebotakan. Dengan menggunakan daun saga sebagao masker rambut, maka kerontokan dapat berkurang dan rambut akan sehat kembali.

Baca Juga : Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

5. Mengobati Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan perih. Untuk mengatasinya cukup dengan minum air rebusan daun saga.

6. Mengobati Batuk Berdahak
Bagi Anda yang sedang batuk berdahak, daun saga sangatsangat bermanfaat bagi Anda karena daun ini membantu mengeluarkan dahak sehingga pernapasan menjadi lega.

7. Mengobati Batuk Kering
Untuk mengobati batuk kering caranya cukup mudah yaitu dengan merebus campuran daun saga, daun asam, dan kayu manis. Kemudian minum air yang telah dingin.

Lihat Juga : Manfaat Daun Mengkudu Untuk Tubuh

8. Mengobati Penyakit Jantung
Ramuan daun saga, daun sembung, dan kencur dapat menyembuhkan penyakit jantung secara berangsur-angsur jika diminum dengan teratur.

9. Mengobati Hipertensi
Daun saga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi sehingga tekanan darah menjadi normal kembali. Caranya dengan minum ramuan daun saga, daun kaki kuda, waluh putih, dan daun kajibeling secara bersamaan.

10. Mengobati Panas Dalam
Panas dalam dapat muncul karena makanan yang tidak sehat seperti mengandung santan dan berlemak. Untuk mengatasi panas dalam cukum minum segelas air rebusan daun saga setiap hari.

Artikel Lainnya : Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

11. Penenang Untuk Bayi
Bayi sering kali rewel dan susah tidur. Nah, daun saga ternyata dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak dan tidak rewel lagi.

12. Mengobati Bronkitis

Bronchitis merupakan penyakit pernapasan yang dapat menular. Gejalanya adalah penderinya mengalami batuk berkepanjangan. Daun saga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit ini. Caranya dengan minum segelas air rebusan daun saga saja.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan manusia, daun saga juga bermanfaat untuk burung. Burung pun juga bisa sakit layaknya manusia. Jika sudah terserang penyakit maka burung akan lemas dan dapat mengakibatkan kematian. Untuk menghindari terjadinya kematian pada burung, daun saga dapat dicampurkan dengan pakan burung sebagai nutrisi sehingga burung yang lemas dan sekarat dapat menjadi sehat kembali. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak