7 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan | Serba Serbi komplit

7 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Wikimanfaat.com - Salak merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai rasa manis asam. Buah yang mempunyai rasa yang khas tersebut menjadikanya sebagai salah satu makanan favorit untuk kebanyakan orang. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada didalamnya juga sangat baik untuk kesehatan.

  Khasiat Buah Salak Untuk Kesehatan  

Buah Salak Untuk Kesehatan
Buah Salak
Kandungan Nutrisi Buah Salak/100 gram
  • Yang dapat dikonsumsi - 50 %
  • Kandungan Energi - 77 kkal
  • Kandungan Protein - 0,4 gr
  • Kandungan Lemak - 0 gr
  • Kandungan Karbohidrat - 20,9 gr
  • Kandungan Kalsium - 28 mg
  • Kandungan Fosfor - 18 mg
  • Kandungan Zat Besi - 4 mg
  • Kandungan Vitamin A - 0 IU
  • Kandungan Vitamin B1 - 0,04 mg
  • Kandungan Vitamin C - 2 mg
  • Khasiat / Manfaat Buah Salak : - Tersedia
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan RI dan beberapa sumber lainnya dan Riset tentang kandungan diatas sewaktu waktu dapat berubah sesuai dengan data baru.

Berikut ini adalah 7 manfaat buah salak bagi kesehatan :
1. Buah Salat Baik Untuk Sistem Pencernaan
Salak mempunyai beberapa kandungan yang baik untuk sistem pencernaan seperti Beta-Karoten, Flavonoid, Sapoin serta Kalsium. Kandungan Tanin yang ada didalam buah salak berfungsi sebagai obat anti diare, kandungan inilah yang membuat perut menjadi longgar sehingga baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi buah salak bersama kulit tipisnya berfungsi untuk menghindari sembelit.

2. Buah Salak Dapat Membantu Menyembuhkan Rabun Jauh
Rabun jauh bukan disebabkan karena masalah melainkan sumbu mata yang dipersingkat. Kacamata digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi rabun jauh. Mengkonsumsi Vitamin A ternyata tidak cukup untuk mengatasi rabun jauh, Vitamin A digunakan hanya untuk meningkatkan ketajaman melihat. Kandungan yang ada didalam buah salak berkhasiat menyembuhkan rabun jauh.

Baca Juga : Manfaat Buah Strawberry Untuk Tubuh Sehat

3. Buah Salak Dapat Memenuhi Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Otak
Salak mempunyai kandungan pektin dan kalium yang sangat baik untuk otak. Otak yang terpenuhi nutrisinya akan bekerja secara maksimal. Otak yang kekurangan nutrisi akan menurunkan daya konsentrasi pada diri kita. Konsumsilah buah salak untuk memenuhi nutrisi otak Anda.

4. Buah Salak Dapat Menjaga Stamina
Tubuh akan merasakan lelah setelah melakukan aktivitas yang berat. Pembakaran kalori yang berlebih dapat menebabkan stamina menurun sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit. Buah salak mempunyai beberapa kandungan yang dapat berfungsi untuk menjaga stamina pada tubuh kita.

5. Buah Salak Dapat Digunakan Sebagai Pengobatan Mata

Buah salak mempunyai kandungan beta-karoten yang sangat baik untuk mata. Mempunyai mata yang sehat dan terjaga ketajamannya merupakan hal yang diiginkan oleh setiap orang. Mata mempunyai nutrisi yang harus dipenuhi agar kesehatannya tetap terjaga. Nutrisi tersebut tidak hanya terdapat pada buah wortel tetapi juga salak.

Lihat Juga : Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

6. Buah Salak Baik Dikonsumsi Sebagai Makanan Pendamping Diet
Diet merupakan salah satu cara yang dijadikan oleh kebanyakan orang untuk menjadikan dirinya terlihat ramping dan langsing. Buah salak mempunyai kandungan fitonutrien serta beberapa nutrisi yang dapat membantu program diet. Kandungan Vitamin C, serat serta tanin yang ada didalam buah salak juga dapat membuat perut menjadi kenyang karena memerlukan waktu untuk mencernanya didalam usus.

7. Buah Salak Dapat Dijadikan Sebagai Obat Diare
Diare merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya virus didalam usus kita sehingga perut akan merasakan sakit yang berlebih. Diare dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi buah salak. Konsumsilah buah salak secara signifikan untuk membantu mengobati diare.

Artikel lainnya : Kandungan dan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Fakta Unik Buah Salak
Buah Salak merupakan sejenis palma yang tumbuh didaerah tropis memiliki pohon yang penuh dengan duri yang cukup tajam dan pohonnya tidak terlalu tinggi dengan rasa manis dan sedikit rasa kecut. Kulit buah tersebut juga terasa kasar dan juga sedikit berduri. Buah salak sudah tak asing lagi untuk masyarakat indonesia karena telah banyak dibudidayakan oleh masyarakat indonesia. Bahkan dinegara Jepang,Eropa dan Amerika buah tersebut juga cukup diminati karena kandungan nutrisi dan manfaat yang terdapat pada buah tersebut.

Itulah kandungan dan manfaat buah salak yang menjadi alasan bagi masyarakat indonesia dan negara-negara luar yang cukup banyak mengkonsumsi buah tersebut. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda pembaca wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak