8 Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

8 Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Bagi yang belum mengetahui tentang sayur genjer, sayur genjer merupakan salah satu jenis sayuran yang daunnya diambil dari tanaman sejenis eceng gondok. Sayur genjer tersebut dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional. Sayur genjer memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Karena itulah banyak masyarakat terutama vegetarian yang mengonsumsi sayur genjer dengan mengolahnya menjadi berbagai macam makanan seperti tumisan, lalapan, dan campuran pada gado-gado atau pecel.

  Khasiat Sayur Genjer  

Manfaat Sayur Genjer
Ilustrasi Sayur Genjer
Kandungan Nutrisi Sayur Genjer/100 gram

  • Kandungan energi 39 kkal,
  • Kandungan protein 1.7 g,
  • Kandungan karbohidrat 7.7 g,
  • Kandungan kalsium 62 mg,
  • Kandungan fosfor 33 mg
  • Kandungan zat besi 2.1 mg
  • Mengandung serat
  • Kandungan kimia
  • Mengandung kardenolin,
  • Mengandung flavonoida
  • Mengandung polifenol

Berikut 8 manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayur genjer : 

1. Menstabilkan Kadar Gula Darah
Kandungan serat yang tinggi pada sayur genjer mampu membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Serat yang terdapat pada sayur genjer tersebut juga berkhasiat untuk mengikat lemak dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Sebagai Sumber Energi
Setiap 100 gr sayur genjer mengandung protein sebanyak 1,7 gr yang bermanfaat sebagai sumber energi sekaligus menambah stamina dan tenaga.

Baca Juga : Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

3. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi
Mengonsumsi sayur genjer sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Hal tersebut dikarenakan dalam 100 gr sayur genjer terkandung 62 mg kalsium. Kandungan kalsium tersebut juga mampu menjaga kesehatan tulang.

Khasiat Sayur Genjer
Daun Sayur Genjer
4. Mencegah Terjadinya Osteoporosis
Genjer memiliki kandungan fosfor yang dapat membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Setiap 100 gr sayur genjer mengandung sebanyak 33 mg fosfor. Di samping itu, kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat di dalam sayur genjer secara bersama-sama mampu membantu menambah dan meningkatkan kekuatan tulang serta menjaga kesehatan tulang.

5. Baik Untuk Pembentukan Sel Darah
Dalam 100 gr sayur genjer terkandung 2,1 mg zat besi yang sangat baik untuk pembentukan sel darah.

Lihat Juga : Manfaat Sayur Kubis Bagi Kesehatan Tubuh

6. Menambah Nafsu Makan
Untuk menambah nafsu makan maka sebaiknya rutin mengonsumsi sayur genjer. Sayur genjer tersebut dapat diolah dengan cara dikukus dan dikonsumsi sebagai lalapan atau campuran pada makanan lain.

7. Mencegah Sembelit dan Kanker Kolon
Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi sayur genjer dapat mencegah sembelit dan kanker kolon sebab genjer mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat itulah yang dapat memperlancar sistem pencernaan. Kanker kolon biasa terjadi akibat pola makan yang kurang baik dan membuat pencernaan menjadi tidak lancar.

Artikel Lainnya : Manfaat Sayur Buncis Untuk Kesehatan

8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Kanker
Genjer mengandung polifenol yang dapat berperan aktif sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

Demikian 8 manfaat sayur genjer yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Agar manfaat yang didapatkan bisa dirasakan secara optimal maka ada baiknya untuk mengonsumsi sayuran lain yang juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Jangan lupa untuk mengonsumsinya secara rutin. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat bersama wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak