7 Manfaat Daun Jarak Bagi Tubuh | Serba Serbi komplit

7 Manfaat Daun Jarak Bagi Tubuh

Wikimanfaat.com - Tanaman jarak memiliki ciri berupa batang bulat licin, berongga, berbuku-buku, tumbuh beseling, dan memiliki daun yang runcing ternyata mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini merupakan khasiat tanaman daun jarak yang mampu mengatasi masalah kesehatan tubuh.

  Khasiat Daun Jarak  Bagi Kesehatan Tubuh  

Daun Jarak  Bagi Kesehatan
Daun jarak
Kandungan Daun Jarak

  • Mengandung Kaemferol-3rutinoside
  • Mengandung nicotiflorin 
  • Mengandung isoquercitrin
  • Mengandung rutin
  • Mengandung kaempferol 
  • Mengandung quercetin
  • Mengandung astragalin
  • Mengandung reynoutrin 
  • Mengandung ricinine
  • Mengandung vitamin C 275 mg %
Berikut ini berbagai manfaat dari daun jarak bagi tubuh anda :

1. Koreng / bekas luka dan pendarahan
Untuk koreng dapat disembuhkan dengan daun jarak yang dibuat bubur dengan menambahkan garam secukupnya kemudian ditempelkan pada koreng. Luka dan bekas luka karena terbakar, terkena benda tajam besar ataupun kecil dapat disembuhkan dengan ramuan daun jarak. Cara membuat ramuan daunnya adalah sebagai berikut:

2 sendok teh minyak jarak, ¼ the belerang, kayu cendana, 2 sendok vaselin semua bahan dipanaskan dan aduk hingga merata. Ramuan didinginkan sebelum dioleskan pada luka. Luka yang baru berdarah bias bisa dihentikan pendarahannya dengan menggunakan getah pohon daun jarak.

2. Sulit melahirkan dan retensi placenta

Daun jarak juga dapat digunakan sebagai obat alternatif yang dapat merangsang kontraksi bayi sehingga mau keluar dengan mudah.

Lihat Juga ; Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

3. Kelumpuhan otot wajah
Wajah merupakan asset yang penting dalam tubuh menusia dalam penampilannya sehari-hari, dengan memperhatikan otot pada wajah supaya lebih sehat, segar dan kencang, hal ini bisa didapat dengan daun jarak yang di tempelkan pada wajah, bila dilakukan dengan rutin khasiat yang terdapat dalam daun jarak dapat mengatasi masalah ini.

4. Kanker serviks
Kanker servicks merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang dapat mengancam keselamatan wanita. Penyakit ini dapat diatasi dengan daun jarak karena kandungan dimethyl sulfoxide dalam daun jarak yang dipercaya efektif mampu menjaga dan mencegah kanker serviks pada daerah kewanitaan. 

5. Mengobati sakit perut / kembung
Sakit kembung bisa saja menyerang siapapun dan pada kondisi apapun, dan apabila bayi tiba-tiba perutnya kembung akibat masuk angin. Kalaupun terjadi daun jarak bisa dijadikan solusi untuk masalah tersebut. Caranya, ambil beberapa daun jarak yang tua, kemudian di panaskan diatas api biar agak layu dan oleskan minyak kelapa, telon atau minyak kayu putih. Kemudian tempelkan pada daerah perut bagian bawah dan pinggang. Biarkan beberapa jam dan biasanya akan memberikan efek kentut atau pembuangan gas. 

Baca Juga :  Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

6. Memperlancar buang air besar
Ketika mengalami kesulitan buang air besar daun jarak juga dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini dengan cara, kukus daun jarak yang masih muda kemudian dijadikan sebagi lalapan.

7. Obat hernia
Hernia bisa diobati dengan cara, ambil beberapa daun jarak tambahkan garam secukupnya lalu tempel pada bagian tengah telapak kaki.

Demikianlah beberapa manfaat dari daun jarak yang mampu membantu kesehatan dan menjadi obat alternatif, untuk menjaga kesehatan sehari-hari tanpa efek samping. Gunakanlah daun jarak ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit kecil. Semoga bermanfaat bersama wikimanfaat.com.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak