9 Manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan

Wikimanfaat.com - Kenikir dikenal sebagai king of salad karena banyak digunakan pada jenis makanan ini. Bahkan, di Malaysia sebutannya adalah ulam raja, yang artinya memang raja salad. Rasanya yang pahit justru menjadi penambah rasa nikmat bagi pecinta salad. Namun, tidak hanya rasanya yang unik, Khasiatnya juga menambah daya tarik akan tumbuhan ini.

  Manfaat Daun Kenikir Untuk Tubuh  

Kenikir Untuk Tubuh
Daun Kenikir
Kandungan Daun Kenikir Bagi Kesehatan
  • Saponin 
  • Flavonoida polifenol 
  • Minyak atsiri 
  • Protein 
  • Lemak 
  • Karbohidrat 
  • Kalsium 
  • Vitamin A 
  • Hidroksieugenol (pada akar) 
  • Koniferil alkohol (pada akar) 
Inilah manfaat daun kenikir yang cukup baik bagi kesehatan tubuh : 

1. Obat anti-Kanker
Menurut penelitian oleh Abas et al. (2003) seperti dilansir dari agrobisnisinfo.com, ekstrak metabolik daun kenikir mengandung flavonoid dan glikosida kuersetin. Flavanoid ini bisa meningkatkan aktivitas apoptosis, proses pembuangan sel-sel yang sudah tidak diperlukan, sehingga daun ini dapat bekerja efektif melawan sel-sel kanker. Untuk fungsi ini, daun kenikir direbus, lalu air rebusan tersebut diminum secara teratur.

2. Mengobati Nyeri Lambung
Daun kenikir ini mengandung tokoferol (Vitamin E), polifenol, dan hidroksieugenol. Ketiganya membantu menguatkan otot sphingter pada lambung serta menetralkan asam lambung. Mengonsumsinya akan membantu meredakan nyeri lambung.

3. Sebagai Obat Cuci Darah

Mengandung vitamin E dan flavonoid yang sama-sama bersifat sebagai anti-oksidan. Hal ini dapat menetralkan racun yang tak sengaja terbawa dalam darah, sehingga konsumsi daun kenikir secara teratur dapat membersihkan darah dari racun-racun tersebut.

4. Menguatkan Tulang
Daun yang sering dijadikan lalapan ini juga mengandung mineral-mineral penting, seperti kalsium dan magnesium. Kalsium dan magnesium ini, sekalipun memiliki kerja yang berlawanan, akan saling membantu dalam penyerapan. Oleh karena itu, adanya kandungan kedua mineral ini membuat konsumsi daun kenikir dapat memperkuat tulang.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Daun kenikir juga mengandung vitamin A dan vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Vitamin C sendiri dikenal dapat meningkatkan metabolisme dan menjadi katalisator yang baik dalam pembentukan antibodi.

6. Untuk Kesehatan Kulit
Seperti disebutkan di atas, daun kenikir juga mengandung tokoferol atau vitamin E. Sedang, vitamin E sudah dikenal dalam meningkatkan kesehatan kulit, tidak hanya memperhalus kulit, tetapi juga mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Di sisi lain, hal ini juga berarti mencegah terjadinya penuaan dini.

7. Menghilangkan Bau Mulut
Pada daun kenikir terdapat koniferil alkohol yang dapat membunuh bakteri. Sedangkan, mulut dan lidah merupakan area yang memiliki cukup banyak bakteri, sehingga rentan menimbulkan bau tidak sedap. Koniferil alkohol yang terdapat dalam daun kenikir dapat mengatasi masalah ini.

Lihat juga : Manfaat Daun Jambu Biji Pada Kesehatan

8. Memperkuat Sistem Kardiovaskuler
Flavonoid dalam daun kenikir tidak hanya berperan sebagai anti-oksidan. Zat ini juga dapat memperkuat otot jantung dan memperlancar aliran darah, sehingga tentunya akan membantu kerja jantung dalam memompa darah.

9. Obat Gondongan dan Pembengkakan Payudara
Dalam daun kenikir, terdapat pula sifat anti-inflamasi yang diperankan oleh polifenol. Fungsi ini meredakan peradangan pada bagian-bagian tubuh. Untuk mengatasi gondongan, daun kenikir ditumbuk hingga halus, lalu dicampur dengan cuka. Lalu, dioleskan pada gondongan tiga kali sehari. Sedang, untuk mengatasi pembengkakan payudara, daun kenikir dibakar hingga layu dan daun yang masih hangat itu dioleskan pada payudara tiga kali sehari.

Itulah manfaat daun kenikir yang dapat menjadi referensi untuk anda yang sedang membaca artikel ini. Harapannya semoga bermanfaat baik. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak