10 Manfaat Sayur Katuk Bagi Kesehatan | Serba Serbi komplit

10 Manfaat Sayur Katuk Bagi Kesehatan

Wikimanfaat.com - Salah satu sayuran yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan telah banyak dikonsumsi di berbagai negara yaitu sayuran katuk. Katuk memiliki nama ilmiah sauropus androgynus dan termasuk dalam jenis menir-meniran atau phyllantheae. Berbagai manfaat dapat diperoleh dari sayur katuk tersebut, terutama bagi kesehatan tubuh. 

  Khasiat Sayur Katuk Bagi Kesehatan  

 Sayur Katuk Bagi Kesehatan
Sayur Katuk
Berikut 10 manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayur katuk secara rutin:

1. Mencegah Osteoporosis
Bagi kaum wanita yang ingin terhindar dari osteoporosis ada baiknya mulai mengonsumsi sayur katuk secara rutin. Sayur katuk mengandung banyak kalsium yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

2. Melancarkan ASI Secara Efektif
Sayur katuk memiliki kandungan senyawa minyak esensial, asam amino, vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, zat besi, dan tujuh senyawa aktif lainnya yang mampu melancarkan ASI secara efektif.

3. Mengatasi Gejala Anemia
Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr. Drh. Agik Suprayogi dari IPB, gejala anemia atau kekurangan darah dapat diatasi dengan mengonsumsi sayur katuk yang kaya akan kandungan zat besi.


4. Mencegah Penyakit Mata
Kandungan beta karotin dan vitamin A yang terdapat dalam sayur katuk dipercaya mampu mencegah penyakit mata sekaligus menyehatkan mata.

5. Baik Untuk Kesehatan Pria
Mengonsumsi sayur katuk dapat membangkitkan vitalitas seksual pada pria. Hal tersebut disebabkan karena katuk memiliki kandungan zat aktif yang dapat merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron dan juga testoteron.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kadar kalsium yang cukup tinggi pada sayur katuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Karena itulah bagi penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur katuk secara rutin.

7. Membantu Pertumbuhan Sel
Katuk mengandung vitamin A yang dapat membantu pertumbuhan sel dalam tubuh.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Selain membantu pertumbuhan sel, kandungan vitamin A yang dimiliki katuk juga mampu membuat sistem kekebalan tubuh mengalami peningkatan.

9. Baik Bagi Penderita Influenza
Katuk kaya akan kandungan efredin yang sangat baik bagi penderita influenza dan disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin.

10. Mampu Mengatasi Parasit, Bakteri, dan Virus
Di antara tumbuhan lainnya, katuk memiliki kandungan klorofil lebih banyak yang mampu membersihkan jaringan tubuh serta dapat mengatasi parasit, bakteri, dan 
virus yang terdapat dalam tubuh. 

Itulah 10 manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayur katuk. Selain manfaat-manfaat tersebut, katuk juga memiliki potensi sebagai bahan obat alami karena terdapat kandungan senyawa fitokimia berupa tanin, saponin, dan alkaloid papaverin. Di samping itu, katuk juga berkhasiat untuk menghambat penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Karena itulah tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi sayur katuk. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak