9 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Daun sukun mempunyai beragam kandungan yang baik untuk tubuh. Kandungan ini yang terutama terkonsentrasi pada daun sukun biasa untuk membantu mencegah dan penyembuhan berbagai penyakit.

  Khasiat Daun Sukun Bagi Kesehatan   



Kandungan Daun Sukun
  • Asam Amino Esensial yang sangat penting untuk pembentukan otot tubuh
  • Riboflavin atau Vitamin B2 yang berfungsi untuk membantu untuk asupan energi dalam tubuh
  • Kalium atau Potasium merupakan salah satu zat yang cukup penting untuk melancarkan peredaran darah dan juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh namun kalium juga memiliki kekurangan yang cukup berbahaya terhadap otak dan jantung
  • Polifenol memiliki zat flovonoid yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pada jantung
Berikut beberapa manfaat daun sukun, yaitu :

1. Mengatasi kadar gula darah
Kadar gula dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diabetes. Khasiat daun sukun yang kaya akan zat flavonoid dapat membantu menurunkan kadar gula didalam darah.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Masalah dapat timbul saat kadar kolesterol dalam darah berlebihan. Kolesterol nantinya akan menempel pada dinding-dinding pembuluh darah. Untuk mencegah dan mengobati penyakit akibat kadar kolestrol tinggi ini, maka bisa dilakukan dengan cara meminum air rebusan daun sukun yang diperlakukan seperti minum teh celup.

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung juga sangat berkaitan erat dengan manfaat daun sukun untuk menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan beratnya kinerja jantung anda. Penggunaan dan cara mengkonsumsi daun sukun seperti halnya pada penurunan kadar kolesterol yang dapat membantu kinerja jantung.

Lihat Juga : Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

4. Untuk penyakit ginjal

Daun sukun sangat kaya akan saponin, asam hidrosianat, kalium dan beberapa zat lainnya yang mampu untuk menghancurkan batu ginjal yang telah menumpuk. Dengan pemakaian secara rutin daun sukun, maka batu ginjal akan hancur dan terbawa bersama urine. Sehingga lambat laun kondisi tubuh akan semakin membaik.

5. Melawan asam urat

Untuk melawan asam urat adalah dengan menggunakan daun sukun. Daun yang dapat digunakan adalah daun sukun yang sudah dikeringkan. Daun sukun dikonsumsi seperti anda meminum teh. Daun sukun harus diminum secara rutin supaya terlihat manfaatnya.

6. Anti kanker

Masih banyak usaha yang dapat dilakukan untuk menghancurkan kanke. Selain pengobatan medis yang menggunakan cara bedah, kemoterapi, dan obat kimiawi, anda juga bisa berusaha dengan menggunakan cara obat herbal yang bersifat tradisional. Mungkin hasilnya memang lebih lambat, tetapi lebih aman untuk tubuh. 

Baca Juga : Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Tubuh

7. Mengatasi susah buang air besar

Kadar serat yang cukup tinggi pada daun sukun dapat berperan di dalam melancarkan buang air besar dengan rutin mengkonsumsi nya. Selain itu buah ini juga dapat mengeluarkan racun dari usus.

8. Diet sehat

Untuk orang yang menderita penyakit obesitas, daun sukun merupakan pilihan yang sangat tepat. Mempunyai kandungan serat dalam jumlah yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangatlah ideal untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet anda sehari-hari.

9. Sumber antioksidan
Mengkonsumsi daun sukun dengan teratur akan membuat kulit anda lebih sehat baik luar atau dalam. Menurut penelitian terbaru telah ditemukan antioksidan di dalam daun sukun yang sangat baik untuk mencegah terjadinya infeksi pada kulit.

Artikel Lainnya : Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan

Itulah beberapa kegunaan dari daun sukun. Untuk mendapatkan kesehatan pada tubuh, anda harus mengkonsumsi bahan yang terbuat dari herbal. Semoga bermanfaat bersama wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak