7 Manfaat Kulit Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

7 Manfaat Kulit Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Semangka akan sangat cocok dikonsumsi ketika cuaca yang sedang panas karena memiliki kesegaran. Tidak hanya dagingnya, buah yang berasal dari gurun Afrika ini memiliki kulit dengan kandungan berbagai zat gizi. Memiliki nama latin Citullus Lanatus membuat semangka masuk dalam kerabat melon, mentimun dan labu. Walaupun berasal dari gurun Afrika, saat ini semangka telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Semangka kini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket di Tanah Air. Buah berbentuk bulat besar ini juga sangat digemari karena harganya yang murah. Kesegaran akan Anda dapatkan dengan menkonsumsi semangka karena memiliki kadar air yang sangat tinggi.

  Khasiat Kulit Semangka  

Manfaat Kulit Semangka
Ilustrasi Kulit Semangka
#Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari kulit semangka adalah :

1. Mendorong proses pembentukan urea
Memiliki kandungan asam amino surtulin membuat kulit semangka mampu mendorong terbentuknya urea pada hati. Pembentukan urea yang lancar akan berdampak baik bagi kesehatan sistem ekskresi pada ginjal Anda. Sistem ekskresi akan mengeluarkan racun dalam tubuh secara maksimal melalui urea. Sehingga bila Anda mengkonsumsi kulis semangka, racun dalam tubuh akan lebih mudah untuk dikeluarkan atau mudah dalam melakukan detoksifikasi tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah
Memiliki tekanan darah terlalu tinggi akan menggangu kativitas Anda. kandungan senyawa kalium pada kulit semangka efektif untuk menurunkan tekanan darah Anda. kalium ini dapat membantu Anda menormalkan tekanan darah sehingga tubuh lebih sehat.

Baca Juga : Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

3. Mengobati jerawat
Dalam semangka terdapat kandungan likopen yang akan bermanfaat untuk perawatan kulit berjerawat. Antioksidan likopen ini membuat sel kulit lebih bersinar dan bersih alami. Tentunya dengan perawatan menggunakan kulit semangka tidak ada efek samping yang berbahaya bagi wajah Anda.

4. Melindungi dari radikal bebas

Masalah kerusakan kulit akan hadir dengan paparan radikal bebas secara berkala. Dengan mengkonsumsi kulit semangka efek buruk dari radikal bebas akan terobati yaitu dengan memperlambat proses penuaan dini di kulit wajah.

Lihat Juga : Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

5. Melancarkan peredaran darahKulit semangka dengan kandungan kalium yang tinggi dapat memberikan manfaat bagi sistem peredaran darah Anda. dengan aliran darah yang lancar maka berbagai macam penyakit dapat dicegah, seperti gejala penyakit jantung.

6. Mencegah pelebaran pembuluh darah
Pada point kelima, kulit semangka mampu melancarkan peredaran darah pada tubuh Anda. efek dari peredaran darah adalah pembuluh darah yang bekerja secara normal tanpa menakibatkan efek pelebaran pembuluh darah.

7. Mengobati sulit BAB

Memiliki masalah berupa buang air besar yang tidak lancar akan dapat diobati dengan kulit semangka. Kulit semangka denegan kandungan mineral yang melimpah mampu membuat sistem pencernaan bekerja secara teratur sehingga proses buang air besar juga lebih mudah.

#Cara Pengolahan Sederhana Kulit Semangka

Cara 1

  • Bersihkan kulit semangka dari dagingnya sampai hanya terdapat bagian putihnya saja. 
  • Silahkan Iris sesuai selera dan tempelkan pada kulit yang ingin di obati.
Cara 2
  • Haluskan atau hilanglkan kulit semangka bagian paling luar (bagian putih saja) 
  • Tempelkan pada kulit yang ingin di obati 
  • Lakukan selama 10 -15 menit secara teratur 
Dengan mengetahui manfaat baik buah semangka, maka dari itu jika anda sering mengkonsumsi buah semangka, silahkan manfaatkan kulitnya jika memang dibutuhkan. Semoga bermanfaat bersama wikimanfaat.com.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak