7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh | Serba Serbi komplit

7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Wikimanfaat.com - Markisa merupakan buah yang memiliki rasa manis agak keasaman. Buah ini mempunyai kandungan Vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi buah markisa dalam satu hari dapat memenuhi sekitar 50 persen dari kebutuhan Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah markisa juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Buah tersebut juga mengandung Fitokimia yang dapat membunuh sel kanker menurut penelitian invitro University of Florida

  Khasiat Buah Markisa  

Manfaat Buah Markisa
Buah Markisa 
Kandungan Nutrisi dan Kimia Buah Markisa

  • Mengandung Fitokimia (polifenol,harman,harmol,harmalin,passaflorine,harmine,karotenoid,viteksin,krisin.isoviteksin)
  • Mengandung energi
  • Mengandung lemak
  • Mengandung protein
  • Mengandung Vitamin C
  • Mengandung serat
  • Mengandung mineral
  • Mengandung kalsium
  • Mengandung fosfor
  • Mengandung zat besi
  • Mengandung karoten
  • Mengandung tiamin
  • Mengandung riboflavin
  • Mengandung niasin
  • Mengandung asam askorbat
  • Mengandung asam sitrat

Berikut ini adalah 7 manfaat buah markisa bagi kesehatan dan kecantikan tubuh : 

1. Buah Markisa Bagus Dikonsumsi Oleh Penderita Asma
Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang masuk kedalam kategori mematikan apabila tidak segera ditangani. Penderita asma akan merasakan kesulitan dalam bernafas saat berada ditempat yang lembab. Buah Markisa mempunyai kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga dapat meringankan serangan asma. Kandungan yang terdapat buah markisa juga mempunyai efek yang berfungsi untuk memblokir histamin yang dapat menyebabkan gejala penyakit asma.

2. Buah Markisa Dapat Menjaga Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan yang terjaga kesehatannya akan terbebas dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit. Buah Markisa mempunyai kandungan yang berfungsi untuk mengatasi dan encegah berbagai masalah pencernaan. Markisa juga merupakan buah yang dugunakan untuk mengobati lambung, Hyperacidity Dan Ulkus Doudenum.

Baca Juga :  Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

3. Buah Markisa Dapat Membantu Untuk Menstabilkan Berat Badan
Kegemukan diakibatkan karena terdapatnya banyak sekali lemak dan kalori pada tubuh. Buah markisa dapat berkhasiat untuk menurunkan berat badan karena mengandung rendah Sodium, Lemak dan Kalori. Buah markisa meskipun mempunyai kadar Kalori yang sedikit tetapi ia mempunyai kandungan Karbohidrat dan gula alami yang dapat meningkatkan stamina setelah tubuh melakukan aktifitas.
Tanaman Markisa
Ilustrasi tanaman markisa
4. Buah Markisa Baik Untuk Tulang Dan Gigi
Kesehatan tulang serta gigi harus benar-benar diperhatikan. Tulang yang tidak terjaga kesehatannya akan mengalami pengeroposan sehingga tubuh akan cepat merasakan lelah. Buah markisa mempunyai banyak kandungan Beta Karoten yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan Beta Karoten yang terdapat pada buah markisa berfungsi untuk mengurangi risiko Arthritis, Depresi serta penyakit Parkinson.

Lihat Juga :  Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

5. Buah Markisa Dapat Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol
Buah Markisa mempunyai kandungan Asam Folat. Kandungan Asam folat pada markisa berfungsi untuk menjaga kesehatan otak serta mental. Kandungan tersebut juga mampu untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi selama dalam kandungan sang ibu. Asam folat juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol serta dapat meningkatkan sirkulasi darah.

6. Buah Markisa Dapat Menstabilkan Tekanan Darah
Buah Markisa mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi. Buah markisa sebanyak 100 gram mengandung kurang lebih 348 mg kalium. Kandungan ini berperan untuk mengatur detak jantung serta kestabilan tekanan darah. Mengkonsumsi Buah Markisa sangat cocok bagi penderita darah tinggi.

7. Buah Markisa Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah Markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Buah Markisa sebanyak 100 gram mengandung kurang lebih 27 % serat atau setara dengan 10,4 gram serat. Kandungan serat pada buah markisa berfungsi untuk menurunkan berat badan serta menurunkan kadar kolesterol. Kandungan ini juga berfungsi untuk melindungi selaput lendir dengan cara mengurangi zat beracun yang ada didalam usus besar. Serat yang ada didalam buah markisa juga berfungsi untuk mengikat bahan kimia yang merupakan salah satu penyebab untama terserang penyakit kanker didalam usus besar.

Fakta Unik Buah Markisa
Buah markisa dikenal dengan buah yang eksotis dengan nama ilmiah passiflora edulis yang umumnya tanaman buah tersebut banyak tumbuh didaerah subtropis dengan memiliki dua rasa yaitu manis dan asam. Buah markisa juga memiliki ratusan varietas yang berbeda jenis, namun hanya 2 jenis yang paling umum dikenal yaitu warna kuning dan ungu. Buah yang warna ungu bentuknya kecil dan cukup keras, berbeda dengan yang warna kuning dengan bentuk yang cukup besar dan cukup lembek untuk dibuka kulitnya.

Demikianlah manfaat dan kandungan serta fakta unik yang terdapat pada buah markisa. Semoga buah tersebut bisa menjadi buah pilihan yang rutin dikonsumsi bagi anda setelah membaca artikel tersebut. Trimakasih telah berkunjung di wikimanfaat.com.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak