13 Manfaat Sayur Bayam Untuk Tubuh | Serba Serbi komplit

13 Manfaat Sayur Bayam Untuk Tubuh

Wikimanfaat.com - Sayur bayam dikenal sebagai sayur yang sangat kaya akan berbagai gizi, sehingga konsumsinya memberikan banyak manfaat bagi Anda.

 Manfaat Baik Sayur Bayam Untuk Kesehatan 

Manfaat Sayur Bayam
Sayur Bayam
Kandungan Nutrisi dan Vitamin Sayur Bayam/100 gram
  • Mengandung Energi : 36 kal
  • Mengandung Protein : 3,5 g
  • Mengandung Lemak : 0,5 g
  • Mengandung Karbohidrat :6,5 g
  • Mengandung Serat : 0,8g
  • Mengandung Kalsium : 267mg
  • Mengandung Fosfor : 67mg
  • Mengandung Besi : 3,9mg
  • Mengandung Vitamin A : 6.090 IU
  • Mengandung Vitamin B1 : 0,08mg
  • Mengandung Vitamin C : 80mg
  • Mengandung Air : 86,9g
  • Mengandung magnesium
  • Mengandung tembaga
  • Mengandung fosfor
  • Mengandung seng
Berikut beberapa manfaat dari sayur bayam yang sangat berguna bagi tubuh:

1. Mencegah anemia

Bayam kaya akan zat besi. Zat besi ini berguna dalam pembentukan hemoglobin (Hb) darah, sehingga konsumsi bayam dapat mencegah anemia, atau kondisi kekurangan darah. Namun, zat besi dalam bayam sulit untuk dicerna, maka konsumsi bayam baik dilakukan bersamaan dengan sumber vitamin C alami. 

2. Mencegah penyakit jantung

Asam folat dalam bayam berguna untuk memerangi homosistein yang tinggi dalam darah yang dapat menyebabkan penyebab penyakit jantung koroner.

3. Kesehatan sistem pencernaan
Bayam juga kaya akan serat. Serat ini akan membantu makanan agar mudah dicerna, sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Selain itu, vitamin A dalam bayam juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

4. Anti-diabetes
Kadar gulanya yang rendah cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bayam juga dapat mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes karena adanya kandungan magnesium di dalamnya.

5. Menurunkan berat badan
Indeks glikemik pada bayam termasuk rendah, artinya mengonsumsi bayam tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Begitupun tingkat kalorinya yang rendah, sehingga sayur ini cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

6. Menurunkan kolesterol darah
Kandungan lutein yang terdapat pada bayam dapat mecegah pembentukan kolesterol dalam tubuh, sehingga konsumsi bayam dapat menetralisir kadar kolesterol dari makanan yang Anda makan.

7. Mencegah penuaan dini

Beberapa zat dalam bayam, seperti vitamin A, vitamin C, dan asam folat, merupakan zat anti-oksidan untuk mencegah akibat radikal bebas yang juga dapat mengakibatkan kerusakan sel lebih cepat.

8. Pertumbuhan anak
Bayam sangat kaya akan zat besi. Untuk anak, zat besi ini sangat penting agar mendorong pertumbuhan anak dengan baik. Anak yang kekurangan zat besi biasanya terhambat pertumbuhannya dan sulit untuk bergerak aktif.

9. Anti-inflamasi
Bayam memiliki kandungan neoxanthin dan violaxanthin. Kedua zat ini dapat berperan dalam mencegah peradangan. Selain itu, sifat alkalinitas yang tinggi baik bagi penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. 

10. Menjaga ketahanan tubuh

Asupan bayam dapat mencegah Anda terkena risiko infeksi berkat vitamin A yang terkandung di dalamnya. Vitamin A ini juga mencegah penyakit degeneratif. Sedangkan, vitamin C dalam bayam juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

11. Menjaga kesehatan kulit
Bayam terkenal dapat memberikan Anda kulit yang sehat dan cerah. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang berperan dalam membantu pembentukan sel kulit.

12. Stabilisasi tekanan darah
Bayam akan kandungan kalium dan magnesium yang menjaga kestabilan tekanan darah. Juga, dengan kadar garam yang rendah, bayam cocok untuk menjadi konsumsi penderita tekanan darah tinggi.

13. Daya ingat
Menurut penelitian, bayam dapat mencegah kehilangan daya ingat, bahkan mengembalikannya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam folik, sehingga bayam dapat mencegah kemungkinan penyakit Alzheimer pada lanjut usia.

Namun, perlu diingat bahwa pengolahan bayam harus diperhatikan. Bayam mudah teroksidasi, bahkan dapat menghasilkan nitrit (NO2) yang dapat menghambat kemampuan hemoglobin mengikat oksigen dalam darah. Selain itu, konsumsi yang terlalu banyak juga dapat berdampak buruk, salah satunya mengakibatkan batu ginjal. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak