8 Manfaat Daun Jambu Biji Pada Kesehatan | Serba Serbi komplit

8 Manfaat Daun Jambu Biji Pada Kesehatan

Wikimanfaat.com - Jambu biji terkenal dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk dan beberapa buah lainnya, karena itu buahnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, berguna untuk pengobatan terhadap penyakit demam berdarah. Juga banyak lagi. Namun, tahukah Anda kalau daunnya juga memiliki khasiat yang sama banyak untuk kesehatan Anda?

  Khasiat Baik Daun Jambu Biji  

 Daun Jambu Biji
Daun jambu biji

Kandungan Daun Jambu Biji
  • Mengandung Flavonoid 
  • Mengandung Quercetin 
  • Mengandung Saponin 
  • Mengandung Minyak atsiri, 
  • Mengandung Tanin 
  • Mengandung Alkaloid 
Mohon maaf jika kandungan diatas tidak sesuai dan tidak lengkap

Berikut Ulasan tentang manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh : 

1. Menurunkan kadar kolesterol
Tidak hanya daun teh, tetapi daun jambu juga dapat dikonsumsi dengan cara yang sama dengan daun teh. Meminum teh daun jambu ini dapat menurunkan kolesterol dan kadar trigliserida dalam darah. Menurut penelitian, peserta yang minum teh daun jambu biji memiliki total kolesterol yang rendah setelah 8 minggu percobaan.

2. Sebagai antiseptik
Ekstrak dari daun jambu biji dapat digunakan sebagai cairan pembunuh bakteri atau antiseptik. Johnny Bowden, dalam artikelnya yang berjudul The 150 Healthiest Foods on Earth, teh dari jambu biji dapat mengobati luka pada dinding mulut, sakit tenggorokan, dan radang pada mulut. Untuk keseharian, teh ini dapat digunakan sebagai cairan kumur untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada mulut.


3. Terapi penyakit jantung
Khasiat daun jambu biji juga baik untuk jantung. Seorang peneliti asal Brazil melaporkan hasil penelitiannya yang menggunakan babi tentang ekstrak daun jambu biji. Ternyata, daun jambu biji dapat mengobati denyut jantung yang tidak stabil atau aritmia. Selain itu, daun jambu biji juga meningkatkan fungsi miokardial.

4. Menghambat pertumbuhan virus dengue

Tidak hanya buah jambu biji, tetapi daun jambu biji juga baik dikonsumsi bagi penderita demam berdarah dengue. Daun jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reserve transkriptase dan DNA polimerase, sehingga pertumbuhan virus dengue yang berinti DNA dan RNA terhambat. Tidak hanya itu, ekstrak daun jambu biji, seperti buahnya sendiri, dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Bahkan, ekstrak kering daun jambu biji mempercepat penambahan jumlah trombosit hingga lebih dari 100.000/liter.

Lihat Juga : Manfaat Buah Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi perlemakan hati
Banyak akibat yang berbahaya apabila terjadi perlemakan hati dalam tubuh. Untuk menghindari ini, Anda juga bisa memanfaatkan ekstrak daun jambu biji. Hal ini didukung oleh penelitian oleh Ming Gao dari Mukogawa Women’s University yang diterbitkan pada Februari 2012 oleh Journal of Nutrition & Metabolism.

6. Mengurangi kadar gula dalam darah
Teh daun jambu biji dapat menghambat enzim alpha-glucosidase yang kemudian mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga konsumsi tehnya baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Artikel lainnya : Manfaat Sayur Kol Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

7. Obat diare
Sebuah karya ilmiah berjudul Revista Do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo –diterbitkan pada tahun 2008– yang salah satunya meneliti tentang manfaat daun jambu biji dan ditemukan bahwa daun jambu biji dapat membunuh bakteri penyebab diare.

8. Mencegah obesitas
Saat Anda memakan makanan dengan kadar gula yang tinggi, gula tersebut akan diubah menjadi glikogen dan lemak sebagai cadangan makanan. Maka dari itu, gula juga dapat memicu obesitas. Sedangkan, daun jambu biji dapat menghambat pati kompleks diubah menjadi gula sehingga secara tak langsung juga menghambat proses pencadangan energi dengan lemak tersebut. 

Itulah beberapa ulasan tentang kandungan dan khasiat daun jambu biji yang baik bagi kesehatan tubuh kita,semoga dapat menjadi referensi yang baik bagi anda pembaca artikel ini dan bagi seluruh masyarakat indonesia. Terimakasih atas kunjungannya di wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak