13 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan | Serba Serbi komplit

13 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Wikimanfaat.com - Rambutan merupakan buah tropis yang sangat lezat daan nikmat. Buah ini akan terasa lebih nikmat jika dikonsumsi secara langsung tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu menjadia jus buah. Rambutan mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan yang ada dalam buah rambutan antara lain adalah Vitamin A, C, Zat Besi , Fosfor, Potassium, Magnesium dan Zinc.

Khasiat Buah Rambutan

Manfaat Buah Rambutan
Buah Rambutan
Kandungan Nutrisi Buah Rambutan/100 gram
Sumber: USDA
  • Kandungan Energi 343 kJ (82 kcal)
  • Kandungan Karbohidrat 20.87 gram
  • Kandungan Serat 0.9 gram
  • Kandungan Lemak 0.21 gram
  • Kandungan Protein 0.65 gram
  • Kandungan Thiamine (vit. B1) 0.013 mg (1%)
  • Kandungan Riboflavin (vit. B2) 0.022 mg (2%)
  • Kandungan Niacin (vit. B3) 1.352 mg (9%)
  • Kandungan Vitamin B6 0.02 mg (2%)
  • Kandungan Folate (vit. B9) 8 μg (2%)
  • Kandungan Vitamin C 4.9 mg (6%) Mineral
  • Kandungan Calcium 22 mg (2%)
  • Kandungan Iron 0.35 mg (3%)
  • Kandungan Magnesium 7 mg (2%)
  • Kandungan Manganese 0.343 mg (16%)
  • Kandungan Phosphorus 9 mg (1%)
  • Kandungan Potassium 42 mg (1%)
  • Kandungan Sodium 11 mg (1%)
  • Kandungan Zinc 0.08 mg (1%)
Berikut ini adalah 13 manfaat buah rambutan bagi kesehatan :

1. Dapat Menyembuhkan Penyakit Hipertensi

Penyakit hipertansi sangat membahayakan karena ketika kambuh akan membahayakan jantung. Redamlah penyeakit hipertensi tersebut dengan mengkonsumsi buah rambutan. Buah ini mempunyai khasiat untuk meredakan penyakit hipertensi.

2. Dapat Mencegah Penyakit Kanker
Kanker merupakan sebuah penyakit yang mematikan untuk manusia. Pencegahan terhadap penyakit ini harus dilakukan sejak dini. Buah rambutan mempunyai kandungan antikanker sehingga dapat mencegah penyakit kanker menyerang tubuh manusia.

3. Dapat Menyembuhkan Penyakit Mata
Penyakit mata biasanya disebabkan karena kurangnya Vitamin A pada mata. Pemenuhan nutrisi mata harus dipenuhi agar tidak terserang gangguan mata seperti mata minus dan rabun jauh atau dekat. Rambutan merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan Vitamin A cukup banyak. Mengkonsumsi buah rambutan dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

4. Dapat Menyembuhkan Diare

Diare merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh terganggunya sistem pencernaan. Terganggunya sistem pencernaan mengakibatkan lambung terkena bakteri akibat minuman atau makanan yang telah dikonsumsi. Buah rambutan mempunyai manfaat yang baik untuk usus dan sistem pencernaan lainnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

5. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh manusia disebabkan karena terlalu banyaknya kandungan lemak pada tubuh. Buah rambutan mempunyai kandungan flanoid yang berperan aktif untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Konsumsilah buah rambutan untuk menurunkan kolesterol Anda.

6. Dapat Menyembuhkan Penyakit Radang
Peradangan atau inflamasi dapat mnenyerang bagian tubuh mana saja. Peradangan dapat terjadi pada sendi, tenggorokan, otot, dan paru-paru. Radang harus segera diatasi karena apabila tidak akan sangat bahaya . Buah rambutan mempunyai kandungan antiinflamasi yang berfungi untuk mencegah peradangan.

7. Dapat Membantu Program Diet

Kegemukan dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah rambutan. Buah yang satu ini sangat cocok dijadikan makanan pendamping diet anda. Kandungan serat yang banyak pada buah rambutan berfungsi untuk memperlancar sustem pencernaan. Konsumsilah buah rambutan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.


8. Dapat Menjadi Sumber Energi
Manusia membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Sumber energi dapat ditemukan pada beberapa macam makanan seperti rambutan. Buah ini mempunyai kandungan karbohidrat yang berfungsi untuk memberikan sumber energi pada tubuh.

9. Dapat Menyembuhkan Penyakit Anemia
Anemia merupakan penyakit kekurangan darah pada tubuh. Penyakit ini biasanya disebabkan karena kurangnya nutrisi Vitamin A. Rambutan mempunyai kandungan vitamin a yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan zat besi pada buah rambutan juga berfungsi untuk memproduksi sel darah merah atau eritrosit.

10. Dapat Memenuhi Nutrisi Vitamin C
Vitamin C diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari berbagai macam pennyakit seoerti sakit tenggorokan dan bibir pecah-pecah. Rambutan merupakan buah yang kaya akan Vitamin C sehingga baik untuk kesehatan. Terpenuhinya Vitamin C dalam tubuh dapat memulihkan daya tahan tubuh yang sempat melemah.

11. Dapat Menggantikan Sel-Sel Tubuh Yang Rusak
Sel tubuh yang rusak dapat diakibatkan karena kurangnya kandungan protein pada tubuh. Buah rambutan mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi sehingga dapat mengganti sel yang rusak dengan yang baru. Konsumsilah buah rambutan agar kesehatan tetap terjaga.


12. Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk menyaring racun dalam tubuh. Ginjal merupakan sebuah tempat yang berfungsi untuk memilah toksin yang masuk kedalam tubuh. Toksin yang masih tertinggal pada ginjal akan menyebabkan gagal ginjal. Buah rambutan mempunyai kandungan fosfor yang berfungsi untuk menetralkan toksin serta sebagai penyempurna kinerja ginjal.

13. Dapat Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang mengakibatkan usus mengalami kesusahan untuk mencerna makanan. Buah rambutan mempunyai kandungan serat yang banyak sehingga baik untuk sistem pencernaan. Konsumsilah buah rambutan agar sistem pencernaan Anda tetap terjaga.

Fakta Unik Buah Rambutan
Apasih yang unik dan menarik dari buah berbulu tersebut ? berbicara tentang buah rambutan,ternyata buah tersebut cukup unik di Negara Rusia karena ternyata disana harga dari buah tersebut per Bijinya mencapai hingga Rp. 35.000 rupiah. Berbeda dengan di Negara kita ( Indonesia) jika sudah mempunyai uang sekitar 35.000 rupiah, kita sudah bisa membawa pulang hingga sampai kiloan. Bahkan menurut informasi yang ada,di Rusia harga bensin lebih murah dibandingkan dengan harga rambutan.

Itulah 13 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan tubuh. Harapannya semoga dapat bermanfaat bagi anda selaku pembaca artikel ini. Salam sehat bersama wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak