17 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan Tubuh Manusia | Serba Serbi komplit

17 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Wikimanfaat.com - Buah pala dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah rasa dan aroma pada sebuah hidangan. Pala memiliki manfaat dan fungsi sebagai antiseptik, antibakteri, anti peradangan, analgesik, dan antioksidan.

  Khasiat Buah Pala Untuk Kesehatan  

Buah Pala Untuk Kesehatan
Buah Pala 
Kandungan Nutrisi Buah Pala
  • Mengandung Energi (42 kkal)
  • Mengandung Protein (0,3 gram)
  • Mengandung Lemak (0,2 gram)
  • Mengandung Karbohidrat (10,9 gram)
  • Mengandung Kalsium (32 miligram)
  • Mengandung Zat Besi (2 miligram)
  • Mengandung Vitamin A (29 IU)
  • Mengandung Vitamin B1 ( 0 miligram)
  • Mengandung Vitamin C (22 miligram)
Berikut ini beberapa manfaat buah pala antara lain :

1. Mencerahkan kulit - minyak buah pala seringkali ditemukan di dalam kandungan produk pembersih wajah atau pelembap.

2. Mengatasi jerawat
- Kandungan antibakteri dan anti peradangan menjadikan pala sebagai bahan aktif untuk mengatasi jerawat.

3. Mengurangi keriput - dapat dimanfaatkan untuk membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput pada kulit.

4. Kaya akan nutrisi - Kandungan nutrisi yang sangat banyak dari buah pala sangat berguna untuk tubuh supaya tetap terjaga kesehatannya.

5. Mengurangi insomnia - buah pala dapat menjadi pilihan tepat untuk anda yang mengalami insomnia atau kesusahan tidur.

Baca juga : Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

6. Mengobati maag - kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pala dapat meredakan maag pada lambung anda dengan cepat. 

7. Mengatasi rasa mual
- cobalah konsumsi buah pala pada saat merasa mual, karena kandungan nutrisi yang ada dalamnya dapat bereaksi mengobati rasa mual dengan cepat.

8. Memperlancar pencernaan
- senyawa dalam buah pala sangat ampuh untuk memperlancar pencernaan dan mengobati penyakit seperti diare, mules atau perut kembung.

9. Menguatkan dan menyehatkan rambut - Minyak pala juga ternyata dapat digunakan sebagai formula dalam berbagai produk perawatan untuk rambut.

10. Menebalkan rambut - Minyak pala juga dapat digunakan untuk mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan volume pada rambut.

Lihat juga : Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

11. Mengobati diabetes - senyawa kimia pada manfaat buah pala bernama macelignan dapat untuk digunakan sebagai bahan pembuatan obat anti diabetes.

12. Menciptakan mata sehat
- buah pala mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga dapat menjernihkan penglihatan pada mata.

13. Menangkal radikal bebas - Senyawa kimia yang ada di dalam buah pala dapat untuk menangkal radikal bebas yang menimbulkan berbagai macam penyakit dan masalah pada kesehatan.

14. Menghilangkan stress - kandungan miristisin dalam buah pala, berfungsi untuk menghambat protein monoamine oksidase yang dipercaya sebagai salah satu penyebab timbulnya stress.

15. Menghilangkan bau badan
- kandungan senyawa limonene yang ada di dalam buah pala dapat menghilangkan bau badan dan bau mulut yang tidak sedap.

Artikel lainnya : Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan

16. Mengobati influenza - kandungan asam oleanolat pada buah pala bersifat sebagai antivirus, sehingga dapat digunakan untuk mengobati influenza.

17. Mengobati hepatitis
- penyakit hepatitis dapat diobati menggunakan buah pala atau mengkonsumsi sari pala. Karena buah pala dapat melindungi hati dan bersifat sebagai antivirus.

Fakta Unik Buah Pala


Merupakan buah yang berasal dari Pulau Banda ( Maluku ). Buah pala termasuk buah yang cukup menarik bagi bangsa-bangsa Eropa dalam hal ini bangsa belanda salah satunya. Pertanyaannya kenapa yah orang-orang bealanda sangat tertarik dengan buah pala ? jawabannya adalah bahwa pada abad ke-16 belanda berdatagan ke pulau banda untuk menjajah bangsa kita karena buah tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dagingnya dapat diolah menjadi makanan salah satunya dibuat jadi manisan dan sirup karena baunya yang sangat harum dan sangat lezat untuk dikonsumsi. Selain itu buah pala juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk pelengkap rasa pada masakan dan ekstra sarinya biasa dijadikan sebagai bahan kosmetik, bahan pengawet dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Itulah yang menjadi alasan orang-orang Eropa banyak yang tertarik dengan buah tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari buah pala yang dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit atau lainnya. Daripada anda mengkonsumsi obat secara berlebihan, lebih baik memanfaatkan bahan alami seperti buah pala. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bersama wikimanfaat.com.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak