9 Manfaat Sayur Sawi Untuk Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Sayur Sawi Untuk Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini. Namanya sayur sawi, sayur ini banyak digunakan pada campuran aneka olahan makanan seperti mie rebus, mie ayam, pecel, capcaii dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi sawi hijau ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh. Warna hijau yang berasal dari klorofil didalam sawi hijau mengandung banyak karotenoid, flavonoid, Vitamin A dan Vitamin K.

   Manfaat Sayur Sawi   

Manfaat Sayur Sawi
Ilustrasi Sayur Bening
#Kandungan Nutrisi Sayur Sawi Hijau
  • Alternatif : Caisim / Caisin / Sawi Bakso
  • (Food Weight) = 100 gram
  • (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Energi = 20 kilokalori
  • Protein = 1,7 gram
  • Lemak = 0,4 gram
  • Karbohidrat = 3,4 gram
  • Kalsium = 123 miligram
  • Fosfor = 40 miligram
  • Zat Besi = 1,9 miligram
  • Vitamin A = 0 IU
  • Vitamin B1 = 0,04 mg
  • Vitamin C = 3 miligram
#Apa saja manfaat sawi untuk kesehatan tubuh, berikut ulasannya :

1. Kandungan Vitamin C pada Sawi lebih banyak dari Jeruk
Perbandingan kandungan Vitamin C ini dua kali lipat dari kandungan yang terdapat dalam buah jeruk yang diketahui sebagai sumbernya Vitamin C. Jika dibadingkan secangkir irisan sawi hijau dengan satu buah jeruk ukuran medium adalah 134% asupan vitamin pada sawi dan 113% asupan vitamin C pada jeruk.

2. Mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan kesehatan jantung
Kandungan asam alfa-linoleat yang tinggi dalam sawi hijau mampu mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2. Kesehatan otak dan peningkatan kinerja jantung juga dapat terjaga jika mengkonsumsi sayur yang satu ini karena kandungan asam lemak omega 3nya yang cukup tinggi.

3. Membantu mencegah peradangan dan mencegah pembentukan plak di arteri

Fitonutrein dan quercetin yang terdapat dalam sawi hijau dipercaya berkhasiat menyembuhkan peradangan dan mencegah pembentukan plak di arteri dan sulforaphane. Sehingga mengkonsumsi sawi hijau baik untuk menjaga kesehatan pembuluh arteri kita.

4. Cocok untuk makanan diet
Jika Anda sedang menjalankan proses diet, sayur ini sangat cocok dikonsumsi karena kaya akan serat namun rendah kalori dan lemak. Selain itu mengkonsumsi sawi sangat baik untuk pengendalian kolesterol. Dalam 100 gr daun sawi mentah hanya mengandung 26 kkal kalorii dan lemak.

5. Mengendalikan kolesterol
Selain baik untuk diet, mengkonsumsi sayur sawi hijau juga baik untuk mengendalikan kolesterol. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran ini juga mampu melindungi usus besar dari resiko kanker dan wasir.

6. Sumber antioksidan
Kandungan karoten, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, magnesium, kalsium, kalium, zat besi, seng, selenium dan mangan merupakan sumber antioksidan dan mineral yang baik untuk tubuh.

7. Manfaat sawi untuk pasien penyakit alzheimer

Kerusakan saraf yang terjadi pada penderita alzheimer dapat diminimalisir dengan cara mengkonsumsi sayur sawi hijau. Kandungan vitamin K yang tinggi pada sawi hijau berfungsii membangun massa tulang dan mengembangkan aktivitas osteotrofik tulang.

8 Menjaga kesehatan selapu lendir dan kulit

Kulit dan selaput lendir juga memerlukan nutrisi agara kesehatannya tetap terjaga. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam daun Sawi hijau mempunyai manfaat bagi kesehatan selaput lendir dan kulit kita.Selain menjaga kesehatan selaput lendir dan kulit kandungan Vitamin A juga baik untuk kesehatan mata kita.

9. Melawan berbagai macam kanker

Sayuran sawi hijau juga dipercaya dapat dijadikan obat ampuh untuk melawan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi sawi hijau ini antara lain kanker usus, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ovarium. Kandungan zat yang ada dalam sayur sawi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang tumbuh dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat sayur sawi yang baik untuk kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan nutrisi dan cukup mudah untuk didapatkan di pasar-pasar terdekat dengan harga yang relatif murah. Jadi jika anda sudah mengetahui manfaat dari sayur tersebut, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba dan jika perlu agar mengkonsumsinya secara rutin. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak