6 Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan | Serba Serbi komplit

6 Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan

WikiManfaat - Pada kesempatan kali ini saya mempunyai sebuah informasi yang sangat menarik sehingga sangat pas bila saya bahas, informasi pada kali ini akan mengulas seputar buah pinang. Buah pinang mempunyai nama latin areca catechu atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama betel palm. Pohon buah pinang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Buah pinang sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia, selain banyak pohon nya yang tumbuh juga karena sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakatnya. Buah pinang dapat diolah menjadi tinta batik, daunnya dapat mengobati berbagai macam penyakit, dan pohon nya sering digunakan sebagai perlombaan panjat pinang. Tidak lengkap jika tidak membahas mengenai manfaatnya, maka saya akan memberikan pembahasan dari Manfaat Buah Pinang.

  Manfaat buah pinang bagi kesehatan  

buah pinang
ilustrasi buah pinang

Pohon dan buah pinang hampir dapat kita temukan diseluruh wilayah Indonesia, sehingga setiap daerah pun mempunyai sebutan yang berbeda seperti "jambe" dalam bahasa sunda. Untuk mengetahui manfaatnya secara keseluruhan, saya telah merangkumnya untuk anda dibawah ini.

Manfaat Buah Pinang

 1  Mengatasi Darah Yang Keluar Berlebihan

Pada saat haid, mimisan, koreng, bisul,dan lainnya bisa saja anda mengeluarkan darah dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk memulihkannya anda dapat menggunakan air rebusan biji pinang.

 2  Mengobati Kudis
Kudis bukan penyakit berbahaya namun dapat membuat rasa percaya diri kita hilang. Untuk mengobatinya kita bisa gunakan parutan biji pinang yang dicampurkan dengan kapur sirih dan air yang kemudian kita oleskan pada bagian yang sakit.

 3  Mengobati Difteri

Jika anda menderita difteri, anda dapat menggunakan 2 buah biji pinang yang direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 1/2 gelas. Kemudian tambahkan madu supaya rasanya manis dan minumlah secara perlahan.

 4  Mengecilkan Rahim

Untuk wanita yang telah melahirkan dan ingin mengembalikan ukuran rahim pada ukuran normal dapat menggunakan air rebusan pinang dengan meminumnya.


 5  Mengobati Luka Pada Kulit

Ketika kulit anda terluka, gunakanlah kulit buah pinang yang ditumbuk halus lalu ditempelkan pada luka. Hal ini membantu luka cepat kering dan mencegah terjadinya infeksi.

 6  Menguatkan Gigi

Anda mau tau rahasia dari orang tua jaman dulu, kenapa mereka memiliki gigi yang kuat ? Rahasianya mereka suka mengunyah buah pinang. Di masyarakan sunda, kegiatan ini sering disebut "nyepah". Selain itu, orang jaman dulu selalu menyuguhkan buah pinang kepada tamu yang datang sebelum mereka memulai obrolan.

Nah, itulah tadi beberapa pembahasan singkat dari buah pinang,sebenarnya masih banyak manfaat lainnya, namun karena keterbatasan waktu mungkin hanya itu saja yang dapat saya bahas. Akhir kata saya sampaikan terima kasih sudah membaca artikel mengenai 6 Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda sahabat setia WikiManfaat.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak