16 Manfaat Jitu Buah Mengkudu dan Daunnya Untuk Kecantikan Wanita dan Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

16 Manfaat Jitu Buah Mengkudu dan Daunnya Untuk Kecantikan Wanita dan Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Buah satu ini sudah tersohor sedari dulu akan khasiatnya bagi kesehatan. Walaupun rasanya yang kalah enak dibanding buah-buah lainnya namun banyak orang masih antusias mengkonsumsi mengingat manfaatnya yang luar biasa. Buah mengkudu atau orang jawa sering menyebutnya pace ini memang tak diragukan lagi khasiatnya, meskipun bau dan rasanya tak sedap namun buah yang berwarna putih dengan kulit luar berbintik hitam ini memiliki banyak kandungan vitamin dan enzim yang baik untuk tubuh. Berikut kita simak apa saja manfaat buah mengkudu bagi kecantikan.

  Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kecantikan  

Manfaat Buah Mengkudu
Buah Mengkudu
#Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Mengkudu
  • Mengandung protein
  • Mengandung vitamin
  • Mengandung mineral (Selenium)
  • Mengandung antioksidan 
#Senyawa Kimia Alami
  • Mengandung xeronine
  • Mengandung plant sterois,
  • Mengandung alizari
  • Mengandung lycine
  • Mengandung sosium
  • Mengandung caprylic acid
  • Mengandung arginine
  • Mengandung proxeronine
  • Mengandung antra quinines
  • Mengandung trace elemens
  • phenylalanine
  • Mengandung magnesium
  • Mengandung Terpenoid yang berfungsi untuk pemulihan sel-sel tubuh
  • Mengandung Scolopetin yang berfungsi anti alergi
#Berikut manfaat mengkudu yang dapat kami paparkan :

1.Melembabkan kulit
Kulit kering dan bersisik merupakan masalah untuk sebagain besar orang.Tidak perlu khawatir jika kulit anda bersisik. Buah mengkudu dapat dijadikan alternatif mengatasinya dengan cara menghaluskan buah mengkudu yang telah matang kemudian oleskan secara merata pada kulit diamkan selama beberapa menit setelah itu bilas hingga bersih.

2.Mengatasi masalah jerawat
Munculnya jerawat pada wajah kadang membuat kita sangat terganggu dan membuat tidak tampil percaya diri di depan umum. Keinginan memiliki wajah mulus tanpa jerawat merupakan dambaan setiap orang terutama kaum hawa. Ternyata mengkudu juga memiliki fungsi untuk mengatasi jerawat yang tumbuh pada muka kita. Hal ini dikarenakan sifat antioksidan, anti bakteri dan anti inflamasi dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang muncul. Cara untuk menggunakannya yitu dengan menggunakan air perasan buah mengkudu yang dihaluskan dan dijadikan masker atau dioleskan pada wajah yang berjerawat secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur maka jerawat akan hilang dan wajah kembali bersih.


3.Menghaluskan kulit
Kulit yang halus mulus adalah dambaan setiap manusia. Hal ini juga dipercaya dapat meningkatkan nilai jual dan rasa percaya diri manusia. Salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang halus yaitu dengan menggunakan buah mengkudu yang dihaluskan dan dicampur dengan minyak zaitun atau madu dan digunakan sebagai lulur saat mandi.

4.Mengatasi peradangan kulit akibat sengatan sinar matahari
Sama dengan penggunaan mengkudu untuk menghaluskan dan melembabkan kulit, ternyata mengkudu yang dibalurkan menjadi lulur atau masker juga berkhasiat mengatasi peradangan kulit yang disebabkan sengatan terik matahari (sinar UV).

5. Mencegah tanda-tanda penuaan dini
Zat yang terkandung dalam buah mengkudu seperti vitamin C, antioksidan dan selenium ampuh membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Caranya dengan teratur meminum jus buah mengkudu secara teratur ataupun biasa menjadikan mengkudu sebagai masker.

6. Menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan
Selain masalah kulit ternyata buah mengkudu juga berkhasiat untuk menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan.Kandungan vitamin dan mineral dalam buah mengkudu sangat bagus bagi kesehatan rambut. Cara penggunaannya yitu dengan dijadikan shampoo creambath dan dengan meminum jus mengkudu secara teratur. Dengan cara tersebut akan melancarkan sirkulasi darah dan menutrisi kulit kepala.


7. Mengusir kutu rambut dan menghilangakan ketombe
Kandungan vitamin C, antioksidan, dan anti bakteri dalam buah mengkudu dipercaya mampu mengatasi masalah ketombe dan mengusir kutu rambut yang menggangu. Caranya dengan menghaluskan mengkudu dan menjadikannya sebagai masker untuk creambath. Anda bisa menggunakannya rutin 2 minggu sekali selama 2 bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

#Manfaat Daun Mengkudu

Manfaat daun mengkudu belum popular di tengah masyarakat. Yang sering terdengar hanya manfaat buahnya saja. Tetapi ternyata daun mengkudu dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan tubuh.
Daun Mengkudu Sebagai Obat Alami 
Daun Mengkudu Untuk Tubuh
Daun Mengkudu
Berikut beberapa manfaat daun mengkudu :

1. Mengatasi Jerawat Batu
Jerawat batu tentu sangat mengganggu. Bentuknya yang besar membuat kecantikan wajah menjadi berkurang. Untuk mengatasinya sangatlah mudah. Kandungan terpenoid pada daun mengkudu berfungsi memulihkan dan memperbaiki sel-sel pada kulit yang rusak akibat jerawat.

2. Meremajakan Kulit
Zat terpenes yang ada pada daun mengkudu membantu meremajakan kulit sehingga kulit menjadi sehat dan bebas dari masalah kulit seperti flek hitam akibat bekas jerawat atau karena paparan sinar matahari pada kulit wajah.

3. Mencagah Kanker
Hingga saat ini, pengobatan kanker secara medis hanya dilakukan dengan cara kemoterapi yang sangat menyakitkan. Kanker dapat dicegah dengan minum teh mengkudu. Hal ini karena terdapat senyawa xeronine yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan struktur sel dan untuk meregenerasi sel.

Lihat juga : Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

4. Menjaga Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh yang menurun dapat menyebabkan bakteri dan virus sangat mudah masuk ke dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Teh mengkudu mengandung senyawa aktif yang membantu merangsang sel darah putih sebagai pertahanan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Menjaga elastisitas Kulit
Kandungan selenium pada teh mengkudu membantu meningkatkan elastisitas kulit dengan mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang dan terhindar dari kerutan yang mengganggu.

6. Memperbaiki Pencernaan
Serotonin reseptor yang ada pada otak dan saluran pencernaan berfungsi untuk mengatur makanan yang dicerna dalam tubuh. Mengkudu berkhasiat untuk memicu serotonin tersebut sehingga dapat digunakan sebagai obat diare, cacingan, keracunan makanan, dan anti mual.

Baca juga : Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

7. Mengatasi Peradangan
Zat colopetin pada daun mengkudu berfungsi untuk mengatasi peradangan dan mencegah terjadinya alergi. Jadi bagi Anda yang mempunyai alergi misalnya alergi gigitan serangga atau alergi makanan tertentu dapat mengonsumsi daun mengkudu ini.

8. Anti Bakteri
Daun mengkudu ternyata juga memiliki manfaat untuk melemahkan bakteri. Seperti diketahui bakteri merupakan salah satu penyebab timbulnya suatu penyakit seperti diare dan jerawat pada wajah.

9. Meredakan Nyeri Saat Haid
Kandungan yang ada pada mengkudu dapat digunakan untuk meredakan nyeri saat haid. Bahkan mengkudu dapat mengurangi perubahan hormone sehingga sindrom menstruasi dapat teratasi seperti mood yang tidak baik, dan sensitive.

10. Melembabkan Kulit
Kulit yang kering sering terjadi karena berbagai macam sebab. Kulit kering membuat kulit menjadi terlihat bersisik dan tidak sehat. Untuk mengatasinya cukup dengan menggusokkan kulit mengkudu ke kulit secara merata kemudian bilang dengan air hangat.

11. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan metal asetil, merindone, dan asam kapril berfungsi untuk mencegah pengeroposan tulang sehingga tulang tetap sehat dan terhindar dari osteoporosis.
Demikian manfaat daun mengkudu sebagai the kesehatan, semoga bermanfaat bagi Anda para pembaca.

#Fakta Unik Buah Mengkudu
  • Buah mengkudu telah tersebar dibeberapa negara di Asia Tenggara daerah tropis dan beberapa belahan dunia lainnya seperti Benua Afrika,Florida,Cina,India,Tahiti,Filipina,kuba dan masih banyak lagi negara lainnya.
  • Memiliki kurang lebih 80 varietas yang berbeda namun yang memiliki nilai ekonomis hanya terdapat sekitar 20 spesies diataranya : Morinda bracteata,officinalis,fructus,tinctoria dan citrifolia dll.
  • Memiliki nama yang berbeda beda di Indonesia seperti di jawa lebih dikenal dengan kemudu,madura dengan kondhuk,bali dengan nama tibah dan dayak lebih dikenal dengan rewonang.
Itulah beberapa bagian dari manfaat buah dan  daun mengkudu yang dapat kita jadikan sebagai salah satu solusi bagi anda yang yang terserang penyakit yang dibahas diatas. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini,semoga bermanfaat bagi anda dan orang-orang disekitar anda. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak