10 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan | Serba Serbi komplit

10 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan

Wikimanfaat.com - Buah pisang merupaka buah dengan warna kuning mencolok dan daging yang lembut. Salah satu buah dengan manfaat yang melimpah ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga bila dikonsumsi akan membuat Anda kenyang. Tidak hanya dagingnya saja, ternyata kulit dari pisang juga sangat bermanfaat.

  Khasiat Kulit Pisang  

 Kulit Pisang Untuk Kesehatan
Kulit Pisang
Kandungan Kulit Pisang
  • Mengandung protein mentah dan koe
  • Mengandung lignoselulosa yang cukup tinggi
  • Mengandung glukosa 
  • Mengandung lignin 
  • Mengandung pektin 
  • Mengandung karbohi pembuatan etanol
  • Mengandung pektin
  • Mengandung protein mentah 
  • Mengandung kalium
  • Mengandung antioksidan tinggi
  • Mengandung zat anti jamur yang dapat membantu menghilangkan jerawat
  • Mengandung asam salisilat 
  • Mengandung asam sitrat
Berikut adalah manfaat yang dapat Anda ambil dari kulit pisang :

1. Memutihkan warna gigi

Kulit pisang kaya akan kandungan potassium, mangan dan magnesium yang dapat memutihkan lapisan email gigi. Menggunakan kulit pidang sebagai pemutih gigi dapat dilakukan dengan menggosokkan bagian dalam dari kulit pisang ke gigi Anda. penggosokan dilakukan dengan gerakan melingkar dalam waktu dua sampai lima menit saja. Setelah menggosoknya dengan kulit pisang, Anda dapat langsung menggosok gigi. Lakukan secara teratur dalam waktu satu hingga dua minggu untuk hasil maksimal.

2. Menghilangkan jerawat


Kandungan vitamin C, vitamin B, vitamin B6, fosfor, zat besi, kalium hingga magnesium membuat kulit pisang dapat menghilangkan jerawat di wajah. Kulit pisang juga mengandung antioksidan dan antui jamur yang berfungsi mengurangi minyak berlebih dan iritasi pada wajah. Kulit pisang juga berfungsi mempercepat penyembugan dan menghilangkan bekas jerawat.

Baca juga : Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

3. Mengobati luka


Berkhasiat dalam mengobati berbagai jenis luka seperti luka karena cidera pada lutut. Hanya dengan menggosokkan kulit pisang yang masih baru di bagian luka. Cara ini efektif untuk memberikan penyembuhan pada cidera Anda.

4. Mengobati Iritasi pada kulit


Dengan mineral dan antioksidan yang tinggi kulit pisang mampu negatasi iritasi pada kulit Anda. antioksidan juga berfungsi untuk peremajaan kulit sehingga akan tampak lebih muda.

Lihat juga : Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

5. Perlindungan dari sinar UV

Jemurlah kulit pisang selama beberapa menit kemudian gosokkan pada daerah kelopak mata. Cara ini bila dilakukan secara rutin akan menjaga mata dari bahaya sinar ultraviolet dan mampu menurunkan resiko penyakit katarak.

6. Alami menyembuhkan Psoriasis


Penyakit berupa sisik berwarna keperakan yang perih dan gatal mampu disembuhkan dengan kulit pisang. Pasalnya bila sisik digaruk dapat berubah menjadi bintik pendarahan. Gosoklah luka dengan kulit pisang secara merata.

Artikel lainnya : Manfaat Buah Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

7. Anti depresan
Kulit pisang dapat di jus yang akan berfungsi meredakan emosi. Cara ini dapat dilakukan karena kulit pisang mengandung triposan yang dapat memperbaiki mood Anda.

8. Mengobati sakit kepala

Sering migrain, Anda dapat menumbuk kulit pisang kemudian menempelkan di bagian dahi. Perlahan akan mengurangi migrain Anda.

9. Mengobati kutil

Caranya dengan mengambil kulit pisang lalu potong dan tempelkan pada kutil Anda. tunggu selama 10 menit lalu bilas.

10. Mengobati bekas gigitan nyamuk

Terkadang bekas berupa bengkak pada kulit akan menggangu penampilan, untuk menguranginya dapat dengan memotong kecil lalu menempelkan pada bagian bekas, tunggu selama 15 menit lalu dibilas.

Itulah manfaat kulit pisang yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa bermanfaat bagi kita. Jadi mulai saat ini bagi anda yang telah mengenal kebaikan dari kulit tersebut silahkan mencoba dan di share dengan teman-teman maupun keluarga. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak