11 Manfaat Sayur Kol Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

11 Manfaat Sayur Kol Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat - Kol memiliki nama latin Brassica Oleracea L. Seperti jenis sayuran lainnya kol juga kaya akan kandungan vitamin, mineral dan serat. Adapun vitamin yang terkandung dalam sayuran ini antara lain Vitamin A,C,E,K, asam folat, sulful, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. Selain enak untuk dikonsumsi dalam dunia pengobatan tradisional dan modern daun kol dipercaya memiliki khasiat khusus baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

  Khasiat Sayuran Kol Untuk Kesehatan   

Sayuran Kol
Sayur Kol
Kandungan Nutrisi Sayur Kol/100 gram

  • Mengandung Energi 103 kJ (25 kcal) 
  • Mengandung Karbohidrat 5,8 gram 
  • Mengandung Gula 3,2 gram 
  • Mengandung Diet serat 2,5 gram 
  • Mengandung Lemak 0,1 gram 
  • Mengandung Protein 1,28 gram 
  • Mengandung Thiamine (Vitamin. B1) 0,061 miligram (5%) 
  • Mengandung Riboflavin (Vitamin. B2) 0,040 miligram (3%) 
  • Mengandung Niacin (Vitamin. B3) 0,234 miligram (2%) 
  • Mengandung Asam pantotgramenat (B5) 0,212 miligram (4%) 
  • Mengandung Vitamin B6 0,124 miligram (10%) 
  • Mengandung Folat (Vit. B9) 53 miligram (13%) 
  • Mengandung Vitamin C 36,6 miligram (61%) 
  • Mengandung Kalsium 40 miligram (4%) 
  • Mengandung Besi 0,47 miligram (4%) 
  • Mengandung Magnesium 12 miligram (3%) 
  • Mengandung Fosfor 26 miligram (4%) 
  • Mengandung Kalium 170 miligram (4%) 
  • Mengandung Seng 0,18 miligram (2% 
Apa saja manfaat yang kita peroleh jika kita mengkonsumsi sayuran yang satu ini, berikut ulasannya :

1. Kesehatan Otak
Dalam sayur kol terdapat kandungan anthocyanins dan vitamin K yang dipercaya mampu menjaga kondisi otak serta meningkatakan konsentrasi pada otak. Bahkan kandungan zat tersebut juga dipercaya mampu menyembuhkan ataupun mengurangi resiko penyakit alzheimer.

2. Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh
Dalam tubuh manusis sering bersarang racun yang disebabkan karena radikal bebas ataupun konsumsi makanan. Ternyata sayur kol mampu mengeluarkan racun dalam tubuh karena mengandung Vitamin C dan sulfur yang tinggi.

3. Mencegah Kanker
Berdasarkan penelitian kol banyak mengandung senyawa seperti lupeol, sinigrin, dan sulforaphane. Senyawa tersebut bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker dan tumor dalam tubuh. Sehingga sebagai proses pencegahan dini dari serangan sel kanker sayur kol ini bisa dijadikan solusi makanan anda.

Baca Juga : Manfaat Sayur Kacang Panjang Untuk Kesehatan Tubuh

4. Melancarkan Sirkulasi Darah
Potassium yang terdapat dalam sayur kol dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Jika pembuluh darah kita lebar maka aliran darah diseluruh tubuh menjadi lancar. Lebih jauh kondisi ini juga bermanfaat mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Mengatasi Sakit Kepala
Rasa dingin yang dihasilkan dari daun kol ini ternyata dapat digunakan sebgai obat tradisional untuk mengatasi sakit kepala. Caranya dengan mengahluskan kol dengan cara ditumbuk ataupun diblender, bungkus dengan kain kemudian tempelkan ke dahi.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Selain Wortel ternyata sayuran satu ini juga tinggi akan kandungan vitamin A. Vitamin A ini memang sangat baik untuk kesehatan mata. Bagi Anda yang rajin mengkonsumsi buah ataupun sayuran dengan kandungan Vitamin A yang tinggi sejak kecil akan mencegah resiko menggunakan kacamata ketika dewasa.

Baca Juga : Manfaat Sayur Daun Selada Untuk Kesehatan

7. Obat Sariawan
Sayur kol mengandung zat glutamine yang dapat mengobati sariawan. Jadi jika anda sedang mengalami masalah sariawan di mulut, perbanyak konsumsi kol akan dapat menyembuhkan sariawan anda.

8. Melancarkan Pencernaan
Selain serat ternyata zat sulfur dan mineral jjuga mampu membantu melancarkan pencernaan. Selama ini yang kita tau khasiat ini hanya terkandung dalam sayur yang berwarna hijau menyala karena kandungan seratnya yang tinggi. Namun ternyata sayur kol juga memiliki zat lain yang khasiatnya sama dengan serat pada sayur hijau lainnya.

9. Baik Untuk Diet

Bagi anda yang sedang menjalani proses diet dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur yang satu ini. Kol merupakan sayuran yang rendah kalori dan tinggi serat dan mineral sehingga cocok digunakan sebagai program diet dan pengurangan lemak dalam tubuh. 

10. Mencegah Penuaan Dini
Bagi anda yang ingin awet muda ada cara tradisional selain menggunakan bahan kimia, yaitu mengkonsumsi kol. Kandungan vitamin E dalam kol bermanfaat bagi elastisitas kulit serta Vitamin C dan antioksidannya dapat mencegah penuaan dini.


11. Kecantikan Kulit
Sejak jaman dahulu Vitamin C dan Vitamin E memang dipercaya bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu suklfur tinggi yang terdapat dalam sayur kol baik untuk melawan jamur kulit termasuk bakteri pada jerawat.

Fakta Unik

Jenis sayuran yang satu ini telah ada sejak abad ke 16. Tentu saja merupakan jenis sayuran yang cukup tua di bumi ini dengan varietas yang berbeda-beda dengan berbagai macam warna diantaranya: hijau,merah dan ungu. fakta unik lainnya,ternyata pernah suatu waktu di makedonia pada tanggal 19 desember 2008 silam sayuran kol di masak secara besar-besaran dengan melibatkan sekitar 80.191 gulung dengan berat sekitar 544 kg. Tak heran jika sayur kol banyak yang minat untuk mengkonsumsi karena sangat dipercaya dapat mengatasi diet rendah kalori.

Demikian pemabahasan tentang manfaat sayur kol bagi kecantikan dan kesehatan dalam tubuh. Tentunya merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi karena cukup kaya akan kandungan nutrisi dan fakta unik yang terdapat di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Trimakasih wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak