10 Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan | Serba Serbi komplit

10 Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Wikimanfaat - Dewasa ini setidaknya terdapat dua hal yang menjadi perhatian bagi setiap individu, khususnya para wanita, yaitu kesehatan dan kecantikan. Seseorang perlu menjaga kesehatan untuk mengerjakan rangkaian aktivitas yang cukup padat dan menuntut mobilitas tinggi. Selain itu kecantikan perlu dimiliki oleh para wanita agar dapat tampil lebih percaya diri dan memiliki daya jual dalam persaingan pekerjaan. Untuk mendapatkannya, tidak jarang mereka rela mengeluarkan banyak uang dengan beragam cara.

Meskipun tidak memiliki jumlah uang yang banyak, bukan berarti Anda harus mengabaikan kedua hal tersebut. Penelitian menyebutkan bahwa ternyata buah semangka memiliki jawaban atas permasalahan Anda. Diperkirakan bahwa satu cangkir semangka seberat 152 gram mengandung 17% dari vitamin A sebanyak 21% vitamin C kurang lebih 2% dari besi dan 1% dari kebutuhan kalsium sehari-hari. 

  Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan  

Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Buah Semangka

Kandungan dan Nutrisi Buah Semangka

  • 92% Mengandung Air
  • Vitamin A Sekitar 590 IU
  • Likopen Cukup Tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan 
  • mengandung banyak Vitamin C
  • Mengandung Vitamin E
  • Kadar gula yang tinggi
  • Mengandung Potasium
  • Mengandung Belerang
  • mengandung Sodium
  • Mengandung Fostor

Berikut adalah beberapa khasiat yang dimiliki oleh buah dari keluarga Cucurbitaceae botani :

1. Semangka Anti Penuaan Dini

Radikal bebas memiliki dampak negatif untuk mempercepat penuaan dini. Ternyata, kandungan zat yang terdapat di semangka seperti likopen, vitamin Am dan C mampu mengatasi hal tersebut. Kandungan zat tersebut juga dapat mengatasi garis-garis halus yang berpotensi untuk membantu proses penuaan pada diri Anda, khususnya rauat muka. Untuk memperoleh hasil yang optimal, Anda perlu mengkonsumsinya secara teratur, 30 menit sebelum makan.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit yang kering menyebabkan Anda lebih rentan terkena serangan penyakit. Untuk menjaga kelembapan kulit, setidaknya diperlukan konsumsi air yang cukup. Semangaka dapat membantu Anda dalam menjaga kondisi tersebut sebab buah tersebut memiliki kandungan air yang sangat banyak. Akan tetapi, sebaiknya hindari konsumsi semangka langsung dari kulkas. Sebab suhu yang di dalam kulkas menyebabkan jumlah air yang dikonsumsi lebih sedikit sehingga hasilnya tidak maksimal.

3. Mengurangi Sebum(minyak) Pada Wajah

Kulit yang berminyak memicu terjadinya jerawat. Jika jerawat sudah muncul maka akan menjadi masalah yang nantinya mengurangi kecantikan yang Anda miliki. Namun, untuk mengurangi jumlah jerawat Anda tidak perlu melakukan perawatan yang cukup menyakitkan dan mahal. Cobalah untuk mengkonsumsi semangka secara rutin karena memiliki vitamin A yang memiliki fungsi tersebut.

4. Meremajakan Kulit

Kebanyakan wanita akan membeli masker dengan harapan wajah terasa lebih mulus dan lebih cerah. Padahal satu pak masker biasanya bisa seharga lebih dari RP. 100.000,0 dan hanya bisa digunakan selama beberapa hari. Semangka menjadi jawaban yang murah meriah bagi Anda yang membutuhkan perawatan muka. Buatlah masker dari buah semangka untuk mendapatkan muka yang cerah secara alami.

5. Memelihara Kesehatan Ginjal

Semangka juga memiliki kandungan kalium yang dapat digunakan sebagai pembersih zat-zat racun pada ginjal. Semakin sering mengkonsumsi semangka maka fungsi ginjal dapat dipertahankan lebih lama. Bagi Anda yang berpotensi memiliki batu ginjal, cobalah untuk mengkonsumsi semangka secara teratur agar menyembuhkannya secara total.

6 Menjaga Kesehatan Tulang

Semangka dapat menjaga kesehatan dan ketahanan pada tulang karena memiliki banyak likopen untuk membantu penjagaan terhadap kalsium dalam tubuh kita.

7. Penunjang Diet

Sebagai Penunjang diet karena dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan buah tersebut sama dengan beberapa khasiat pada buah tomat.

8.  Menjaga Kesehatan Mata 

Semangka dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan mata karena kaya akan vitamin A yang terkandung didalamnya sehingga cukup baik untuk dikonsumsi minimal 2-3 kali dalam seminggu

9. Memperlancar Peredaran Darah

Buah semangka dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga dapat mengurangi gejala untuk serangan jantung

10. Sebagai Masker Rambut

Semangka dapat digunakan untuk membuat rambut lebih sehat dengan cara masker pada rambut secara alami dan tanpa efek samping

Fakta Unik 
  • Buah yang satu ini cukup terkenal di negara Arab karena dipadukan dengan keju sebagai penutup setelah makan
  • Dalam tradisi jepang dan cina buah ini terbilang unik karena dijadikan sebagai sebagai hadiah karena melambangkan sebuah cinta yang manis menurut mereka
  • Memiliki kurang lebih 1200 varietas yang hampir tumbuh di semua negara yang ada 

Nah itulah Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Silahkan konsumsi dirumah anda dan thanks untuk kunjungannya di wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak