10 Manfaat Sayur Terong Bagi Kesehatan | Serba Serbi komplit

10 Manfaat Sayur Terong Bagi Kesehatan

Wikimanfaat - Sayuran ini memiliki bentuk dan warna yang berbeda (unik). Jenisnya pun ada bermacam-macam seperti terong ungu, terong belanda, terong bulat, dan lain sebagainya. Jenis sayur ini mudah kita temuai baik baik di supermarket ataupun pasar tradisional sekalipun. Selain enak dikonsumsi sejumlah kombinasi vitamin dengan nutrisi dalam sayuran ini membuatnya menjadi pilihan makanan yang sehat.

  Khasiat Sayur Terong Bagi Kesehatan  

Sayur Terong Bagi Kesehatan
Ilustrasi Sayur Terong 
#Kandungan Nutrisi Sayur Terong/Buah
  • Mengandung 20 kalori
  • Mengandung niacin
  • Mengandung riboflavin
  • Mengandung Tiamin
  • Mengandung folat
  • Mengandung vitamin E 
  • Mengandung vitamin K
  • Mengandung nasunin.
  • Mengandung protein 0,8 gram
  • Mengandung karbohidrat 4,82 gram
  • Mengandung lemak hanya 0,15 gram
  • Mengandung vitamin C
  • Mengandung vitamin B6
  • Mengandung Kalium
  • Mengandung Zatbesidan magnesium
  • Mengandung anthocyanin yaitu senyawa alami phytochemical atau dikenal sebagai flavonoid
Uraian dibawah ini akan menjelaskan apa saja manfaat sayuran ini bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Gairah Sex Pria
Kahsiat terong yang dapat meningkatkan gairah sex pada pria memang sudah ada dari dulu. Hal tersebut disebabkan karena kandungan afrodisiak yang ada dalam terong. Selain meningkatkan gairah terong juga dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria.

2. Menyehatkan Jantung

Seperti sayuran lainnya, kandungan kaliun dalam terong mampu menurunkan tingkat kolesterol serta menstabilkan tekanan darah. Kondisi ini pada nantinya akan menurunkan resiko penykit jantung karena tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Membantu Otak
Bagi anda yang ingin memiliki daya ingat yang kuat, mengkonsumsi terong dapat dijadikan alternative solusi. Terong mengandung fitonutrien menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakandan melestarikan fungsi memori.


4. Menurunkan Berat Badan
Terong merupakan salah satu sayuran yang tepat dikonsumsi bagi anda yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur sayuran yang kenyal dan mengandung banyak air sangat baik ndikonsumsi dalm keadaan mentah. Walaupun bentuknya padat namun terong ini rendah kalori.

5. Membantu pencernaan

Selain sayuran berbentuk daun yang mengandung serat, dalam terong juga terdapat cukup serat yang baik untuk tubuh. Serat ini dapat mencegah sembelit dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker usus besar.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Pada penderita diabetes tipe 2, ada baiknya Anda sering mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Terong kaya akan kandungan serat dan rendah karbohidrat, sehingga bermanfaat untuk mengontrol penyerapan glukosa dalam tubuh.

Lihat Juga : Manfaat Sayur Edamame Bagi Kesehatan Tubuh

7. Kulit bersinar

Kulit kering dan bersisik merupakan tanda bahawa kulit mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya dibutuhkan mineral untuk memberikan kesegaran pada kulit kita. Salah satu cara yang dialkukan adalah dengan mengkonsumsi terong karena kadar mineral dan kandungan vitaminnya yang baik untuk kulit.

8. Melembabkan Kulit Kepala
Selain kulit tubuh, mineral dan vitamin yang terdapat pada buah terong juga baik untuk kesehatan kulit kepala. Kandungan mineral dan vitamin pada terong baik untuk memberikan nutrisi bagi kesehatan kulit kepala dan meminimalisisr masalah yang terdapat di kulit kepala.,

9. Mencegah Diabetes
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa terong mengandung serat yang baik untuk mengontrol kadar gula darah. Kondisi ini nantinya dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes yang bersumber dari kadar gula dalam darah kita.

Artikel lainnya : Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

10. Baik Untuk Mencegah Penuaan Dini
Vitamin E yang terdapat pada terong berkhasiat untuk membentuk kolagen pada kulit sehingga mencegah penuaan dini. Jadi jika Anda ingin terlihat awet muda dan mempunyai kulit yang sehat mengkonsumsi terong menjadi salah satu alternative solusinya.

#Fakta Unik

  • Tanaman terong awalnya berasal dari India dengan bentuk menyerupai dengan telur dengan warna yang putih sehingga orang barat menyebutnya eggplant sebelum mengalami perkembangbiakan dengan perubahan warna dan bentuk,
  • Dalam ilmu botani terong sebenarnya termasuk buah-buahan yang memiliki banyak biji dan didalamnya mengandung nikotin rendah sehingga bijinya terasa pahit namun tetap layak untuk dikonsumsi. 
  • Tanaman ini juga salah satu golongan berry yang telah dikonsumsi oleh masyarakat Asia sejak tahun 3, Namun setelah buah tersebut tiba di Eropa sekitar tahyn 1500, Orang Eropa pada awalnya hanya menganggap buah terong tersebut beracun dan bahkan di Amerika terong hanya digunakan sebagai hiasan pada mejah sampai pada abad ke-20.
Itulah beberapa uraian tentang manfaat sayur terong bagi kesehatan tubuh manusia, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang akan timbul pada diri kita. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak