11 Manfaat Sayur Sawi Untuk Tubuh | Serba Serbi komplit

11 Manfaat Sayur Sawi Untuk Tubuh

Wikimanfaat - Buah sawi dikenal sebagai salah satu sayuran hijau yang enak. Disamping itu sayuran ini juga cukup kaya akan kandungan gizi dan protein yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jika mengkonsumsinya, anda akan mendapatkan manfaatnya dalam jangka panjang, terutama agar tubuh anda semakin sehat dan fit sepanjang hari.

  Khasiat Sayur Sawi Bagi Kesehatan Tubuh  

Sayur Sawi
Sayur Sawi
Kandungan dan Nutrisi Sayur Sawi
  • Food Weight (100 gram)
  • Bdd / Food Edible (100 %)
  • Energi (20 kilo kalori)
  • Protein (1,7 gram)
  • Lemak (0,4 gram)
  • Karbohidrat (3,4 gram)
  • Kalsium (123 mili gram)
  • Fosfor (40 mili gram) 
  • Zat Besi (1,9 mili gram)
  • Vitamin A (0 IU)
  • Vitamin B1 (0,04 mili gram)
  • Vitamin C (3 mili gram)

Berikut ini berbagai manfaat sayur sawi bagi tubuh yang perlu anda ketahui :


1. Sawi Memiliki Kandungan Vitamin C yang Lebih Banyak Dari Jeruk

Satu cangkir irisan sawi hijau memiliki berat 67 gram mengandung vitamin C 134% dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Sedangkan buah jeruk medium mempunyai berat 131 gram mengandung 113% vitamin C yang direkomendasikan. Hal ini berarti sawi hijau mengandung vitamin C dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jeruk.

2. Mengurangi Resiko Biabetes Tipe Dua dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan asam alfa-linoleat dan asam lemak omega-3 pada sawi bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes tipe dua dan meningkatkan kesehatan jantung. Bagi seseorang yang mempunyai garis keturunan diabetes tipe dua sangat baik mengonsumsi sawi hijau untuk mengurangi risikonya.

3. Membantu Mencegah Pembentukan Plak Arteri dan Memerangi Peradangan

Plak pada arteri dapat memyebabkan penyempitan arteri. Dengan kandungan fitonutrien, quercetin pada sawi hijau membantu memerangi peradangan dan mencegah pembentukan plak pada arteri.

Baca Juga : Manfaat Sayur Labu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

4. Cocok Untuk Makanan Diet


Karena rendah kalori (26kkal per 100 gram) dan lemak, sawi cocok bagi seseorang yang menjalankan program diet. Sawi hijau juga mengandung serat yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi untuk pengendalian kolesterol dan pengurangan berat badan (diet).

5. Mengendalikan Kolesterol


Kolesterol merupakan awal mula dari berbagai macam penyakit. Kandungan serat yang tinggi pada sawi hijau membantu mengendalikan kolesterol dan melindungi terhadap wasir, sembelit, serta kanker usus besar.

6. Sumber Antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Selain itu, sawi juga mengandung berbagai mineral seperti vitamin C, vitamin E, karoten, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, selenium, seng, dan mangan.

7. Manfaat Sawi Untuk Pasien Penyakit Alzheimer

Sawi yang memiliki kandungan vitamin K dapat berperan dalam membangun fungsi massa tulang. Hal ini juga bermanfaat bagi penderita Alzheimer dengan membatasi kerusakan syaraf pada otak.

Lihat Juga : Manfaat Sayur Bayam Untuk Tubuh

8. Mencegah Cacat Tabung Syaraf Pada Bayi


Asam folat yang baik untuk perkembangan otak pada bayi baik dikonsumsi pasa awal kehamilan dan sebelum kehamilan. Selain itu, vitamin yang larut dalam air berperan penting dalam sintesis DNA dan dapat membantu mencegah cacat tabung syaraf pada bayi.

9. Melawan Berbagai Macam Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh beberapa factor, antara lain seperti radikal bebas, zat karsinogen, dan factor keturunan. Kandungan sulforaphene pada sawi berfungsi sebagai senyawa anti kanker.

10. Menjaga Kesehatan Selaput Lendir dan Kulit

Mengonsumsi sawi hijau merupakan salah satu cara untuk memberi nutrisi kulit agar tetap sehat. Kandungan vitamin A pada sawi dapat menjaga kesehatan selaput lender, kulit dan, untuk menjaga kesehatan mata.

Artikel Lainnya : Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

11. Mencegah Arthritis dan Osteoporosis


Osteoporosis merupakan penyakit kerapuhan tulang. Mengonsumsi sawi hijau secara rutin dapat mencegah arthritis, anemia defisiensi zat besi, dan osteoporosis. Sedangkan bagi penderita batu ginjal disarankan agar mengurangi konsumsi sawi hijau karena kandungan asam oksalat dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal.

Fakta Unik

Meskipun riset penelitian dapat memperoleh hasil yang berbeda namun sebuah hasil penelitian yang diperoleh dari State University of Ohio telah membuktikan bahwa kandungan senyawa isotiosianat bisa menghambat sel kanker yang kemungkinan muncul pada tubuh kita. Kemudian beberapa hasil study juga seperti epidemologi Pezzuto dan Park tahun 2002 memberikan laporan bahwa dengan mengkonsumsi sayuran jenis sawi dapat menurunkan akan resiko pada berbagai jenis kanker seperti kanker payu dar,ginjal,kandung kemih,prostat dan paru-paru.

Meskipun pada sayuran sawi terdapat banyak manfaat dan kandungan gizi dan nutrisi, Namun perlu juga diketahui bahwa dengan mengkonsumsi sayur tersebut dengan cara yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. Maka dari itu konsumsilah seperlunya dan sebaiknya dimasak sematang mungkin agar memperoleh hasil yang maksimal. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak