15 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan | Serba Serbi komplit

15 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan


Wikimanfaat - Tanaman alpukat yang berasal dari Meksiko ini ternyata bukan hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, namun daunnya pun tidak kalah banyak khasiatnya. Berikut beberapa manfaat daun alpukat.

  Khasiat Daun Alpukat Untuk Tubuh  

Daun Alpukat
Daun Alpukat
1. Membasmi Batu Ginjal
Zat-zat yang terkandung pada daun alpukat seperti flavonoid, alkolid, dan saponin berfungsi untukmenghancurkan batu ginjal sehingga ginjal dapat berfungsi seperti semestinya.

2. Menghaluskan Kulit
Kandungan antioksidan pada daun alpukat berfungsi untuk membersihkan pori-pori pada kulit sehingga kulit akan bersih dan halus.

3. Kulit Wajah Kering
Daun alpukat yang telah dihaluskan dapat dioleskan sebagai masker pada wajah agar wajah menjadi lembab.

4. Sakit Pinggang
Sakit nyeri pada pinggang dapat diatasi dengan minum air hasil rebusan dari daun alpukat ini maksimal lima hari.

Baca Juga : Manfaat Daun Sambiloto untuk Tubuh

5. Meredakan Bengkak
Bengkak pada tubuh dapat disembuhkan dengan daun alpukat ini karena kandungan querstin di dalamnya yang berfungsi untuk meredakan bengkak.

6. Membantu Menurunkan Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi dapat diatasi dengan daun alpukat. Caranya dengan meminum rebusan daun alpukat tua secara rutin.

7. Menghilangkan Sariawan
Untuk mengobati sariawan ini yang digunakan adalah daun alpukat muda. Caranya dengan menggigit daun alpukat dan ditempelkan pada sariawan.

8. Penghitam Rambut
Selain orang aring, daun alpukat juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Caranya dengan menghaluskan daun alpukat kemudian gosokkan pada rambut dan diamkan selama sepuluh menit.
9. Gigi berlubang
Gigi berlubang sering terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Jika gigi sudah berlubang maka akan sering terasa nyeri yang hebat. Sebelum berlubang alangkah lebih baik untuk mencegahnya. Salah satunya dengan menggunakan daun alpukat.

10. Kencing Manis
Kencing manis disebabkan oleh beberapa factor. Bisa dari makanan atau keturunan. Kadar gula dalam darah yang berlebih merupakan penyebab diabetes. Daun alpukat dapat digunakan sebagai obat diabetes karena dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

11. Lemak tak Jenuh
Kandungan lemak tak jenuh pada daun alpukat sangat baik untuk tubuh. Bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan metabolism tubuh.

12. Mencegah Kanker
Kandungan querstin pada daun alpukat berfungsi untuk menangkap radikal bebas sebagai salah satu penyebab penyakit kanker yang mematikan.

13. Anti bakteri
Daun alpukat juga berkhasiat sebagai anti bakteri. Kandungan zat aktif yang ada di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus, pseudomonas, protectus, escherichea, dan bacillus.

Artikel lainnya : Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Tubuh

14. System Kekebalan Tubuh
Kandungan fitonutrien pada daun alpukat berfungsi untuk melindungi tubuh dari pathogen dan parasit yang menyerang tubuh.

15. Sebagai Bumbu Masakan
Daun alpukat juga sering digunakan sebagai bumbu sayuran berkuah, sup, dan bumbu daging barbekyu.

Namun daun alpukat juga memiliki efek toksin. Berdasarkan beberapa penelitian,  daun alpukat Guatemala memiliki efek toksin apabila dikonsumsi terlalu banyak. Berbeda dengan alpukat meksiko, alpukat ini tidak memiliki efek toksin sehingga aman digunakan sebagai pengobatan herbal. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak