13 Manfaat Buah Strawberry Untuk Tubuh Sehat | Serba Serbi komplit

13 Manfaat Buah Strawberry Untuk Tubuh Sehat

Wikimanfaat.com - Strawberry termasuk buah yang jarang bisa ditemui. Habitatnya yang tidak bisa hidup disembarang tempat yang membuat buah ini menjadi salah satu buah kelas mewah. Strawberry biasanya dapat dijadikan sebagai jus, selai, bahan kue, atau dikonsumsi secara langsung. Dibalik rasanya yang asam manis, ternyata kandungan nutrisi yang terdapat di dalam strawberry sangatlah tinggi.

  Khasiat Buah Strawberry Bagi Tubuh  

 Buah Strawberry Bagi Tubuh
Buah Strawberry
Kandungan Buah Strawberry/160 gram

  • Mengandung energi 50 kalori 
  • Mengandung protein 1 gram 
  • Mengandung karbohidrat 11,65 gram 
  • Mengandung serat 3,81 gram 
  • Mengandung kalsium 23, 24 mg 
  • Mengandung magnesium 16,60 mg 
  • Mengandung fosfor 31,54 mg 
  • Mengandung potasium 44,82 mg 
  • Mengandung selenium 1,16 mg 
  • Mengandung vitamin C 94,12 mg 
  • Mengandung Folat 29,38 mg 
  • Mengandung Vitamin A 44,82 IU 
Berikut beberapa manfaat dari buah strawberry, antara lain :

1. Menjaga Kesehatan Mata
Strawberry mengandung beberapa anti-oksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang berfungsi menangkal perkembangan penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Strawberry mengandung serat yang tinggi tetapi rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Anti Inflamasi

Strawberry mengandung senyawa kimia fenol, yang bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, aterosklerosis, dan asma. Buah ini tidak memberikan efek samping berbahaya seperti pendarahan usus dan perut.

Baca Juga : Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan

4. Anti Kanker
Kombinasi antara antioksidan dan anti inflamasi dalam buah strawberry dapat melawan berbagai bentuk penyakit kanker. Hal ini berkat kandungan vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung didalamnya.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Secangkir strawberry mengandung 136 % vitamin C, yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan pada tubuh.

6. Diet Sehat
jus strawberry termasuk minuman rendah kalori yang sangat baik untuk membantu menjalankan diet sehat anda.

Lihat Juga : khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

7. Kesehatan Ibu Hamil
kandungan asam folat dalam buah ini sangat baik untuk para ibu hamil karena dapat membantu perkembangan otak pada bayi dan mencegah bayi terlahir cacat.

8. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

buah strawberry mengandung potasium dan zat besi yang berguna untuk menurunkan dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi.

9. Mencegah Anemia
strawberry kaya akan zat besi, sehingga sangat baik untuk membantu meningkatkan jumlah sel-sel darah merah didalam tubuh.

Artikel lainnya : Manfaat Apel Bagi Kesehatan
10. Kesehatan Tulang
Kandungan mangan, kalium dan vitamin K dalam strawberry dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin supaya tulang anda lebih kuat dan juga sehat.

11. Kaya Akan Zat Anti Oksidan
Strawberry juga merupakan antioksidan yang baik, karena tinggi akan vitamin C. Sehingga menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

12. Menghilangkan Jerawat
Kandungan itamin C, Alpha Hydroxy Acids ( AHA ), flavonoid dan asam salisilat dalam buah strawberry membantu membersihkan jerawat dan mengurangi minyak yang berlebih.

13. Menjaga Kesehatan Jantung

Anti oksidan yang berupa vitamin C dan anthocyanidins, dapat membantu melindungi pembuluh arteri dari kerusakan, serta mencegah pembekuan darah didalam pembuluh darah.

Fakta Unik
  • Buah strawberry layaknya seperti buah mawar dengan bau yang harum manis ditempat buah tersebut tumbuh
  • Di Amerika serikat ( california ), buah tersebut dapat tumbuh hingga 2 miliar pohon setiap tahun. Tak heran jika disana menjadi penghasil buah strawberry hingga mencapai 80%.
  • Merupakan buah favorit remaja-remaja Amerika karena mereka biasanya menjadikan buah tersebut sebagai permen. Tak heran penduduk Amerika terbilang mengkonsumsi terbanyak buah tersebut kurang lebih 3,5 pon/tahunnya.
  • Konon bangsa Romawi kuno percaya bahwa buah strawberry sangat mujarab untuk dijadikan sebagai obat seperti bau mulut,orang pingsang, depresi dan batu ginjal.
  • Berbeda dengan orang-orang di Prancis bahwa disana buah strawberry dipercaya cukup ampuh untuk meningkatkan gairah seksual dan dijadikan sebagai sajian sarapan tradisional terhadap pengantin baru
  • Dengan kandungan yang dimiliki,buah strawberry mampu dengan cepat meningkatkan aliran darah dan oksigen kedalam otot sehingga ketahanan tubuh semakin bertambah.
Itulah beberapa manfaat dari buah strawberry untuk tubuh. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting,oleh karena itu jaga asupan gizi dan buah secara alami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak