13 Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

13 Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Untuk beberapa orang pete menjadi salah satu makanan yang mungkin di jauhi, dikarenakan bau atau rasanya yang menyengat. Tetapi siapa sangka jika pete ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa.

  Buah Petai Baik Untuk Tubuh  

Buah Petai Untuk Kesehatan
Buah Petai
Kandungan buah/biji pete dalam 100 gram
  • Mengandung energi sebesar 85kkl, 
  • Mengandung karbohidrat15.4 gram, 
  • Mengandung protein sebesar 5.7 gram, 
  • Mengandung lemak sebesar 0.3 gr, 
  • Mengandung zat besi sebesar 3.0 gram,
  • Mengandung fosfor sebesar 53 miligram,
  • Mengandung kalsium 180 miligram, 
  • Mengandung vitamin A 423 UI,
  • Mengandung Vitamin B1 0.08 miligram, 
  • Mengandung vitamin C 15 miligram.
Kandungan nutrisi diatas diambil dari berbagai sumber yang ada.

Berikut beberapa manfaat pete untuk kesehatan, antara lain :

1. Menghindari Depresi
Banyak orang yang menjadu lebih baik setelah makan pete. Hal ini dikarenakan pete memiliki kandungan tryptophhan, yang dapat membuat orang lebih rileks, melakukan perbaikan mood dan lebih bahagia.

2. Mengurangi Pms ( pre menstrual syndrome )
Apabila mengalami pms atau bad mood ketika menstruasi, cukup mencegahnya dengan makan pete. Vitamin B6 yang terdapat pada pete dapat mengatur kandungan gula darah yang membantu mood.

3. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang tinggi pada pete dapat merangsang produksi sel darah merah serta menolong penderita anemia.

Lihat juga : Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Buah tropis ini mengandung tinggi kalium, tetapi rendah garam. Sehingga bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi. Manfaat buah ini dapat menurunkan tekanan darah serta stroke.

5. Mendorong Kekuatan Otak

Riset sudah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium yang tinggi dapat mendorong kekuatan otak, sehingga lebih waspada.

6. Menjaga Saluran Pencernaan
Kandungan dietary fibers yang tinggi membuat pete sangat baik untuk saluran pencernaan. Pete juga dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan cara melapisi permukaan lambung.

Baca juga : Manfaat Sayur Edamame Bagi Kesehatan Tubuh

7. Obat Mabuk
Cara yang cepat untuk mengobati penyakit mabuk dengan milkshake pete, yang dimaniskan menggunakan madu. Pete dapat menolong dalam menenangkan perut serta madu dapat menambah kandungan gula darah yang turun.

8. Mengatasi Gatal Gigitan Nyamuk

Sebelum menggunakan cream anti nyamuk, cobalah gosok tempat yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang telah sukses mengatasi rasa gatal serta bengkak dengan cara ini.

9. Menghindari Kegemukan

Untuk menghindari nafsu ngemil, anda perlu mengendalikan kandungan gula dalam darah dengan cara makan makanan tingggi karbohidrat atau pete setiap 2 jam sekali untuk menjaga kadar gula.

Artikel Lainnya : Manfaat Sayur Daun Selada Untuk Kesehatan

10. Menetralkan Luka Lambung

Pete digunakan sebagai makanan untuk menjaga penceranaan, karena teksturnya yang lembut serta halus. Buah ini dapat menteralkam asam lambung serta mengurangi iritasi dengan cara melapisi permukaan lambung.

11. Mengatur Suhu Tubuh

Pete digunakan ebagai buah dingin yang dapat menurunkan suhu tubuh. Di Belanda para ibu hamil dapat mengonsumsi pete untuk meyakinkan si bayi supaya lahir dengan suhu yang normal.

12. Menghindari Stress
Kandungan kalium pada pete dapat untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan pada tubuh. Saat stress, kecepatan metabolisme dapat meningkat, sehingga dapat mengurangi kandungan kalium dalam tubuh.

13. Obat Awet Muda
Kandungan protein pada pete dapat meregenerasi kulit. Petani pete di Indonesia telah mengekspor pete ke Jepang untuk dijadikan bahan campuran kosmetik.

Demikian artikel yang membahas tentang manfaat pete. Buah pete meskipun memiliki bau yang menyengat ternyata memiliki banyak manfaat. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak