9 Khasiat Buah Nanas Untuk Kecantikan Dan Kesehatan | Serba Serbi komplit

9 Khasiat Buah Nanas Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Wikimanfaat.com - Buah yang satu ini rasanya manis asam segar dan memiliki kulit bersisik dengan daun menjulang keatas. Nanas merupakan buah unik yang cukup digemari masyarakat. Kita bisa menemukan buah nanas di berbagai olahan panganan dari mulai es campur, selai, jus, rujak, asinan bahkan kripik nanaspun diproduksi. Bagi Anda yang penggemar buah nanas, tentunya buah nanas ini tidak hanya nikmat disantap namun juga memilki banyak khasiat bagi kecantikan dan kesehatan.

  Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan  


Manfaat Buah Nanas
Buah Nanas
Kandungan Nutrisi Buah Nanas/100 gram
  • Mengandung Energi =52 kalori
  • Mengandung Protein=0,4 gram
  • Mengandung Lemak: 0,2 gram
  • Mengandung Fosfor: 11 miligram
  • Mengandung Zat Besi: 0,3 miligram
  • Mengandung Vitamin A: 130 IU Serat: 0,4 g
  • Mengandung Kalsium: 16 miligram
  • Mengandung Vitamin C: 24 mg Karbohidrat: 13,7 g
  • Mengandung Vitamin B1: 0,08 miligram
  • Mengandung Air: 85,3 gram
Berikut adalah khasiat buah nanas untuk kecantikan dan kesehatan.

1. Pencegahan Degenerasi Makula

Degradasi Makula atau biasa kita kenal dengan sebutan rabun biasanya menyerang orang dewasa yang berusia lanjut. Ganggan ini ditandai dengan Degenerasi makula adalah suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terdapat pada manfaat wortel, juga ada dalam nanas yang memberdayakan penglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

2. Meningkatkan Imunitas
Nanas berfungsi untuk meningkatkan vitalitas karena memiliki kandungan vitamin C dan zat asam amino. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya akan antioksidan. Sedangkan asam dapat menjaga energi yang tersimpan di dalam tubuh untuk sehingga kekebalan tubuh terjaga.

baca juga : Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

3. Membantu Pencernaan
Menurut American Cancer Society nanas mengandung enzim yang memecah protein, bromelain yang baik untuk pencernaan kita. Selain zat tersebut kandungan serat pada buah nanas ini juga berfungsi menjaga pencernaan agar tetap sehat.

4. Mencegah Hipertensi

Buah nanas ternyata baik dikonsumsi bagi Anda yang memiiliki keluhan hipertensi. Tekanan darah yang cenderung naik dan stabil dapat dikontrol dengan kandungan kalium yang tinggi dan sodium rendah yang terdapat dalam buah nanas. Rutin mengkonsumsi buah nanas akan membantu menjaga tingkat tekanan darah menjadi stabil.

5. Meredakan Mual

Bagi Anda yang sering mengalami rasa mual seperti mabuk kendaraan laut, darat dan udara. Tidak perlu khawatir untuk menghilangkan rasa mual tersebut Anda bisa mengkonsumsi buah yang satu ini. Rasa segar yang ditimbulkan dari buah nanas ternyata dapat menetralisir rasa mual yang Anda rasakan.

Liat juga : Manfaat Apel Bagi Kesehatan

6. Menguatkan Tulang
Dibalik rasanya yang asam manis ternyata buah nanas juga kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi secangkir jus nanas setiap hari dapat memberikan sektar 73 % mangan yang diperlukan tubuh setiap harinya. Mangan ini merupakan zat yang mencegah penyakit osteoporosis dalam tubuh kita.

7. Menjaga Keelastisan Kulit

Kandungan Vitamin C dan asam amino pada buah nanas dapat kita manfaatkan untuk meregenerasi sel-sel dan jaringan yang rusak pada kulit. Menggunakan masker buah nanas secara teratur pada kulit maka akan menjaga keelastisitasannya.

8. Memperbaiki Kulit Kak
i
Kaki yang bersisik dan kasar tentu sangat menggangu penampilan Anda setiap hari. Solusi praktis dan mudah untuk mengatasi kulit kaki yang bersisik, kasar, kering dan pecah pecah ini salah satunya dengan menggunakan buah nanas. Buat scrub dari gilingan buah nanas balurkan ke kulit kaki yang bersisik diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. Selain memperbaiki kulit kaki Nanas juga dapat menangkan peradangan dan pembengkakan pada kulit kaki yang dipicu kulit kaki yang pecah-pecah.

Artikel lainnya : Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

9. Melembabkan Kulit
Bagi para ladies ternyata nanas ini juga bisa dijadikan alternative pengganti lotion untuk melembabkan kulit kalian. Kandungan air yang cukup tinggi pada buah nanas akan menghilangakan efek hidrasi pada kulit kita. Cara membuatnya dengan menghaluskan kurang lebih 3 sendok makan nanas segar kemudian dtambahkan kuning telur dan sedikit susu. Gunakan campuran tersebut sebaga masker pada kulit secara teratur untuk menciptakan kulit lembab yang ideal.

Fakta Unik


Di Spanyol buah tersebut disebut dengan (pine cone) karena mirip dengan biji pinus,sementara tanaman aslinya awalnya berasal dari Benua Amerika Selatan yang tepatnya di Paraguay dan Brasil. Kemudian pada tahun 1493 cristopher Colombus membawanya kembali ke Spanyol. Namun dalam catatan sejarah buah nanas tersebut pertama kali ada di inggris 1660. Mengapa Cristopher Colombus yang tercatat namanya dalam tanaman nanas? karena Cristopher Colombus adalah seorang pelaut yang mengelilingi samudra dan buah nanas juga merupakan buah yang cukup populer dikalangan pelaut karena dipercaya mampu mengobati penyakit kudis. Fakta unik lainnya dari buah nanas ternyata kulit dari buah tersebut masih dapat bermanfaat dengan mengolah untuk dijadikan sebagai campuran pembuatan alkohol dan dapat juga digunakan sebagai pakan ternak. Selain itu, tanaman nanas juga membutuhkan waktu sampai 18 bula hingga memperoleh buah yang baik dan setiap tahunnya hanya dapat menghasilkan 1 buah.

Selain kesembilan manfaat di atas ternyata buah nanas juga cocok dikonsumsi Anda yang sedang menjalani program diet. Kandungan enzim bromelain yang tinggi dipercaya dapat mengurangi lemak berlebihan yang ada di daerah sekitar perut dan pinggul. Tetapi perlu diperhatikan bagi Anda penggemar buah satu ini, agar tidak mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan karena justru dapat mengganggu kesehatan kita. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak