9 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Wikimanfaat.com - Siapa yang tidak tau buah legendaris dari Persia ini. Buah ini sering dijadikan buah tangan bagi mereka yang pergi ke tanah Arab baik untuk Haji ataupun Umroh. Buah yang terkenal di negeri arab ini telah menyebar dan dibudidayakan di benua Amerika dan Eropa. Pohon kurma tumbuh subur di lahan yang tandus. Buahnya yang manis dan kaya akan mineral membuat buah ini sangat berkhasiat bagi kesehatan. Bahkan khasiat buah kurma sudah tersohor dari jaman Nabi.

  Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan  

Khasiat Buah Kurma
Buah kurma
Kandungan Nutrisi Buah Kurma
  • Mengandung gloukosa (yang akan memberikan energy pada tubuh)
  • Mengandung fluktosa 
  • Mengandung air
  • Mengandung protein
  • Mengandung serat
  • Mengandung asam lemak jenuh yang cukup rendah
  • Mengandung vitamin A
  • Mengandung Vitamin B1
  • Mengandung Vitamin B2
  • Mengandung Vitamin B6
  • Mengandung Vitamin C 
  • Mengandung Vitamin mineral 
  • Mengandung Vitamin asam organik
Nilai kandungan gizi pada kurma sangat kompleks, Dengan kandungan ini kurma merupakan buah sempurna karena hampir memenuhi semua kebutuhan gizi. Setelah mengetahui berbagai kandungan dalam buah kurma, kita simak yuk apa saja manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh kita :

1. Penangkal Racun
Mengkonsumsi buah kurma 7 butir setiap hari dapat menangkal racun yang ada dalam tubuh kita. Kandungna vitokimia dan antioksidan yang ada dalam buah kurma dapat menetralisir racun yang masuk dalam tubuh kita.

2. Sumber Energi
Kandungan gula yang tinggi di dalam buah kurma mampu menghailkan energy yang cukup setara dengan kita memakan karbohidrat. Sehingga pada saat berbuka puasa kita disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma dengan alasan buah kurma dapat menghasilkan energy setelah kita berpuasa sehari penuh.

Baca Juga : Manfaat Apel Bagi Kesehatan

3.Mencegah Kanker Usus Besar
Serat yang ada dalam buah kurma sangat bagus untuk kesehatan pencernaan termasuk usus besar. Buah kurma memiliki serat yang cukup untuk menjaga kondisi pencernaan kita agar tetap baik, sehingga mampu mencegah gejala kanker di usus besar.

4.Anti Infeksi Pada Luka

Jika anda terluka agar prosespenyembuhan dan pengeringan luka baik konsumsilah buah kurma. Buah kurma mengandung zat Tanin yang merupakan anti infeksi, anti inflamasi dan anti hermaracik.

5.Baik Untuk Mata dan Kulit

Selain kandungan serat dan mineral yang tinggi ternyata kurma juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit anda. Selain itu kandungan vitamain A pada buah kurma ini juga memiliki khasiat dalam proses pencegahan terhadap resiko kanker paru-paru dan kanker mulut.


6. Meningkatan Hemoglobin Dalam Darah
Asupan oksigen dalam darah akan dapat terdistribusi secara sempurna ke seluruh jaringan tubuh jika kondisi hemoglobin kita baik. Salah satu zat yang dapat meningkatkan hemoglobin yaitu zat besi. Ternyata buah kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatakan kinerja hemoglobin dalam darah kita.

7.Baik Untuk Kesehatan Jantung
Jatung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita. Kerja jantung sangat dipengaruhi oleh aktifitas dan pola makan kita setiap harinya. Salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin mengkonsumsi kurma karena kandungan zat kalium yang terkandung di dalamnya mampu menjaga kesehatan jatung kita.

8. Meningkatkan Kebugaran Pada Pria

Bagi para kaum adam yang sering merasa lesu setelah seharian bekerja misalnya, mengkonsumsi buah kurma menjadi salah satu alternatif unguk anda agar kebugaran tetap terjaga. Buah kurma mengandung Zinc yang berfungsi untuk meningkatkan kebugaran pada pria.


9. Baik Untuk Ibu Hamil

Ada banyak khasiat yang dapat kita temukan dari buah kurma. Khasiat ini juga sangat baik untuk anda yang sedang hamil. Ketika hamil tentunya tubuh perlu mendapat asupan nutrisi yang baik dari makanan yang dikonsumsi. Ketika hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma karena kandungan hormone oksitosin, glukosa, fructose dan karbohidrat yang ada dalam buah kurma dapat membantu kelancaran pada proses persalinan dan menyusui.

Fakta Unik
  • Menurut cerita dulu "konon" buah kurma merupakan buah yang dapat menjauhkan masyarakat padang pasir dari berbagai jenis penyakit yang akan menyerangnya,bahkan menurut cerita juga pada waktu itu,bahwa ketika pemilik buah kurma mati maka pohon kurma pun ikut menjadi layu. 
  • Pohon kurma tergolong pohon yang amat sangat tua karena telah dibudidayakan sejak kurang lebih 4000 Sebelum Masehi yang bertempat di Mesopotami dan dapat tumbuh hingga mencapai seratus tahun. Kemudian pohon kurma mulai dibudidayakan hampir diseluruh dunia saat memasuki abad ke -18.
  • Pohon kurma hanya bisa tumbuh dan menghasilkan buah yang berkualitas bila ditanam ditanah yang tandus.
Itulah manfaat dan kandungan nutrisi dari buah kurma,serta fakta unik yang terdapat pada buah tersebut. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini dan dapat dikonsumsi mulai dari sekarang demi kesehatan tetap terjaga. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak