8 Manfaat Buah Pir Bagi Tubuh | Serba Serbi komplit

8 Manfaat Buah Pir Bagi Tubuh

Wikimanfaat.com - Buah pir merupakan buah yang berasal dari daerah tropis di beberapa beralahan dunia seperti Asia, Afrika Utara dan Eropa Barat. Memiliki ketinggian pohon berukuran sedang yaitu sekitar 10-17 meter. Namun tidak semua pohon pir memiliki ukuran tersebut, beberapa diantaranya memiliki pohon berukuran pendek dengan daun rimbun. Pir memiliki daun berselang-seling dengan bentuk yang lonjong lebar. Sebagian juga berbentuk membujur langsing. Daunnya memiliki pankang 2 hingga 12 cm dengan warna hijau mengkilat dan memiliki sedikit bulu warna perak.

Buahnya yang segar dan pohonnya yang kuat terbukti dengan pohonnya yang mampu bertahan ketika cuaca ekstrim sekalipun. Pohon pir mampu bertahan di cuaca −25 °C hingga −40 °C. namun beberapa hanya mampu bertahan di cuaca −15 °C yaitu jenis pohon berdaun hijau. Manfaatnya yang melimpah sebanding dengan rasanya yang segar.

  Khasiat Baik Buah Pir Untuk Tubuh  

Pir Untuk Tubuh
Buah Pir
Kandungan Gizi Buah Pir/Buah Sekitar (178 gram)
  • Mengandung kalium (6%)
  • Mengandung vitamin C (12%)
  • Mengandung vitamin K 10%
  • Mengandung fenolik
  • Mengandung folat(vitamin B9), 
  • Mengandung serat 
  • Mengandung tembaga, 
  • Mengandung mangan, 
  • Mengandung magnesium, 
  • Mengandung vitamin B-kompleks.
  • Mengandung 101 kalori
  • Mengandung 0 gram lemak
  • Mengandung 27 gram karbohidrat (termasuk 17 gram gula dan 6 gram serat)
  • Mengandung 1 gram protein

Berikut adalah manfaat dari buah pir untuk tubuh ;

1. Sebagai anti radikal bebas
Kandungan vitamin C, vitamin K, serta tembaga didalam buahpir mampu menjaga Anda dari radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

2. Mencegah penyakit kanker
Kandungan serat yang tinggi akan mengikat sel karsinogenetik serta mengusirnya dari tubuh Anda. Pir mampu mencegah datangnya penyakit kanker usus besar. Dengan mengkonsumsi satu buah pir akan menurunkan resiko kanker payudara sebesar 34% pada wanita yang sudah menopause.

Baca Juga : Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan

3. Menstabilkan kadar gula darah

Indeks gliserin pada pir tidaklah tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi. Seratnya juga mampu membantu dalam pengendalian kadar gula di dalam darah. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

4. Mampu mencegah penyakit jantung

Pir dengan kandungan seratnya mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga melindungi tubuh dari serangan jantung mendadak. Memakannya secara rutin mampu menurunkan resiko stroke hingga 50%.

Artikel Lainnya : Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

5. Mencegah osteoporosis

Pir yang memiliki kandungan boron mampu melakukan penyerapan kalsium secara mudah sehingga osteoporosis dapat di cegah.

6. Menjaga daya tahan tubuh
Buah ini memiliki antioksidan yang tinggi sehingga menjaga Anda dari berbagai serangan penyakit melalui kekebalan tubuh yang terjaga.

Lihat Juga : Manfaat Apel Bagi Kesehatan

7. Mencegah kerusakan kulit

Kerusakan kolagen pada kulit yang disebabkan karena kadar gula darah tidak stabil mampu diatasi dengan mengkonsumsi buah pir. Serat yang terkandung dalam pir efektif mengurangi kecepatan pembuangan gula di aliran darah.

8. Mencegah peradangan

Sifatnya yang anti inflamasi dapat membantu dalam penanganan resiko arthritis. Arthritis merupakan salah satu jenis peradangan yang sering menyerang.

Dengan berbagai manfaat dari buah pir, tidak ada salahnya segera mengkonsumsi pir secara teratur. Memilih buah pir dengan keadaan baik adalah dengan melihat penampilannya. Warna yang kuning keemasan, baunya yang harum, serta kulit yang utuh tanpa adanya luka adalah indikasi buah tersebut dalam kondisi baik. Namun sebagai saran,jangan hanya terfokus pada satu buah saja dan informasi ini tidak bersifat rekomendasi bagi anda. semoga bermanfaat bersama wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak