8 Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

8 Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat - Buah lezat yang berwarna hijau ini memang menjadi primadona karena khasiat. Selain rasanya yang lezat ternyata buah Alpukat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selama ini orang mengira jika Alpokat mengandung lemak yang jahat untuk tubuh. Mitos tersebut sangatlah tidak benar, berdasarkan riset Para ahli di Loma Linda University justru mengkonsumsi buah Alpukat dapat mengontrol berat badan. Karena mengkonsumsi alpokat membuat rasa kenyang lebih lama sehingga rasa lapar akan tertahan dan baik untuk mereka yang sedang menjalankan diet sehat. 

  Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan  

Buah Alpukat Bagi Kesehatan
Buah Alpukat
Kandungan dan Nutrisi Buah Alpukat
  • Mengandung zat gizi Jumlah
  • Mengandung Kalori 85,00 kalori
  • Mengandung Protein 0,90 gram
  • Mengandung Lemak 6,50 gram
  • Mengandung Karbohidrat 7,70 gram
  • Mengandung Kalsium (Ca) 10,00 miligram
  • Mengandung Fosfor (P) 20,00 miligram
  • Mengandung Zat Besi (Fe) 0,90 miligram
  • Mengandung Vitamin A 180,00 S.I.
  • Mengandung Vitamin B1 0,05 miligram
  • Mengandung Vitamin C 13,00 miligram
  • Mengandung Air 84,30 miligram
  • Mengandung Serat 1,40 gram
  • Mengandung Bagian dapat dimakan 61,00%

 Berikut 8 manfaat dari buah hijau ini untuk kesehatan tubuh :

1. Baik Untuk Ibu Hamil

Bagi Anda yang sedang hamil mengkonsumsi buah Alpukat sangat baik untuk perkembangan janin. Buah tersebut menjadi salah satu rekomendasi bagi wanita yang sedang hamil. The Hass Avocado Board ( HAB ) secara finansial juga mendukung beberapa uji klinis untuk mengetahui peningkatan konsumsi alpukat dengan efek positif pada diabetes, faktor risiko penyakit jantung dan pengelolaan berat badan, .

2 . Alpukat mengandung lemak baik .

Banyak orang beranggapan mengkonsumsi buah alpukat sama saja dengan mengkonsumsi lemak yang bisa menggemukan tubuh kita. Kandungan lemak pada buah alpukat memang cukup tinggi tetapi itu adalah lemak tak jenuh tunggal atau sering kita menyebut lemak baik. Lemak baik ini justru bermanfaat untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah.


3 . Sumber vitamin E tinggi.

Jika Anda meiliki penyakit sepertu stroke, jantung, katarak dan kanker lebih baiknya Anda rajin mengkonsumsi buah yang satu ini. Kandungan vitamin E yang sangat tinggi pada buah alpukat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga memiliki sifat anti penuaan pada kulit.

4 . Sumber serat.

Serat yang tekandung dalam buah alpukat berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dengan cara mengurangi kadar kolesterol yang terserap oleh tubuh. Selain itu serat larut dalam buah alpukat juga membantu menjaga fungsi usus dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan.


5 . Lebih sehat dan bebas residu insektisida

Salah satu buah yang aman dari pestisida adalah alpukat. Cairan pestisida yang disemprotkan pada kulit alpukat tidak mudah terserap karena alpukat memiliki kulit yang tebal, sehingga dengan demikian alpukat dikatakan sebagai buah organik.

6 . Alpukat merupakan makanan yang baik bagi otak

Selain makanana untuk tubuh, ternyata otak manusia juga membutuhkan asupan makanan sama seperti tubuh kita. Salah satu rekomendasi makanan yang baik untuk otak adalah buah alpukat. Kandungan omega 3 dan vitamin E yang terdapat pada buah alpukat bahkan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit alzheimer ataupun kerusakan otak lainnya.


7 . Membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik 

Alpukat mengandung zat karotenoid yang baik untuk kesehatan. Karetonoid ini termasuk pada golongan beta karoten dan likopen yang baik untuk lambung dan usus halus kita. Sehingga dengan mengkonsumsi alpokat ini sebelum memakan sesuatu akan membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang Anda makan hingga 5 kali lebih efektif dari biasanya.

8 . Dapat membantu mencegah stroke

Selain kandungan folat yang baik untuk Ibu hamil tenyata folat ini juga baik untuk mengurangi resiko stroke. Terbukti orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi seperti alpokat lebih sedikit yang terkena resiko stroke dari pada yang sedikit mengkonsumsi zat folat ini.

Fakta Unik 

Menurut pelaut Eropa pada tahun 1700 an kerap menggunakan buah alpukat untuk dijadikan sebagai selei untuk roti seperti halnya mentega. Buah tersebut memang dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk mengganti mayones, krim keju,mentega, ataupun selai lainnya yang biasa digunakan untuk mengolesi roti agar terasa lebih nikmat saat dikonsumsi

Masyarakat dulu banyak beranggapan bahwa buah yang satu ini merupakan sebuah simbol atau lambang cinta dan kesuburan karena buah alpukat sering kali ada beberapa yang berpasangan atau dua buah yang menempel menjadi satu.

Itulah beberapa manfaat dan kandungan gizi yang ada pada buah alpukat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Jadi bagi anda yang sudah tau manfaat buah tersebut tentunya tidak ada lagi perasaan ragu atau tidak menyukai buah tersebut untuk di konsumsi. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak