9 Manfaat Sayur Paprika Bagi Kesehatan Dan Kecantikan | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Sayur Paprika Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Wikimanfaat.com - Paprika dalam bahasa latin sendiri disebut dengan nama Capsium Annuum adalah sebuah tumbuhan penghasil buah yang memiliki rasa manis namun sedikit pedas. Paprika masih satu keluarga dengan terong atau Solanaceae. Paprika merupakan keluarga dari cabai, namun perbedaanya adalah paprika tidak mempunyai kandungan Capsicin. Capsicin merupakan zat yang membuat cabai berasa pedas.

   Khasiat Buah Paprika Bagi Kesehatan dan Kecantikan   

Manfaat Buah Paprika
Ilustrasi Sayur Paprika
#Kandungan Sayur Paprika
Semua jenis paprika mengandung zat gizi berupa karoten, vitamin C dan vitamin B. Untuk jenis paprika hijau menandung 0.9g protein, 4.4g karbohidrat, 0.3g lemak, 0.4g besi, 44mg fosfor, 7mg kalsium, 22mg vitamin B1, 0.002mg vitamin B2, 160mg vitamin C, citamin A 540 IU dan 0.4mg nyacin tiap 100gram.

Bagi kesehatan tubuh paprika sangat bermanfaat. Manfaat dari kandungan yang dimiliki paprika efektif memberikan dampak baik dalam metabolisme dalam tubuh, diantaranya adalah.

1. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin C dalam paprika baik untuk pengangkutan lemak, reaksi enzimatik, pembuatan kolagen, menjaga kolestrol normal dan menjaga kekebalan tubuh Anda. 

2. Baik bagi kesehatan mata dan kulit
Kandungan vitamin A dalam paprika akan membantu Anda bila memiliki masalah kulit seperti jerawat. Selain itu, dengan paprika Anda juga dapat mengobati masalah mata.

3. Meningkatkan kualitas sperma
Untuk sistem reproduksi, paprika merah dengan kandungan likopen membantu meningkatkan jumlah sperma, meningkatkan motilitas sperma dan menjaga kualitas struktur sperma.

Baca Juga : Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh

4. Membakar kalori
Paprika memiliki kelebihan mampu mempercepat metabolism dalam tubuh sehingga dapat membakar banyak kalori. Hal ini membuat paprika sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang dalam proses diet.
Buah Paprika

5. Mencegah kanker
Senyawa lycopene yang ditemukan dalam paprika mampu membunuh sel kanker mulut. Maka dari itu, paprika mampu menurunkan resiko terjadinya kanker prostat, kanker pancreas dan kanker payudara.

6. Pencegah penyakit jantung dan stroke
Vitamin B6 dan asam folat dalam paprika akan membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah bila dikombinasi dengan betakaroten dan vitamin C. Paprika juga mempunyai kandungan serat yang efektif menurunkan tingginya kadar kolesterol sebagai penyebab penyakit jantung.

Lihat Juga : Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

7. Mengatasi kebotakan
Kandungan silica dalam paprika dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral sehingga mencegah kerusakan rambut atau menjaga rambut Anda tetap tebal. Saat ini esktrak paprika banyak digunakan untuk membantu penumbuhan jaringan rambut baru. 

8. Baik untuk mengatasi radang sendi
Mengandung 160mg vitamin C membuat paprika sangat baik untuk mencegah maupun mengatasi radang sendi. Konsumsi secara teratur akan menghindarkan Anda dari penyakit ini.

Artikel Lainnya : Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh 

9. Mampu mencegah rasa sakit
Paprika memiliki kandungan capsaicins yang mampu menghalangi aliran rasa sakit yang berasal dari kulit menuju sumsum tulang belakang. Sehingga bila Anda keseleo atau memiliki memar, konsumsi paprika sangat dianjurkan untuk pengobatan.

Semoga dengan adanya manfaat sayur paprika tersebut bisa menjadi salah satu referensi untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan tentunya bisa terhindar dari berbagai penyakit yang berpotensi menyerang. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak