8 Manfaat dan Kandungan Buah Pamelo Bagi KesehatanTubuh | Serba Serbi komplit

8 Manfaat dan Kandungan Buah Pamelo Bagi KesehatanTubuh

Wikimanfaat.com - Jeruk bali atau pamelo memiliki daging buah yang segar dan juga banyak mengandung air. Buah ini dapat langsung dimakan setelah dikupas atau sebagai campuran rujak. Buahnya yang berwarna putih dapat dijadikan manisan setelah anda buang bagian kulit luarnya. Kayunya juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan gagang perkakas alat dapur.

  Khasiat Buah Pamelo Untuk Kesehatan  

Khasiat Buah Pamelo
Ilustrasi Buah Pamelo
#Kandungan Buah Pamelo

  • Mengandung kalium
  • Mengandung likopen
  • Mengandung zat pembersih darah
  • Mengandung pektin
  • Mengandung vitamin C
  • Mengandung vitamin B
  • Mengandung provitamin A
  • Mengandung vitamin B1
  • Mengandung Vitamin B2
  • Mengandung asam folat

Berikut ini beberapa manfaat sehat dari buah jeruk bali yang perlu untuk diketahui, antara lain :

1. Mengurangi risiko sakit jantung
Kandungan pektin didalam jeruk bali itu lebih banyak dibandingkan dengan jeruk pada jenis lain yaitu 3,9 %. Pektin berkhasiat mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga mengurangi risiko sakit jantung serta stroke.

2. Menangkal radikal bebas
Kandungan antibakteri dan antioksidan pada jeruk bali mampu menangani beberapa masalah pada lambung dan menyeimbangkan kadar asam lambung. Hal ini disebabkan oleh kandungan likopen yang dapat menangkal bakteri di dalam lambung serta sebagai penangkal radikal bebas atau antioksidan.

Baca Juga : Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh

3. Menurunkan kadar kolesterol
Selain kaya akan kandungan vitamin c, jeruk bali juga mempunyai kandungan zat lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan oleh kandungan pektin yang dinyatakan mampu untuk menurunkan kadar kolesterol sampai dengan 10% setiap15 gram.

4. Mencegah hipertensi
Kandungan kalium yang terdapat pada jeruk bali sangat tinggi dan dapat membantu kinerja otot serta syaraf manusia supaya dapat bekerja lebih baik. Dengan senyawa kalium tersebut, maka darah akan tersimpan dalam bentuk glikogen. Mengkonsumsi jeruk bali secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi untuk para penderita hipertensi.

Lihat Juga : Manfaat Dari Buah Durian Untuk Kesehatan

5. Mencegah osteoporosis
Kandungan likopen dan kalium pada jeruk bali sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kepadatan mineral pada tulang. Sengan rutin mengkonsumsi jeruk bali dapat membantu untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

6. Mencegah penuaan dini
Mengkonsumsi vitamin C yang cukup juga dapat mencegah penuaan dini, karena vitamin c pada buah jeruk bali dapat menghambat timbulnya enzim tirosinase yang sangat membantu memperbanyak pertumbuhan pigmen.

Artikel Lainnya : Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

7. Mencegah kram
Jeruk bali mengandung banyak kalium yaitu salah satu mineral yang sangat berperan penting dalam kontraksi otot dan transmisi syaraf. Apabila pernah mengalami kram kaki, mungkin anda sedang membutuhkan lebih banyak kalium.

8. Menjaga kesehatan ginjal
Senyawa kalium yang terdapat pada jeruk bali juga bekerja untuk menjaga kalsium supaya tidak membentuk batu pada ginjal. Ginjal akan menyaring kalium dan mengeluarkannya lewat urine. Oleh karena itu kalium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada ginjal.

Itulah beberapa manfaat dari pamelo untuk kesehatan tubuh. Buah yang banyak dijumpai di Indonesia dan dikenal dengan nama jeruk bali. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak