11 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

11 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Sawo merupakan buah yang mempunyai rasa manis. Kulit sawo mempunyai warna yang mencerminkan kulit masyarakat indonesia. Buah sawo mempunyai kandungan Protein, Karbohidrat, Fosfor, Zat Besi, Kalsium, Vitamin A, B1 dan C yang sangat baik untuk tubuh manusia.

  Khasiat Baik Buah Sawo Bagi Tubuh  

Manfaat Buah Sawo

#Kandungan Nutrisi Buah Sawo/100 gr
  • Bagian yang dikonsumsi (Bdd / Food Edible) 79 %
  • Energi (92 kkal)
  • Protein (0,5 gr)
  • Lemak (1,1 gr)
  • Karbohidrat (22,4 gr)
  • Kalsium  (25 mg)
  • Fosfor (12 mg)
  • Kandungan Zat Besi (1 mg)
  • Kandungan Vitamin A (60 IU)
  • Kandungan Vitamin B1 (0,01 mg)
  • Kandungan Vitamin C (21 mg)
Sumber Informasi Gizi : Berbagai berbagai referensi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan kandungan dapat berbeda setiap penelitian yang ada.

Berikut ini adalah 11 manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh :

1. Sawo Dapat Digunakan Untuk Mencegah Kanker Usus
Kandungan serat yang tinggi pada buah sawo sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Buah sawo dapat menyembuhkan beberapa penyakit pencernaan seperti sembelit dan juga dapat mencegah terserangnya penyakit kanker usus. Konsumsilah buah sawo secara rutin agar kesehatan sistem pencernaan Anda tetap terjaga.

2. Sawo Dapat Digunakan Untuk Mencegah Infeksi
Buah sawo mempunyai kandungan Vitamin A dan C yang tinggi. Vitamin A pada sawo berfungsi untuk menjaga selaput lendir dan kesehatan kulit. Vitamin C pada sawo berfungsi agar tubuh dapat melawan radiasi bebas. Kandungan Vitamin inilah yang berfungsi untuk mecegah tubuh kita terserang infeksi.

3. Sawo Dapat Menjaga Kesehatan Tulang
Sawo mempunyai kandungan Fosfor dan Kalsium yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang membutuhkan kalsium serta Fosfor untuk menjaga kekuatannya. Konsumsilah sawo secara rutin untuk menjaga kekuatan tulang anda.

Baca Juga : Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh

4. Sawo Dapat Menjaga Kesehatan Mata
Mata merupakan organ tubuh yang paling penting karena melaluinya kita dapat melihat berbagai objek yang ada didunia ini. Mata memerlukan nutrisi yang cukup agar kesehatan dan ketajamannya tetap terjaga. Sawo mempunyai kandungan Vitamin A yang dibutuhkan oleh mata.

5. Sawo Dapat Membuat Kulit Menjadi Lebih Cantik
Sawo mempunyai kandunga Vitain C dan E yang berfungsi untuk mencegah keriput serta penuaan dini pada kulit. Sawo merupakan salah satu buah yang tidak juga nikmat tetapi mempunyai sejuta manfaat. Konsumsilah sawo secara rutin untuk menapatkan kulit lebih cantik.

6. Sawo Dapat Menjaga Kesehatan Gigi
Gigi pada tubuh manusia digunakan untuk mengunyah makanan sebelum masuk kedalam sistem pencernaan. Buah sawo mempunyai kandungan Kalsium dan Fosfor yang bagus untuk gigi kita. Mengkonsumsi buah sawo setiap harinya dapat berkhasiat untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat.


7. Sawo Dapat Membantu Untuk Membentuk Sel Darah Merah
Sawo mempunyai kandungan asam folat sebanyak 14 mkg / 100 gram. Kandungan inilah yang digunakan untuk membantu pembentukan sel darah merah. Konsumsilah sawo untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

8. Sawo Baik Untuk Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan yang baik akan membuat tubuh kita maksimal untuk mengeluarkan racun pada tubuh. Sistem pencernaan yang tidak terjaga akan menyebabkan beberapa penyakit seperti sembelit dan diare. Sawo merupakan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar kesehatan usus kita tetap terjaga. Sawo mempunyai kandungan inflamasi yang baik untuk sistem pencernaan.

9. Sawo Dapat Digunakan Sebagai Obat Disentri
Penyakit disentri tidak hanya dapat diobati dengan obat-obatan saja tetapi juga dengan mengkonsumsi berbagai bahan alami seperti buah sawo. Buah ini telah teruji berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit disentri. Haluskanlah sawo yang masih muda kemudian campur dengan garam. Konsumsilah ramuan ini sebanyak 2 kali sehari setiap harinya untuk hasil yang maksimal.

Artikel Lainnya : Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh

10. Sawo Dapat Mengatasi Radang Mulut
Sawo mempunyai beberapa kandungan nutrisi dan vitamin yang dapat berfungsi untuk membunuh bakteri dalam mulut. Penyakit radang mulut dapat diatasi dengan merebus dauns sawo kedalam panci yang telah terisi sebanyak 2 gelas air. Gunakanlah ramuan tersebut untuk berkumur setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

11. Sawo Dapat Digunakan Untuk Menyembuhkan Peyakit Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya kandungan gula pada darah. Rebusan daun sawo serta durian ternyata mampu untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan juga rematik. Buatlah ramuan tersebut setiap hari agar penyakit diabetes anda menjadi berkurang.

Demikian manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh yang dapat dijadikan sebagai makanan penambah nutrisi agar tidak mudah terserang berbagai penyakit yang akan menyerang. Semoga bermanfaat bagi anda selaku pengunjung dan pembaca artikel ini bersama wikimanfaat.com.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak