11 Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

11 Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Di Indonesia sendiri, daun katul lebih dikenal dengan pelancar Air Susu Ibu ( ASI )Dengan banyaknya kandungan sayur-sayuran pada dau katuk, tentunya manfaat daun ini bagi kesehatan sangatlah banyak pula.

  Manfaat Baik Daun Katuk Bagi Tubuh Sehat  

Manfaat Daun Katuk
Ilustrasi Daun Katuk
#Kandungan Nutrisi Daun Katuk

  • Mengandung protein
  • Mengandung minyak esensial (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid)
  • Mengandung asam amino
  • Mengandung vitamin A
  • Mengandung vitamin B
  • Mengandung vitamin C
  • Mengandung mineral (kalsium, fosfor, zat besi), serta tujuh senyawa aktif lainnya
Kandungan diatas berdasarkan penelitian Prof. Dr. H. Sardjono O. Santoso DSFK, seorang farmakolog dari UI salah satu yang mencetuskan untuk memproduksi tablet sebagai pelancar ASI.

#Berikut beberapa manfaat daun katuk bagi kesehatan :


1. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan penyakit pada tulang akibat hilangnya kepadatan massa tulang sehingga tulang menjadi rapuh. Kandungan kalsium yang terdapat pada daun katuk tentu memungkinkan untuk menjaga kepadatan massa tulang sehingga terhindar dari osteoporosis.

2. Melancarkan ASI
Bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui, mengonsumsi daun katuk tentu sangat baik untuk melancarkan ASI. Seperti diketahui bahwa daun katuk mengandung senyawa minyak essensial, asam amino, vitamin A, B, dan C yang baik untuk ibu menyusui.

3. Mengobati Influenza

Daun katuk dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi influenza. Selain lebih sehat, daun katuk juga tidak menimbulkan efek samping. Daun katuk mengandung senyawa efedrin yang sama dengan yang ada pada obat flu sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi penderita influenza.

Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh

4. Sebagai Sumber Vitamin A

Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, daun katuk sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan sel, dan reproduksi.

5. Sebagai sumber Protein

Protein yang terkandung pada daun katuk lebih tinggi dibandingkan pada daun papaya dan daun singkong. Namun jumlah kalori dan karbohidrat lebih rendah dari kedua jenis daun tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Daun katuk mengandung vitamin A dan betakaroten yang tinggi sehingga dipercaya dapat memelihara kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan pada mata.

Lihat Juga : Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

7. Baik Untuk Kesehatan Pria
Dalam daun katuk terkandung zat aktif yang berguna untuk merangsang sintesis hormone testosterone,steroid, dan progesterone yang berfungsi untuk meningkatkan vitalitas seksual dan memacu kualitas sperma.

8. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kekurangan kalsium akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengonsumsi daun katuk karena daun ini memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.

9. Obat Anemia
Bagi penderita anemia, daun katuk dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut. Dengan kandungan zat besi yang ada pada daun katuk, tentu sangat baik untuk meregenerasi sel darah merah.

Artikel Lainnya : Manfaat Sayur Kol Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada daun katuk sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, melancarkan buang air besar, dan mencegah wasir.

11. Membantu program Diet
Tubuh yang ideal tentu sangat diinginkan oleh setiap orang, terutama kaum wanita. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, biasanya mereka melakukan program diet. Daun katuk yang memiliki kandungan lemak dan karbohidrat dapat membantu program diet.

Daun katuk di lingkungan aslinya dipanen ketika dibutuhkan saja, sehingga daun yang dikonsumsi merupakan daun yang segar. Namun saat ini tersedia daun katuk yang disimpan di lemari pendingin kedap udara sama seperti sayuran lainnya sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkannya. Jika Anda memiliki tanaman katuk, pilihlah daun dengan batang pendek untuk dipetik. Wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak