8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat.com - Buah duku sekilas mungkin akan tampak seperti buah langsat, tetapi jika anda sudah mencobanya akan terasa perbedaannya. Buah duku memiliki rasa yang manis dan berbeda dengan buah langsat yang memiliki rasa asam. Buah duku ini hanya bisa di dapatkan pada musim tertentu saja karena bukan jenis tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun. Banyak sekali manfaat dari buah duku yang bisa anda dapatkan.

  Manfaat Baik Buah Duku  

Manfaat Baik Buah Duku
Ilustrasi Buah Duku
#Kandungan Buah Duku Bagi Kesehatan/100 gram
  • Dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible)  64 %
  • Kandungan Energi (63 kkal)
  • Kandungan Protein (1 gr)
  • Kandungan Lemak (0,2 gr)
  • Kandungan Karbohidrat (16,1 gr)
  • Kandungan Kalsium (18 mg)
  • Kandungan Fosfor (9 mg)
  • Kandungan Zat Besi (1 mg)
  • Kandungan Vitamin A (0 IU)
  • Kandungan Vitamin B1 (0,05 mg)
  • Kandungan Vitamin C (9 mg)
Sumber Informasi Gizi : Beberapa publikasi dari kementrian kesehatan RI dan sumber lainnya.

Berikut beberapa manfaatnya, antara lain :

1. Menjaga kesehatan gusi
Buah duku mengandung vitamin D yang dapat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi. Bagian gusi memang sangat rawan terkena berbagai macam penyakit seperti gusi berdarah, sariwan dan iritasi yang dapat membuat anda menjadi malas makan. Sehingga membuat tubuh menjadi kekurangan nutrisi dan untuk mencegahnya anda dapat dengan rutin mengkonsumsi buah tersebut.

2. Melancarkan pencernaan
Serat di dalam buah duku cukup efektif untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan lancarnya sistem pecernaan, maka anda dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit atau kanker kolon yang disebabkan karena kotoran yang menumpuk dan tidak dikeluarkan.

Baca Juga : Manfaat Buah Jeruk Nipis Yang Jarang Diketahui

3. Menguatkan Gigi

Kandungan fosfor di dalam buah duku dapat berfungsi untuk menguatkan tulang dan gigi, serta membantu anda untuk terhindar dari osteoporosis pada saat memasuki usia lanjut.

4. Menjaga kadar kolesterol

Buah duku mengandung banyak vitamin C yang berguna bagi tubuh yang dapat mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit bagi tubuh.

Lihat Juga : Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan Tubuh

5. Mencegah Anemia
Kadar zat besi di dalam buah duku secara dapat meningkatkan kadar sel darah merah di dalam tubuh dan dapat memperlancar suplai darah dan berfungsi mengikat oksigen dengan mudah, yang menjaga anda tetap sehat dan terhindar dari gejala anemia seperti lemas, letih dan lesu.

6. Menurunkan berat badan

Kandungan di dalam buah duku dapat mengaktifkan senyawa carnitine yang sangat berperan di dalam pembakaran lemak pada tubuh. Sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan sehingga diet anda menjadi lebih mudah untuk dijalankan.

Artikel Lainnya : Manfaat Buah Strawberry Untuk Tubuh Sehat

7. Mencegah penuaan dini
Kandungan vitamin C di dalam buah duku dapat menjadi antioksidan yang sangat baik untuk melawan bahaya radikal bebas. Vitamin ini juga sangat efektif untuk mencegah beberapa tanda penuaan seperti gari halus dan juga flek hitam pada wajah.

8. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin E di dalam buah duku dapat berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dan melindunginya dari pengaruh buruk paparan sinar matahari, sehingga kelembaban kulit juga akan tetap terjaga dan membuat kulit menjadi sehat dan lebih cerah.

Itulah segala manfaat dari buah duku yang dapat anda rasakan apabila rutin mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka harus diimbangi dengan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan. Wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak