7 Manfaat dan Kandungan Sayur Asem Untuk Tubuh Serta Cara Pengolahannya | Serba Serbi komplit

7 Manfaat dan Kandungan Sayur Asem Untuk Tubuh Serta Cara Pengolahannya

Wikimanfaat.com - Sayur asem memiliki ciri khas tersendiri yaitu rasa asam dan pedas ketika memakannya. Sayur asem merupakan sayur yang dibuat dari berbagai campuran jenis sayuran dan kacang-kacangan. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat sayur asem di antaranya yaitu asam jawa, kacang tanah, kol atau kubis, kacang panjang, labu siam, nangka muda, melinjo, dan jagung manis. Masing-masing bahan tersebut memiliki bermacam kandungan zat dan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

  Khasiat Sayur Asem Untuk Kesehatan  

Manfaat Sayur Asem
Ilustrasi Sayur Asem
#Kandungan Nutrisi Sayur Asem/100 gram
  • Kandungan Energi (29 kkal)
  • Kandungan Protein (0,7 gr)
  • Kandungan Lemak (0,6 gr)
  • Kandungan Karbohidrat (5 gr)
  • Kandungan Kalsium (40 mg)
  • Kandungan Fosfor (61 mg)
  • Kandungan Zat Besi (3,1 mg)
  • Kandungan Vitamin A (47 IU)
  • Kandungan Vitamin B1 (0,1 mg)
  • Kandungan Vitamin C (0,3 mg)
Sumber Informasi Gizi : Beberapa dari hasil riset kementrian kesehatan RI dan sumber yang lain

#Keterangan :
Pada kandungan yang terdapat pada sayur asam dapat berbeda hasilnya karena beberapa faktor termasuk bahan yang dicampurkan dapat bebeda

Berikut 7 manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayur asem :
1. Mengobati Sakit TenggorokanAsam jawa yang digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat sayur asem dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit tenggorokan. Asam jawa tersebut juga biasa digunakan sebagai obat-obatan untuk meredakan batuk, sariawan, penyakit campak, dan penyakit darah rendah.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah dan Melancarkan Sistem Pencernaan
Bahan pelengkap lain untuk membuat sayur asem yaitu kacang panjang. Kacang panjang mengandung protein dan serat yang mampu membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan menjadikan sistem pencernaan menjadi lancar.

Baca Juga : Manfaat Sayur Kacang Panjang Untuk Kesehatan Tubuh

3. Mencegah Timbulnya Kanker dan Penyakit Jantung
Labu siam yang terdapat dalam sayur asem memiliki kandungan nutrisi dan karbohidrat yang cukup tinggi yang dapat melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker serta mampu mencegah munculnya penyakit jantung.

4. Mengontrol Penumpukan Lemak
Biji melinjo sebagai pelengkap sayur asem berkhasiat mengontrol penumpukan lemak. Hal tersebut disebabkan karena terdapat kandungan nutrisi yang cukup tinggi pada biji melinjo tersebut. Selain itu, biji melinjo juga bermanfaat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

Lihat Juga : Manfaat Sayur Daun Selada Untuk Kesehatan

5. Membantu Meregenerasi Sel Otot yang Rusak
Kacang tanah yang digunakan sebagai bahan pelengkap sayur asem mampu membantu meregenerasi sel-sel otot yang mengalami kerusakan sebab kacang tanah mengandung protein dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Kacang tanah tersebut dalam pengolahannya tidak digoreng sehingga memiliki kolesterol yang rendah.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Untuk memberikan cita rasa yang unik pada sayur asem dapat dilakukan dengan menambahkan nangka muda. Selain menjadikan sayur asem terasa lebih enak, nangka muda juga memiliki kandungan vitamin A yang mampu membantu menjaga kesehatan mata.

Artikel Lainnya : Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Jagung manis dan kubis dapat digunakan sebagai bahan pelengkap sayur asem. Manfaat dari jagung manis dan kubis tersebut yaitu meningkatkan serta melancarkan metabolisme tubuh. Jagung manis juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi karena jagung manis adalah sumber karbohidrat.

#Bahan Yang Perlu di Persiapkan
Untuk membuat sayur asem tentunya kata harus terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan agar dapat cita rasa yang lezat sehingga memungkinkan kita untuk selalu ingin mengkonsumsinya. Bertikut beberapa bahan yang biasa digunakan untuk pengolahan sayur Asem :

Siapkan 1/2 buah lengkuas,5 buah bawang merah,terasi secukupnya, tambahkan 2 buah daun salam,
kemudian asam secukupnya,gula merah,tambahkan masako secukupnya,labu siam kemudian biji melinjo secukupnya,tambahkan cabai hijau 2 buah,kacang panjang 4-5 buah kacang tanah secukupnya.

#Langkah-langkah dalam mengolah sayur asam
Langkah pertama yaitu Haluskan bawang merah dan terasi kemudian pipihkan lengkuas terus belah dua cabai hijaunya.
  • Ambil air secukupnya kemudian tuang kedalam panci (kurang lebih 1/2 panci air). Jika airnya sudah mendidih silahkan masukkan buah lengkuas,bawang merah dan terasi dan cabai hijau yang telah dihaluskan sebelumnya.
  • Langkah selanjutnya yaitu masukkan buah melinjo dan jagung yang tersedia lalu Aduk hingga merata kemudian tunggu hingga airnya kembali mendidih.
  • Selanjutnya tuangkan labu siam yang telah dipotong kecil terus kacang panjang,daun melinjo dan cabai yang telah dipotong.
  • Langkah terakhir yaitu tungakan gula merah secukupnya kemudian masako dan asam nya. Jika sudah dituang semua silahkan coba rasanya kemudian aduh sampai semua bumbu merata dan meresap lalu tunggu beberapa menit hingga matang dan sialahkan sayur asamnya disajikan. Cukup mudah kan cara pengolahan sayur asem. Silahkan praktekkan dirumah anda dan silahkan tambahkan bumbu jika masih ada yang diperlukan. Trimakasih !!!
Demikianlah 7 manfaat yang digunakan untuk membuat sayur asem. Dengan mengonsumsi sayur asem tersebut diharapkan tubuh akan semakin sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat. Wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak