7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan | Serba Serbi komplit

7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Wikimanfaat.com - Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman perdu yang biasa hidup di daerah dengan intensitas panas cukup tinggi dan curah hujan yang rendah ini, terdapat sekitar 60 jenis varietas anggur yang dikonsumsi dunia.

  Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan  

Buah Anggur Untuk Kesehatan
Buah Anggur
#Kandungan Nutrisi Buah Anggur

  • Mengandung 70% air,
  • Mengandung 20% zat gula
  • Mengandung 10% Asam galat,
  • Mengandung Glukosa,
  • Mengandung Asam fosfat,
  • Mengandung Mangan,
  • Mengandung Zat besi,
  • Mengandung Vitamin,
  • Mengandung Kalsium,
  • Mengandung zat Polifenol
  • Mengandung Resveratol sebagai antioksidan

Berikut adalah 7 manfaat buah anggur bagi kesehatan, antara lain :

1. Sumber Gula Darah yang Baik
Buah Aggur mengandung phytonutrisi dan 43%-53% kadar Glikemik sehingga cocok dikonsumsi orang yang mempunyai masalah keseimbangan gula darah.

2. Bahan Anti Mikroba
Kandungan piceatannol dan resveratrol dalam anggur dapat mengahsilkan fitonutrien yang sudah dikenal sebagai antimikroba dalam makanan.

Baca Juga : Manfaat Buah Strawberry Untuk Tubuh Sehat

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan piceatannol dan resveratrol dapat meningkatkan pelebaran dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah turun dan darah melewati dinding pembuluh darah dengan volume tekanan tinggi sehingga aliran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh meningkat.

4. Sumber Vitamin dan Mineral
Setiap porsi anggur merah memberikan 16 mg vitamin C (27% dari kebutuhan harian tubuh). Selain itu juga terdapat 22 mcg vitamin K (sekitar 28% dari diet harian), 0,4 mg thiamin ( 27% dari diet harian), vitamin E, vitamin A, Asam pantotenat, vitamin B6, folat, betacaroten, alphakaroten, 288 mg kalium, 0,2 mg tembaga, 0,5 mg zat besi dan mineral kecil lainnya seperti kalsium, magnesium, seng, selenum.

Lihat Juga : Manfaat Buah Pir Bagi Tubuh

5. Meningkatkan Nilai Kognitif
Pada sebuah penelitian Concord terhadap kosumsi harian jus anggur sebanyak 1-2 minggu selama beberapa bulan,menunjukkan peningkatan nilai pada peserta penelitian di California Verbal Learning Test.

6. Membantu Pemulihan Otot
Pada buah anggur terdapat antioksidan yang kuat yang dapat mendukung sel-sel organ, menghilangkan asam urat, menghilangkan racun dalam tubuh, dan mempermudah pemulihan cidera pada otot.

Artikel Lainnya : Khasiat Buah Nanas Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

7. Menjaga Kesehatan Kulit
Zat resveratrol pada buah anggur dapat memberikan perlindungan kulit dari sinar UVB matahari sehingga memberikan perlawanan pada kanker kulit, selain itu buah aggur juga sangat baik untuk melembabkan dan mencerahkan kulit wajah, untuk melembabkan kulit wajah, potong buah anggur menjadi 2 bagian, oleskan pada wajah, diamnkan selama 15 menit, gunakan rutin 2x sehari, pagi dan malam sebelum tidur, sedangkan untuk mencerahkan kulit wajah, ambil 1 sampai 2 buah anggur, kupas kulitnya lalu remas dengan tangan, campurkan dengan 2-3 tetes madu, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

Selain kaya akan kandungan nutrisi dan baik bagi kesehatan tubuh, di Indonesia buah anggur masih memiliki harga yang cukup mahal, selain itu, tidak dianjurkan mengkonsumsi buah anggur secara berlebihan,apalagi pada penderita diabetes, pastikan anda mencuci bersih buah anggur yang akan anda konsumsi agar terbebas dari sisa pestisida, tidak dianjurkan juga menaruh buah anggur terlalu lama di kulkas, segala sesuatu, termasuk buah tentu mempunyai kelebihan dan kekuragan masing-masing begitu pulabuah anggur, maka dari itu bijaklah dalam mengkonsumsinya. Wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak