9 Manfaat Sayur Jamur Bagi Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Sayur Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu jenis jamur yang paling sering Anda temukan adalah jamur merang. Jamur jenis ini memiliki harga yang terjangkau dan manfaat yang melimpah. Banyak orang yang mengkonsumsi jamur sebagai pengganti daging, terutama bagi mereka yang menjalankan program vegetarian.

  Khasiat Sayur Jamur Bagi Tubuh Sehat  

Manfaat Sayur Jamur
Ilustrasi Sayur Jamur
Kandungan gizi dalam jamur memang sangat baik untuk tubuh. Dalam 100gram jamur merang mengandung 5,94% protein, 1,56 % serat, 1,14 % abu, 0,59 % karbohidrat, 0,17 % lemak, 17mg fosfor, 1,9mg besi, 0,15mg vitamin B1, 0,75mg vitamin B2 dan 12,40mg vitamin C.

Bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat jamur lebih dalam, berikut ulasannya.

1. Bagi Anda penderita diabetes, sebaiknya mulai mengkonsumsi jamur merang. Jamur jenis ini mengandung insulin alami yang dibutuhkan penderita diabetes. Kandungan lemak yang rendah juga dapat digunakan sebagai pengganti karbohidrat yang biasanya didapat dari nasi. Selain itu, kandungan antibiotiknya dapat bermanfaat untuk menghindari infeksi dari luka diabetes.

2. Kandungan kolesterol yang rendah serta tidak mengandung lemak jagat membuat jamur sehat untuk dikonsumsi. Memiliki kandungan enzim dan serat juga membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik dan mudah dalam membakar kolesterol.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh karena jamur merang mengandung ergthioneine yaitu antioksidan. Kandungan antioksidan dalam jumlah tinggi efektif untuk menjaga tubuh Anda tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari radikal bebas. Dapat juga membantu penyembuhan luka berbisul dengan kandungan vitamin A,B dan C didalam jamur.

4. Jamur merang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker penyebab kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan beta-glukan dan asam linoler terkonjugasi menyebabkan efek karsinogenik. Beta-glukan berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker sedangkan asam linolet dapat menurunkan efek hormone estrogen yang menjadi penyebab timbulnya kanker payudara.

5. Jamur merang membantu dalam program diet Anda karena memiliki kandungan lemak hanya 0,17%. Ditambah protein yang tinggi didalamnya yang baik untuk pencernaan.

6. Mencegah anemia karena memiliki kandungan zat besi sebagai bahan pembuatan darah. Dengan zat besi yang terpenuhi maka Anda tidak akan kekurangan darah penyebab anemia.

7. Jamur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa pertumbuhan karena proteinnya yang tinggi dibandingkan putih telur. Terlebih kandungan kolesterol yang rendah sehingga pertumbuhan dapat berjalan maksimal.

8. Memperkuat tulang Anda karena memiliki vitamin D dan kalsium yang tinggi. Dengan konsumsi jamur merang maka tulang Anda akan terhindar dari pengeroposan.

9. Kesehatan jantung akan terjaga baik dnegan konsumsi jamur merang secara teratur. Hal ini disebabkan mineral yang tinggi dalam jamur merang yaitu kalium dan tembaga. Dengan sifat anti bakteri pada tembaga akan menjaga organ dari serangan berbagai bakteri penyebab penyakit. 

Itulah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan bisa menjadi resep sayur baru anda dirumah agar kesehatan tetap selalu terjaga dengan baik. 

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak