9 Manfaat Buah Belimbing Untuk Tubuh | Serba Serbi komplit

9 Manfaat Buah Belimbing Untuk Tubuh

Buah belimbing merupakan buah yang sedikit sekali peminatnya dibandingkan dengan buah lainnya. Rasa dari buah belimbing ini manis dan juga mengandung serat yang tinggi serta paling mudah ditemukan sebagai buah campuran dalam rujak. Di dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa 1 buah belimbing mengandung vitamin yang baik untuk tubuh,


Manfaat Baik Buah Belimbing Untuk Tubuh 

Manfaat Buah Belimbing
Ilustarasi Buah Belimbing
#Kandungan Buah Belimbing/Biji
  • Mengandung energi
  • Mengandung gula
  • Mengandung karbohidrat
  • Mengandung dieet serat
  • Mengandung protein
  • Mengandung lemak
  • Mengandung Vitamin B5
  • Mengandung folat
  • Mengandung vitamin C
  • Mengandung kalsium
  • Mengandung fosfor
  • Mengandung seng 
Berikut beberapa manfaat buah belimbing untuk tubuh, antara lain :
1. Untuk pengobatan jerawat
Buah belimbing bisa untuk mengobati jerawat, dengan cara persiapkan 5 buah belimbing segar. Kemudian cuci dan blender dengan ditambahkan sedikit garam. Lalu tempelkan pada kulit yang berjerawat dan lakukan setiap pagi dan sore secara rutin.

2. Untuk pengobatan tekanan darah tinggi

Anda siapkan 5 buah belimbing, lalu dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah sarapan.

3. Untuk obat batuk
Anda ambil daun, bunga dan buah belimbing, masing-masing sama banyaknya yang dibutuhkan untuk pengobatan direbus dengan air 3 gelas sampi mendidih selama 30 menit, dan minum airnya.


4. Untuk pengobatan diabetes
Sementara untuk penderita diabetes, anda siapkan 6 buah belimbing, kemudian dihaluskan dan direbus dengan 1 gelas air sampai air menjadi setengahnya, minum 2 kali sehari.

5. Untuk pengobat gondok
Kompreskan pada bagian gondok yang sakit dengan menggunakan 10 ranting muda belimbing neserta daun dan 4 butir bawang merah yang dihaluskan.

6. Untuk pengobatan panu
10 buah belimbing dicuci dan ditumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih dan biji asam jawa, lalu hancurkan sampai halus. Setelah itu gosokkan kekulit yang ada panunya. Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

7. Untuk kulit cantik
Rutin mengkonsumsi jus belimbing akan membuat kulit terlihat jauh lebih sehat, bercahaya dan cantik. Ini karena kandungan vitamin C serta zinc pada belimbing yang cukup tinggi.

8. Mengurangi rambut uban

Berbagai mineral serta vitamin didalam jus belimbing sangat bermanfaat mengurangi kondisi beruban pada rambut. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat menjaga sel-sel tubuh lainnya ketika mengalami penuaan dini.

9. Untuk pengobatan rematik

Sebanyak 100 gr daun belimbing muda, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci lalu ditumbuk halus, kemudian tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi bubur. Setelah itu tempelkan adonan kebagian yang sakit. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari.


Itulah beberapa. Selain manfaat yang disebutkan diatas, buah belimbing juga memiliki efek samping bagi tubuh, yaitu buah belimbing yang manis mengandung asam oxalat yang dapat memberikan reaksi negatif pada ginjal, sehingga untuk anda yang mempunyai masalah pada ginjal, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi belimbing. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak