11 Manfaat Buah Jagung Untuk Kesehatan | Serba Serbi komplit

11 Manfaat Buah Jagung Untuk Kesehatan

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan dunia selain gandum dan padi. Tanaman ini banyak mengandung sumber karbohidrat dan nutrisi yang tinggi, yang membuatnya dapat diolah menjadi makanan ringan.


Manfaat Buah Jagung
Ilustrasi Buah jangung-
Kandungan nutrisi dalam 100gram jagung:

  • Kandungan Energi 129 kal
  • Kandungan Protein 4,1 g
  • Kandungan Lemak 1,3 g
  • Kandungan Karbohidrat 30,3 g
  • Kandungan Serat 2,9 g
  • Kandungan Kalsium 5 g
  • Kandungan Fosfor 108 mg
  • Kandungan Zat Besi 1,1 mg
  • Kandungan Vitamin A 117 IU
  • Kandungan Vitamin B1 0,18 mg
  • Kandungan Vitamin C 9 mg
  • Kandungan Air 63,5 g

Berikut beberapa manfaat dan khasiat jagung untuk kesehatan, antara lain :

1. Kaya akan asam linoleat
Tubuh manusia tidak dapat memproduksi asam linoleat, oleh karena itu harus di dapatkan dari makanan, yaitu salah satunya berasal dari minyak jagung. Asam linoleat dibutuhkan untuk asupan dan transportasi vitamin D.

2. Mencegah anemia
Bila anda mengalami kurang darah, maka jagung manis merupakan alternatif penambah sel darah merah dan zat besi. Vitamin B12 yang terdapat pada jagung mampu untuk mencegah anemia. Selain itu kandungan B2 nya dapat berfungsi mempertahankan keseimbangan sel pada tubuh.

3. Dapat menurunkan asam urat
Kalium berperan sangat penting sebagai elektrolit yang dapat membantu mengatur tingkat cairan dan menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kalium bersifat diuretik yang dapat melancarkan pembuangan air seni, menurunkan kadar asam urat dan mencegah penyakit batu ginjal.


4. Sumber beta karoten
Beta Karoten diperlukan untuk membentuk vitamin A di dalam tubuh. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan mata dan juga kulit.

5. Sumber mineral
Mineral penting yang bisa diperoleh dari jagung adalah fosfor yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu magnesium juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda.

6. Mengendalikan kolesterol
Mengkonsumsi minyak kulit jagung dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Vitamin C, bioflavinoids dan karotenoid yang terkandung dalam jagung dapat menjaga jantung tetap sehat dengan cara mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah di dalam tubuh.

7. Sumber asam pentotenat vitamin B5
Jagung sangat kaya akan kandungan vitamin B5 dan berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak dan protein untuk diubah menjadi energi tubuh.

8. Sumber asam folat
Ibu hamil membutuhkan asam folat yang sangat berpengaruhi untuk pertumbuhan janin. Asam folat mencegah bayi lahir cacat. Selain itu konsumsi jagung pada ibu hamil juga dapat untuk memperlancar ASI.

9. Anti aterogenik
Minyak jagung bersifat anti aterogenik yang mempunyai efek pada penurunan kadar kolesterol, sehingga mencegah risiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

10. Sumber protein
Protein pada jagung membantu membentuk jaringan otot baru dan meningkatkan kerja sel didalam tubuh. Selain itu protein juga bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pelepasan senyawa insulin.

11. Sumber serat tinggi
Jagung merupakan sumber serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Mengkonsumsi jagung dapat mencegah sembelit, risiko kanker usus besar dan wasir serta dapat memberi rasa kenyang yang lebih la

Jagung banyak tumbuh di Indonesia, oleh karena itu anda dapat memperolehnya dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak