6 Manfaat Jitu Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

6 Manfaat Jitu Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh

Buah cermai merupakan buah yang tidak tumbuh di sembarang tempat. Bentuk dari buah ini seperti bunga yang padat dan berwarna kuning terang kehijauan serta bagian dagingnya berwarna kuning keputihan. Buah cermai biasanya lebih sering dijadikan manisan karena rasanya yang asam.


Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan 

Manfaat Buah Cermai
Ilustrasi Buah Cermai
Kandungan Buah Cermai/100 Gram

  • Mengandung 28 kkal energi
  • Mengandung 91,7 g air
  • Mengandung 0,7 g protein
  • Mengandung 6,4 g karbohidrat
  • Mengandung 0,6 g serat kasar
  • Mengandung kalsium 5 mg
  • Mengandung 23 mg fosfor
  • Mengandung 0,4 mg besi
  • Mengandung 0,01 mg thiamin
  • Mengandung riboflavin 0,05 mg
  • Mengandung 8 mg vitamin C

Berikut manfaat buah cermai yang menguntungkan dari bagi kesehatan, antara lain :

1. Mengobati sembeli
Manfaat buah cermai bagi kesehatan salah satunya adalah untuk mengobati sembelit. Buah ini mengandung banyak vitamin C, oleh karena itu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah sembelit. Sehingga buah ini cocok dikonsumsi untuk membersihkan usus pada tubuh anda.

2. Mengatasi asma
Buah cermai ternyata dapat mengobati penyakit asma. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus potongan beberapa buah cermai dengan air secukupnya. Tambahkan bawang merah, lengkeng, akar kara, dan sedikit gula sesuai dengan selera. Minumlah sampai nafas anda terasa kembali pulih.


3. Meringankan kanker
Buah cermai juga memiliki manfaat untuk kesehatan anda khususnya bagi penderita kanker. Pengobatan pada penyakit kanker memang memakan biaya yang cukup banyak. Tetapi cobalah anda konsumsi buah cermai untuk mendapat hasil yang cukup baik. Caranya rebus buah cermai dengan campuran daun belimbing, gadung cing, bidara upas dan gula. Setelah itu anda minum.

4. Menyehatkan kulit
Vitamin C yang terdapat pada buah cermai dapat memberi manfaat untuk kulit. Kulit akan menjadi cerah, bersih, dan juga lembut. Vitamin C sangat berperan penting untuk masalah kesehatan kulit. Oleh karena itu cobalah mengkonsumsi buah ini dalam bentuk apapun karena vitamin C nya yang tinggi. Apa lagi bagi anda yang sangat bermasalah dengan jerawat dan kulit kusam.

5. Untuk pelangsing
Buah cermai menjadi buah yang dapat membantu melangsingkan tubuh, katena dapat melancarkan pencernaan. Makanan yang asam dapat membuat perut anda menjadi singset. Oleh karena itu buah cermai yang memiliki rasa asam juga dapat membuat perut anda menjadi lebih singset apabila dikonsumsi secara rutin.

6. Untuk imun
Buah cermai yang mengandung banyak nutrisi dapat menambah kekebalan tubuh atau sistem imun anda. Nutrisinya yang cukup sebagai penambah nutrisi rutin untuk tubuh. Hal ini juga dikarenakan adanya senyawa flavanoid yang menjadikan buah cermai mengandung antioksidan. Tetapi anda juga jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.


Itulah beberapa untuk kesehatan tubuh. Karbohidrat yang tidak begitu banyak membuat buah ini tidak begitu mengenyangkan ketika dikonsumsi. Kematangan buah juga dapat dilihat dari warna kuningnya yang berbeda – beda. Tetapi tetap saja, mau yang mentah atau matang, rasanya akan sama tetap asam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak