Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan | Serba Serbi komplit

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Bagi Anda yang hobi memasak, pasti mengenal daun bawang. Hampir di seluruh masakan Indonesia mengandung daun bawang, sebut saja bubur ayam, bakso, mie ayam, soto, sop, dan lainnya. Hal ini dikarenakan aroma khas dari daun bawang yang menambah cita rasa pada makanan. Namun, tidak hanya untuk masakan, daun bawang ternyata bermanfaat banyak bagi kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat pelengkap masakan satu ini?

 Khasiat Daun Bawang Untuk Kesehatan 

Daun Bawang
Daun Bawang

Kandungan dan Nutrisi Daun Bawang

  • (Food Weight) = 100 gram 
  • ( Food Edible) = 67 %
  • Energi Daun Bawang = 29 kilo kalori
  • Protein Daun Bawang = 1,8 gram
  • Lemak Daun Bawang = 0,7 gram
  • Karbohidrat Daun Bawang = 5,2 gram
  • Kalsium Daun Bawang = 55 m gram
  • Fosfor Daun Bawang = 39 m gram
  • Zat Besi Daun Bawang = 7 m gram
  • Vitamin A Daun Bawang = 1365 IU
  • Vitamin B1 Daun Bawang = 0,09 m gram
  • Vitamin C Daun Bawang = 37 m gram

 1  Membantu Kerja Kardiovaskuler

Mengandung Flavanoid kaempferol, daun bawang membantu melindungi mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah, termasuk yang diakibatkan oleh reaksi molekul oksigen yang berlebihan. Malah, mekanisme perlindungan ini meningkatkan produksi Nitric oxide atau nitrogen monoksida yang membantu pelebaran dan relaksasi pada pembulu darah dan penurunan 
asymmetric dimethylarginine yang bisa menghambat pembentukan gas nitrogen monoksida.

 2  Mencegah Konstipasi

Kaya akan serat, daun bawang dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah terjadinya konstipasi. Daun bawang juga membuang sisa-sisa makanan dalam perut, sehingga juga berperan sebagai detoksifikasi tubuh.

 3  Antiseptik

Daun yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai antiseptik yang mencegah infeksi. Selain itu, daun bawang juga dapat mempercepat pembekuan darah dan menjadikan luka lebih cepat sembuh.

 4  Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun bawang dapat menjadi katalisator untuk antibodi sehingga ketahanan tubuh Anda akan semakin kuat. 

 5  Kaya Mineral dan Rendah Kalori

Daun bawang termasuk salah satu bahan makanan yang kaya mineral, salah satunya kalsium yang memperkuat tulang. Selain itu, terdapat pula zat besi dan kalium, yang baik untuk pembentukan sel darah merah.

 6  Mencegah Diabetes

Bahan pelengkap masakan ini juga ternyata dapat mencegah degradasi insulin serta meningkatkan metabolisme glukosa. Hal ini dikarenakan adanya kandungan phytokimia di dalamnya.

 7  Melancarkan Pre-menstrual Syndrome

Bagi wanita, PMS adalah suatu gejala fisiologis yang membuat perasaan tidak nyaman, apalagi kalau datangnya secara tidak teratur, membuat Anda, para wanita, merasa cemas. Dengan daun bawang, Anda dapat mencegah PMS ini, mempertahan dan mengatur siklus mens agar datang secara teratur. 

 8  Menghilangkan Jerawat

Tidak disangka, daun bawang juga bisa menghilangkan jerawat! Hal ini karena dalam daun bawang terdapat zat allicin, yang juga berfungsi sebagai antibakteri. Antibakteri ini yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

 9  Meremajakan kulit

Vitamin C tidak hanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga dapat mencegah pigmentasi kulit, yang terjadi saat penuaan. Selain itu, kandungan vitamin C itu juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

10  Mencegah Penuaan Dini

Daun bawang juga dapat berfungsi sebagai zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang bisa jadi akan merusak kulit.

11 Perawatan rambut

Ekstrak daun bawang yang dicampur dengan minyak zaitun dapat bermanfaat untuk rambut rusak, kering, dan bercabang.

12  Mengobati Cacingan

Dengan memakan makanan yang mengandung daun bawang, Anda bisa mengobati anak yang terkena cacingan, terutama dalam sop, dimana senyawa dalam daun bawang masih utuh.

13  Meningkatkan Kualitas Tidur

Daun bawang juga dapat berfungsi sebagai obat penenang alami, sehingga dapat memperbaiki kualitas tidur, mencegah depresi, dan mengendalikan homosistein, yang apabila berlebihan dapat mengakibatkan kematian.

Fakta Unik

Berbicara tentang fakta unik,tentu saja daun bawang sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan diantaranya yaitu memiliki protein ferroportin yang berfungsi untuk zat besi yang tersimpan di dalam sel untuk keluar sel. Selain itu daun yang satu ini juga di percaya baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung agar terhindar dari serangan penyakit dan mengandung mangan dan mineral yang dapat mempertahankan kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh manusia. Fakta unik lainnya adalah daun bawang sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi gastrointenstinal ( Infeksi yang yang terjadi dalam perut atau usus disebabkan karena beberapa jenis virus yang menyerang.

Demikianlah beberapa informasi tentang Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan,harapannya dapat berguna bagi anda pembaca artikel ini dan dapat di sampaikan atau di share manfaat daun tersebut agar kesehatan kita semua selalu terjaga. Trima kasih untuk kunnjunganya untuk membaca artikel ini.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak