Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Lengkap | Serba Serbi komplit

Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Lengkap

Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Tubuh - Bernama latin Abelmoschus manihot L, daun ini disebut juga dengan sayur yondok di Indonesia. Ia bisa dikonsumsi sebagai sayur, tetapi juga memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

  Khasiat Daun Gedi Untuk Kesehatan  


Kandungan dan nutrisi 

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Riboflavin
  • Tiamin Mineral
  • Kalium dan Kalsium
  • asam folat 
  • ekstrak etanol 
  • zat kolagen
  • aktivitas petroleum eter
  • ekstrak methanol
  • komponen flavanoid
  • Alkaloid ( dapat menetralkan asam didalam tubuh )
  • Tanin, merupakan senyawa polifenol yang dapat mengobati peradangan
  • Terpenoid (sebagai antioksidan )
  • Saponin ( dapat menambah rasa gurih dan bahan pengental makanan alami)
  • Flavonoid (zat anti radang dan dapat memperkuat kapiler darah)
  • Polifenol ( kesehatan jantung dan  dapat melindungi dari radikan bebas )
  • Serotonin ( sebagai antidepresan )

 1  Mengobati Maag

Daun gedi mempunyai sifat alkali, yaitu menjaga tingkat basa dalam darah. Artinya, daun ini baik bagi penderita sakit maag, yang mempunyai kadar asam tinggi pada lambungnya.


 2  Menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler


Kandungan flavonoid pada daun gedi dapat membantu melebarkan serta merelaksasi pembuluh darah, sehingga mencegah terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Maka, daun ini baik bagi pen derita jantung.

 3  Mencegah osteoporosis

Pada seorang tikus yang telah diangkat ovariumnya, diberikan daun gedi secara berkala. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbaikan pada kepadatan tulang, sehingga daun gedi diyakini dapat mencegah osteoporosis.

 4  Menurunkan kadar kolesterol

Darah yang mengandung kolesterol rentan akan risiko arterosklerosis, radang pembuluh darah akibat penumpukan plak ateromatus. Konsumsi daun gedi akan memberikan efek perlindungan pada sel.


 5  Mengobati diabetes


Kandungan flavonoid dalam daun gedi juga dapat mengontrol gula darah, sehingga baik bagi penderita diabetes.


 6  Memperkuat janin


Daun gedi ini mengandung asam folat yang membantu perkembangan janin semasa ibu hamil. Selain itu, asam folat ini diyakini juga dapat meningkatkan produksi ASI selama bayi menyusui.

 7  Meredakan depresi

Ekstrak etanol yang terkandung dalam daun gedi mempunyai sifat antikonvulsan dan antidepresan, yang membuat orang yang mengonsumsinya merasakan ketenangan. Selain itu, daun gedi juga mengandung serotonin, zat yang juga dapat meredakan kecemasan seseorang.

 8  Memperlancar pencernaan

Untuk memperlancar pencernaan Anda dapat membuat jus daun gedi. Fungsi minuman ini adalah membersihkan saluran pencernaan serta membuang sampah pada usus. Selain itu, daun gedi juga bermanfaat dalam meremajakan gerakan usus.

 9  Mencegah anemia

Daun gedi juga mengandung zat besi yang tinggi, sehingga akan membantu pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah.

 10  Untuk proses penyembuhan luka

Daun ini juga bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka karena adanya senyawa petroleum eter dan ekstrak methanol yang terkandung di dalamnya.

 11  Mencegah gangguan pernapasan

Daun segar gedi yang dicampur dengan biji fenugreek, lalu ditambahkan dengan Ammonium Korida dan madu, campuran tersebut efektif untuk dapat menyembuhkan penyakit bronkitis,asma dan batuk yang kering. Tentu saja, hal ini juga memperkuat daya tahan pada pernapasan.

 12  Anti-inflamasi

Kandungan polifenol dan flavanoid dalam daun gedi juga dapat berperan dalam mengatasi peradangan karena infeksi.

13 Meredakan gangguan kemih

Efek diuretik pada daun gedi ini dapat dihasilkan dari campuran daun gedi dengan air kelapa. Hasil campuran ini akan menggabungkan nitrat dan potassium dalam daun gedi dan air kelapa.

14  Kaya protein dan vitamin A

Mungkin Anda tahu bahwa bayam juga mengandung protein, tetapi kadar protein pada daun gedi ternyata lebih banyak. Bahkan, daun gedi mengandung vitamin A yang berguna untuk indera penglihatan.

15  Kaya akan vitamin C

Vitamin C pada daun gedi setara dengan jumlah kandungan pada pisang. Hal ini membuat daun gedi kaya akan serat dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.


16 Antiviral


Daun gedi juga dapat berfungsi sebagai antiviral, atau antivirus, yang meredakan rasa sakit.



17 Menurunkan tekanan darah


Kandungan flavonoid di dalam daun gedi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.


Fakta Unik


Buah gedi merupakan sebuah tanaman pada umumnya yang dijadikan sebuah sayur sebagai pelengkap rasa pada bubur manado dan tanaman ini juga cukup mudah didapat di daerah papua. Bukan hanya terdapat di negara Indonesia, bahkan kepulauan pasifik, tanaman yang satu ini sering kali dimasak dengan santan. Wilayah asia pada umumnya juga memasaknya dengan cara menumis dengan tambahan rempah beberapa suing bawang putih sehingga rasanya lebih nikmat untuk di cicipi. Selain itu ternyata fakta unik lainnya Di Negara Karibia, daun gedi ini sendiri dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah pada sistem reproduksi terhadap wanita. Hal ini disebabkan karena daun gedi tersebut dapat mengatur gula darah. Selain itu daun gedi juga bersifat afrodisiak atau dapat meningkatkan gairah seksual. Tanaman ini juga memperbaiki fungsi seksual pada wanita.

Demikianlah beberapa Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Tubuh dan mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan harap di share keteman dan keluarga jika dianggap bermanfaat.
By : Dede Taufiq

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak