Manfaat Sayur Daun Selada Lengkap | Serba Serbi komplit

Manfaat Sayur Daun Selada Lengkap

Bila mengenal selada pasti yang pertama terlintas dalam pikiran Anda adalah lalapan segar pendamping makanan berprotein hewani. Walaupun hanya dijadikan sebagai makanan pendamping, namun khasiat dari selada tidak dapat di ragukan lagi. Khasiat yang luar biasa banyak akan Anda temui dalam daun selada karena merupakan sumber klorofil yang baik, vitamin K dan juga kaya akan garam mineral dengan berbagai unsur alkali yang sangat mendominasi.


  Khasiat Sayur Daun Selada  

Sayur selada
sayur selada
Kandungan dan Nutrisi Sayur Selada
  • Mengandung kalsium
  • Mengandung Serat
  • Mengandung Folat
  • Mengandung Zat besi
  • Mengandung vitamin A 
  • Mengandung vitamin B6
  • Mengandung Asam folat
  • Mengandung likopen
  • Mengandung Kalium
  • Mengandung Zeaxanthin
  • Mengandung vitamin C Berfungsi untuk menjaga timbulnya faktor penuaan
  • Mengandung Vitamin E untuk kesehatan kulit dan perbaikan dari sinar UV
  • Mengandung Vitamin K, berfungsi untuk pembekuan darah
  • Mengandung alkaloid yang berfungsi untuk efek terapeutik.

Untuk mengetahuinya, berikut 9 manfaat dari daun selada yang akan Anda dapatkan :

1. Membantu dalam pengobatan diabetes

Diabetes dipicu karena kandungan gula yang tinggi dalam tubuh. Dengan selada yang memiliki kandungan gula yang rendah maka baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan gula pada selada masih dalam batas aman untuk dikonsumsi penderita diabetes dalam jumlah banyak sekalipun.

2. Membantu proses pertumbuhan

Protein nabati dalam selada baik untuk pertumbuhan karena memiliki efek samping yang rendah. Protein ini akan membantu memperbaiki sel yang rusak sehingga pertumbuhan tubuh akan lebih baik, terutama pada anak-anak.

3. Mencegah Sariawan


Masalah dalam mulut berupa penyakit sariawan sering ditemui semua orang. Meskipun tergolong penyakit ringan, namun bila sering datang juga akan merepotkan Anda. sariawan dapat menggangu napsu makan sehingga bisa memicu timbulnya penyakit lain. Pencegahan sariawan dapat dilakukan dengan konsumsi vitamin C dalam daun selada.

4. Membantu Mengatasi Kekurangan Darah


Kekurangan darah akan membuat Anda mudah pusing dan lemas dalam menjalankan aktivitas. Keadaan ini pasti menghambat kegiatan sehari-hari. Maka untuk mengatasi masalah ini Anda dapat mengkonsumsi selada sebagai penambah darah yang mampu menambah zat besi bagi tubuh.

5. Mampu mencegah resiko cacat kandungan

Konsumsi pada masa kehamilan akan membantu mencegah terjadinya cacat kandungan. Dengan kandungan vitamin K dalam selada, resiko cacat pada kelahiran bayi dapat di minimalisasi.

6. Mengatasi Insomnia

Insomnia kini merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat, khususnya bagi pekerja. Kandungan lactucarium dalam selada menjadikan Anda lebih mudah tertidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Selada akan membuat Anda rileks dan mudah untuk mengantuk.

7. Menjaga Kekekalan Tubuh

Kandungan lemak sehat berupa omega 3 dan omega 6 dalam selada mampu memberikan manfaat besar bagi tubuh Anda. lemak sehat ini akan menjaga daya tahan tubuh tetap stabil sehingga terhindar dari serangan penyakit.

8. Membantu Proses Diet


Ketika Anda sedang dalam proses diet, konsumsi selada akan sangat mendukung dalam upaya penurunan berat badan. Kandungan kalori yang rendah akan menurunkan kelebihan berat badan.

9. Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Memiliki kandungan mineral yang tinggi membuat selada mampu menetralisir racun dalam tubuh Anda. Selada dapat digunakan sebagai detoksifikasi alami tanpa efek samping bagi Anda sehingga mampu membebaskan dari resiko keracunan.

Fakta Unik

merupakan Sayuran hijau yang telah populer diberbagai daerah baik di indonesia maupun di luar indonesia sebagai tumbuhan hijau untuk kesehatan dan berperan penting untuk program diet yang seimbang. Buah selada juga merupakan salah satu sayuran tertua yang dikenal oleh manusia. Fakta lainnya yaitu sayuran tersebut selalu masuk dalam daftar kategori sayuran dengan gizi yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi sayur selada juga dapat memberikan nutrisi yang tinggi dan oksigen yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi sehingga membuat kulit tampak sehat dan selalu cerah.

Saya kira itulah beberapa khasiat sayur daun selada untuk kesehatan, semoga selalu bermanfaat bagi anda semua selaku pembaca.

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak