Manfaat Buah Melon Lengkap Kesehatan | Serba Serbi komplit

Manfaat Buah Melon Lengkap Kesehatan

Manfaat Buah Melon Lengkap Kesehatan - Tahu kah anda ?? Pada kesempatan kali ini saya mempunyai informasi menarik yang dapat saya bagikan, informasi kali ini akan membahas mengenai buah melon. Buah melon ini memiliki nama latin Cucumis Melo dan masih kerabat dekat labu, blewah, dan buah semangka. Buah yang manis dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi ini mengandung vitamin C, A, kalium, potasium, lemak, beta karoten, dan likopen. Kandungan nutrisinya yang cukup lengkap ini membuat melon memiliki manfaat untuk mengatasi stroke, diabetes, menyehatkan mata dan lain sebagainya. Tidak hanya penyakit itu saja, buah melon memiliki banyak manfaat lain yang kita perlukan, seperti apa sajakah manfaatnya ? Inilah dian informasi mengenai Manfaat Melon Lengkap Kesehatan

Manfaat buah melon bagi kesehatan 

manfaat buah lemon
ilustrasi buah lemon

Kandungan Nutrisi Buah Melon

Buah melon memiliki cita rasa yang lezat, buah ini akan lebih enak disantap pada cuaca panas apalagi jika dijadikan sebagai jus yang siap melegakan seluruh dahaga kita. Supaya tidak berlama-lama lagi langsung saja ini dia manfaat buah melon. Kandungan nutrisi 177 gram buah melon per takaran saji sebagai berikut :
  • Kalori - 60 gram
  • Kolestrol - 1 miligram
  • Sodium - 28 miligram
  • Karbohidrat - 16 gram
  • Dietary Fiber - 2 gram
  • Gula - 12 gram
  • Protein - 1 gram
  • Vitamin A - 5987 IU
  • Vitamin C - 65.0 miligram
  • Kalsium - 15,9 miligram
  • Zat Besi - 0,4 miligram
  • Potasium - 473 miligram
  • Beta Karoten
  • Likopen
Meskipun lemak jenuh, sodium , dan kolesterol pada buah ini sangat rendah, sebagian besar dari kalori buah ini berasal dari gula.

Berikut Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

 1  Mengencangkan Kulit Wajah
Buah melon mengandung kolagen yang dapat mengurangi efek penuan dini, sehingga kulit akan terasa lebih kencang dan halus. Selain itu, kolagen juga dapat memepercepat proses penyembuhan luka.

 2  Mengatasi Serangan Jantung
Buah melon memiliki kandungan likopen yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah kerusakan sel dan mencegah serangan jantung.

 3  Menjaga Kesehatan Mata
Buah melon mengandung beta karoten yang diolah oleh tubuh menjadi vitamin A, vitamin A ini beguna untuk meningkatkan ketajaman dan kesehatan mata. Maka mengkonsumsi buah melon secara rutin membuat mata kita tetap sehat.

 4  Membantu Proses Metabolisme Tubuh
Kandungan vitamin C pada buah melon bersifat sebagai antioksidan yang dapa mencegah radikal bebas sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik ini dapat melancarkan proses metabolisme.

 5  Menstabilkan Tekanan Darah
Buah melon memiliki kandungan Kalium yang berfungsi untuk menjaga kekentalan darah, sehingga tekanan darah kita akan tetap pada keadaan normal. Buah ini sangat aman dikonsumsi oleh penderita penyakit tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah.

 6  Mencegah Kanker
Buah melon sudah pasti mengandung karotenoid yang merupakan pigmen sebagai pemberi warna pada buah dan sayur. Karotenoid ini dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker payudara.

 7  Mencegah Diabetes dan Stroke
Buah melon ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah, maka dengan mengkonsumsi buah melon ini dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes dan stroke.

Fakta Unik

Buah melon berasal di Timur Tengah dan secara bertahap menyebar ke seluruh Eropa . Mesir dan Romawi kuno telah membudidayakan dan menikmati  khasiat buah melon. Biji melon diangkut ke Amerika Serikat oleh Columbus dan akhirnya dibudidayakan oleh penjelajah Spanyol di California . Kebanyakan orang tidak tahu bahwa melon berada dalam famili yang sama seperti labu dan mentimun . Jadi apa perbedaan antara melon dan labu ? labu dikategorikan kedalam sayuran karena penggunaannya, sedangkan melon dikenal sebagai buah dengan rasa manis dan berair .


Sekian manfaat tersembunyi dari buah melon yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita, akhir kata saya ucapkan terima kasih karena anda telah menyempatkan diri berkunjung ke website kami untuk menbaca artikel mengenai Manfaat Buah Melon. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua sahabat.

Baca Juga :

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak