4 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Lengkap | Serba Serbi komplit

4 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Lengkap

Wikimanfaat.com - Jika Anda memakan papaya jangan dahulu membuang bijinya begitu saja, karena ternyata biji papaya juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Selain buah dan daun pepaya ternyata biji semangkapun mempunyai berbagai kandungan vitamin yang baik untuk tubuh manusia jika dikonsumsi. Memang jarang ada orang yang mengkonsumsi biji pepaya ini karena rasanya yang kuat seperti rasa campuran merica hitam dan mustard.

  Khasiat Biji Pepaya  

Biji pepaya
Biji Pepaya

Kandungan Biji Pepaya
  • Mengandung protein
  • Mengandung lemak tak jenuh,
  • Mengandung asam oleat
  • Mengandung alkaloid
  • Mengandung steroid
  • Mengandung tanin
  • Mengandung minyak atsiri
  • Mengandung fenol
  • Mengandung flavonoid
  • Mengandung saponin anthraquinones
  • Mengandung anthocyanosides.
  • Mengandung zat antikolesterol yang hebat (dr. Wahyu Triasmara )
  • dan masih banyak yang lain.
Berikut ulasan tentang manfaat biji pepaya bagi tubuh Anda:

1. Biji Pepaya Untuk Mencegah Infeksi Parasit dan lainnya

Biji pepaya ternyata mengandung enzim proteolitik tinggi yang dapat membantu membersihkan parasit yang ada pada tubuh kita. Cara kerja enzim ini yaitu dengan memecah limbah protein yang nantinya dapat memecah parasit dan telurnya sehingga tidak berkembang. Selain enzim proteolitik biji papaya ini juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang dikena dengan nama carpaine dan dipercaya sangat efektif dalam membunuh cacing parasit dan amuba.

2. Biji Pepaya Untuk Membantu Pencernaan


Selain berfungsi membunuh parasit dan amuba, efek yang ditimbulkan dari enzim papain dalam biji papaya juga mampu membersihkan saluran pencernaan anda. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami susah buang air besar. Tidak ada salahnya juga apabila Anda mengkonsumsi secara teratur untuk melakukan pencegahan.

3. Biji Pepaya Ampuh Mengobati Sirosis Hati


Sirosis hati merupakan keadaan di mana hati menjadi menyusut dan mengeras. Sirosis hati merupakan salah satu penyakit kroniis, memiliki proses yang lama dalam penyembuhan. Salah satu cara alamiah untuk mengobati sirosis hati ini yaitu dengan teratur mengkonsumsi biji pepaya. Berbagai zat yang terkandung dalam biji papaya ini dipercaya dapat mengobati penyakit sirosis hati. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan menggiling lima butir biji papaya kering sampai halus, kemudian campurkan dengan satu sendok makan air perasan jeruk nipis. Minum secara teratur untuk menyembuhkan penyakit sirosis hati tersebut.

4. Biji Pepaya Dapat Mengatasi Uban

Bagi Anda yang ingin terlihat muda di usia senja keberadaan uban tentu sangat menggangu penampilan anda. Ternyata bubuk biji papaya yang telah ditumbuk halus dapat menjadi solusi untuk menghilangkan uban di kepala anda. Caranya gunakan bubuk biji papaya yang telah dihaluskan tersebut sebagai sampo pada saat keramas. Gunakan secara teratur agar uban di kepala Andahilang dan tidak menjadi jadi.

Fakta Unik

Telah teruji bahwa biji pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan, fakta unik lainnya adalah bahwa biji pepaya ternyata memiliki manfaat yang mampu menghilangkan racun yang ada dalam usus tubuh,melindungi kemungkinan timbulnya gagal ginjal dan membersihkan parasit yang menumpuk dalam pencernaan kita. Selain itu ternyata biji pepaya juga dapat dijadikan sebagi pengganti merica atau bumbu lada hitam sebagai pelengkap masakan dan makanan.

Terlepas dari beberapa manfaat biji papaya bagi kesehatan yang telah dijelaskan di atas, mengkonsumsi biji ini secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi biji papaya ini antara lain sebaiknya tidak dikonsumsi wanita hamil dan di indikasikan dapat mengurangi kesuburan pada pria. Karena rasa biji papaya yang tergolong pait ketika mengkonsumsinya campurlah dengan madu sehingga dapat menetralisir rasa pahit tersebut. wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak