7 Manfaat Sayur Kacang Panjang Untuk Kesehatan Tubuh | Serba Serbi komplit

7 Manfaat Sayur Kacang Panjang Untuk Kesehatan Tubuh

Wikimanfaat - Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang akrab di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, kacang panjang juga mudah ditemukan diberbagai tempat mulai sari tukang sayur keliling hingga supermarket. Belum lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh, kacang panjang bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat. Oleh masyarakat Indonesia, kacang panjang mampu di olah menjadi berbagai kuliner. Kacang panjang merupakan tanaman yang tumbuh di area subur di ketinggian 1000m diatas permukaan laut. Jenis sayuran yang relative mudah ditemukan ini memiliki kandungan gizi yang melimpah. Kombinasi kandungan dalam kacang panjang membuatnya baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Sayuran jenis ini mampu mencegah dari berbagai penyakit serta merangsang metabolisme enzim dalam tubuh. Selain itu, kandungan protein nabati dalam kacang terbukti baik untuk sistem pencernaan dibanding protein hewani. Cocok pula sebagai sumber protein bagi Anda seorang vegetarian ataupun yang sedang program diet sehat.

  Khasiat Sayur Kacang Panjang   

Manfaat Kacang Panjang
Ilustrasi Sayur Kacang Panjang
#Kandungan dan Nutrisi Sayur Kacang Panjang
  • Mengandung vitamin B1
  • Mengandung vitamin B2
  • Mengandung zat besi
  • Mengandung riboflavin
  • Mengandung serat dan pectin
  • Mengandung Vitamin B 100 gram folat 146 mili gram (37% kebutuhan)
  • Mengandung 0,3 mg thiamin (15% kebutuhan)
  • Mengandung 0,2 mg vitamin B6 (6% kebutuhan)
  • Mengandung 0,2 mg riboflavin (5% kebutuhan)
  • Mengandung 0,5 mg asam pantotenat (5% kebutuhan)
  • Mengandung 0,5 mg niacin (5% kebutuhan)
  • Mengandung Protein 8,3 gram tiap 100 gram 
  • Mengandung 45 mg kalsium (5% kebutuhan)
  • mengandung 2,7 mg zat besi (16% kebutuhan)
  • mengandung 4 gram atau memenuhi 16% kebutuhan

Manfaat bagi kesehatan tubuh juga banyak diberikan kacang panjang, berikut beberapa diantaranya:

1. Membantu Kesehatan Jantung

Kacang panjang juga akan membantu menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskuler karena memiliki vitamin K yang tinggi. Vitamin K akan membantu mencegah pengerasan pada pembuluh darah yang menjadi faktor utama penyebab gagal jantung. Selain itu, vitamin K2 pada kacang panjang akan bermanfaat untuk menurunkan resiko pengapuran pada arteri koroner sehingga penuakit kardiovaskuler mampu di cegah.

2. Mampu Mencegah Diabetes 

karena kacang panjang bisa mengontrol kadar gula yang berlebih dalam tubuh Anda. Ditambah lagi kalori yang terdapat dalam kacang panjang juga rendah sehingga baik untuk dikonsumsi.

3. Mampu Mencegah Penyakit Osteoporosis

 Kacang panjang mampu mencegah penyakit osteoporosis karena memiliki vitamin K yang tinggi. Vitamin K dalam kacang panjang terbukti mampu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh hingga 20% tiap harinya.

4. Mampu Memerangi Radikal Bebas 

Karena memiliki kandungan antioksidan, Sama seperti keluarga kacang lainnya, kacang panjang juga mengandung vitamin C dan beta karoten yang baik bagi tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

 Kesehatan tulang juga dapat dijaga dengan mengkonsumsi kacang panjang. Dengan vitamin K dan mangan akan menjaga tulang Anda tetap kuat hingga berusia lanjut.

6. Menjaga Metabolism Sistem Pencernaan

kacang panjang mampu menjaga metabolism sistem pencernaan Anda. Penjagaan terhadap sistem pencernaan ini dilakukan dengan kandungan serat dalam kacang panjang. Sekresi yang dilakukan oleh sistem pencernaan akan berjalan lancar sehingga mampu menjaga tubuh.

7. Mencegah Penyakit Kanker

Menghindarkan Anda dari sembelit hingga kanker usus besar. Hal ini dapat terjadi karena metabolism dalam tubuh dilakukan secara baik sehingga kesehatan dalam pencernaan berjalan baik dan menghindarkan dari berbagai penyakit.

Fakta Unik


Sebuah study health food nutrition, pada beberapa negara, Sayuran tersebut digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati masalah saluran kemih, radang sendi dan penyakit rematik. Dengan kekayaan nutrisi yang dimilikinya, kacang panjang juga dipercaya mampu mengurangi risiko stroke,kanker payudara dan leukimia, darah tinggi, serangan jantung dan dapat mencegah sembelit dan dapat meningkatkan kesehatan pada seluruh organ yang ada dalam tubuh. Selain itu, kacang panjang juga dapat menjaga kehalusan kulit dari dalam dan dapat mencegah gejala diare

Itulah khasiat yang terdapat pada kacang panjang, semoga bermanfaat dan dapat dikonsumsi demi menjaga kesehatan dan tubuh selalu fit setiap saat bersama sahabat wikimanfaat.com

Tolong kerja samanya dengan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan bijak